iklan

Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Sanggup Anda Baca Di Sini

Ada aneka macam alasan mengapa orang – orang menyukai untuk memelihara kura kura air tawar. Salah satunya yakni bahwa kura kura merupakan binatang yang sangat unik lantaran sikap tubuhnya yang bisa disembunyikan di dalam cangkangnya. Selain itu binatang ini memiliki bentuk menyerupai binatang purba yang hidup di jaman dahulu.


 orang menyukai untuk memelihara kura kura air tawar Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini
Kandang kura kura-google

Penampilan yang unik menyerupai inilah yang disinyalir sebagi pendorong maraknya para penghobi kura kura di Indonesia. Beberapa jenis kura kura air tawar yang sering menghiasi aquarium atau sering dijadikan binatang peliharaan yakni kura kura kepala babi, kura kura aligator, kura kura mata mata dan kura kura galapagos.


Jika Anda berminat ingin memelihara atau mungkin membudidayakan kura kura air tawar, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:


Membuat Perlengkapan Dan Kandang Kura Kura


Kandang yang baik bagi kura kura air tawar peliharaan Anda yakni berbentuk sangkar. Dengan bentuknya yang bisa Anda buat sedemikian rupa untuk memastikan keamanannya dan harus Anda lengkapi dengan kolam. Pastikan juga bahwa materi untuk menciptakan sangkar bersifat kondusif bagi kura kura dan tidak mengandung racun. Haluskan permukaan sangkar yang Anda gunakan semoga kura kura air tawar tidak simpel terluka.


Ukuran sangkar kura kura sanggup Anda sesuaikan dengan jumlah, jenis atau bentuk postur kura kura yang ingin Anda pelihara. Bagilah sangkar menjadi dua, yaitu sepertiga cuilan daratan dan duapertiga untuk cuilan perairan. Untuk cuilan daratan Anda bisa mengisinya dengan bebatuan, pasir dan tanaman. Sedangkan untuk cuilan kolam Anda sanggup mengisinya dengan air higienis dan suplemen ornamen kayu untuk mainan kura kura.  


Untuk anakan kura kura yang masih berumur kurang dari seminggu alangkah lebih baiknya kalau Anda rawat terlebih dahulu di dalam aquarium sampai kondisinya stabil. Air yang Anda gunakan untuk kolam ataupun aquarium wajib diperhatikan kebersihannya. Volume air yang Anda pakai minimal setinggi ukuran panjan dari kura kura. Sebelum air Anda gunakan, sebaiknya air perlu didiamkan selama kurang lebih 24 jam semoga kotoran – kotoran yang terkandung di dalamnya sanggup mengendap.


Sinar UV yang ada di dalam kandungan sinar matahari sangat diperlukan oleh kura kura air tawar untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh alasannya yakni itu, apabila sangkar terletak di dalam ruangan maka usahakanlah melengkapi sangkar kura kura air tawar dengan lampu UV artifisial. Dalam satu hari lampu perlu Anda nyalakan selama kurang lebih 10 – 12 jam pada ketika cuaca cerah dan kurang lebih 12 – 14 jams elama cuaca sedang mendung.


Pakan Yang Baik


Keunikan dari kura kura air tawar terlihat dari dukungan pakannya. Saat berumur muda kura kura sangat suka dengan daging dan aneka masakan tumbuhan. Namun ketika kura kura memasuki usia 2 tahun maka pakan yang digemari yakni daging, ikan dan cacing. Sebagai pakan tambahannya Anda bisa memakai pelet. Pelet dikenal memiliki kandungan kalsium, vitamin D dan fosfor yang dikenal baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kura kura.


Porsi masakan yang diberikan perlu Anda variasikan dan diubahsuaikan dengan postur dan usia dari kura kura air tawar. Kura kura yang berumur kurang dari dua tahun cukup Anda berikan pakan sekali sehari saja. Sedangkan untuk kura kura berumur dua tahun lebih sanggup Anda berikan pakan dengan frekuensi 2 – 3 kali per minggunya.


Anda sanggup menunjukkan pakan untuk kura kura berupa pakan untuk kucing dan anjing. Pasalnya pakan – pakan tersebut sudah diracik oleh pabrik sehingga kandungan gizinya sudah lengkap dan seimbang. Keunggulan dari pakan pabrikan ini yakni tidak berbau, awet, lebih higienis dan nantinya akan besar lengan berkuasa terhadap busuk urin yang dihasilkan oleh kura kura air tawar.


Tahap Perawatan Dan Pemeliharaan Kura Kura


Air yang baik untuk dipakai sebagai habitait kura kura yaitu memiliki tingkat keasaman sekitar 6 – 6,5. Air untuk pemeliharaan perlu Anda ganti sebulan sekali dan lingkungan di sekitar kolam wajib Anda bersihkan setiap tiga bulan sekali. Agar air terbebas dari mikroorganisme yang berbahaya, sangat disarankan untuk menambahkan garam non yodium dan cuka dengan dosis yang cukup.


 orang menyukai untuk memelihara kura kura air tawar Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini
Pemberian pakan kura kura-lukmanreptile

Usahakan kondisi di lingkungan sangkar dibentuk semirip mungkin sesuai dengan habitat alami kura kura air tawar. Suhu yang cocok untuk mendukung kehidupan kura kura yakni berkisar antara 22 – 27 derajat celcius. Jika suhu lebih rendah dari suhu diatas maka kura kura yang Anda pelihara akan kehilangan nafsu makannya serta akan malas untuk bergerak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menambahkan lampu listrik atau suplemen alat pemanas untuk menaikkan suhu di sekitar kandang. Tips membangun bisnis perjuangan ikan hias sanggup Anda baca di sini. Klik di sini





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Sanggup Anda Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel