iklan

Tips Cara Okulasi Mangga Untuk Bisnis Budidaya Mangga

Cara okulasi mangga – Bisnis pembibitan mangga dengan sistem okulasi sangatlah menguntungkan. Buah yang mempunyai cita rasa cantik dan tekstur serat kaya akan nutrisi ini sudah usang menjadi buah yang banyak digemari. Tingginya seruan masyarakat akan buah mangga tentunya menjadi sebuah peluang tersendiri tidak terkecuali juga perjuangan pembibitan mangga. Pembibitan mangga selain untuk memenuhi kebutuhan perkebunan, bibit mangga juga banyak diburu untuk dijadikan tabulampot atau ditanam pada pekarangan – pekarangan rumah. Tips cara menanam mangga dalam pot sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini


Persiapan Dalam Kegiatan Cara Okulasi Mangga


Lokasi ideal untuk melaksanakan cara okulasi mangga ialah dengan ketinggian 0 – 500 mdpl, suhu berkisar 24 – 30 derajat celcius, curah hujan 700 – 2.000 mm/tahun dan pH tanah berkisar 5,5 – 8. Pastikan juga lokasi pembibitan mempunyai sumber air yang cukup. Sumber air sanggup berasal dari sungai ataupun sumur.  Untuk sarana pembibitan buatlah bedengan semai untuk batang bawah, bedeng untuk bibit hasil okulasi dan lokasi pengolahan media tanam. Gunakan paranet dengan persentase  60% untuk menaungi bibit tumbuhan mangga.


 Bisnis pembibitan mangga dengan sistem okulasi sangatlah menguntungkan Tips Cara Okulasi Mangga Untuk Bisnis Budidaya Mangga
Okulasi mangga

Cara okulasi mangga juga membutuhkan alat menyerupai cangkul, sprayer, gembor serta polybag ukuran 18 cm x 12 cm yang telah terisi tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1. Siapkan juga alat untuk sambung pucuk menyerupai pisau cutter atau silet, plastik transparan sebagai pengikat dan batang pisang. Siapkan juga fungisida dan insektisida.


Cara okulasi mangga selanjutnya ialah mempersiapkan biji mangga untuk tumbuhan batang bawah. Kriteria biji harus berasal dari tumbuhan yang sehat, mempunyai batang yang kokoh dan perakaran yang baik. Biji yang dipakai hendaknya berasal dari buah yang matang. Sedangkan untuk entres, pilihlah cabang setengah berkayu dan tidak terlalu renta serta tidak terlalu muda. Cirinya ialah mempunyai warna kulit cokelat muda kehijauan. Usahakan cabang entres tidak mempunyai daun.


Tips Menyiapkan Batang Bawah Dan Entres


Cara okulasi selanjutnya ialah menyiapkan batang bawah dan entres. Tips mempersiapkan batang bawah ialah sebagai berikut:



  • Pilihlah biji dari buah yang telah matang dan berukuran sedang. Bersihkan biji dari daging buah dan dari kulit biji yang masih melekat. Kering anginkan pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

  • Cara okulasi mangga selanjutnya ialah buatlah bedeng semai dengan ukuran lebar 80 cm, tinggi 15 cm dan panjangnya menyesuaikan dengan lahan Anda. Tanam biji yang telah dibersihkan ke dalam tanah dengan posisi hilum menghadap ke bawah. Beri jarak 15 -20 cm untuk biji berikutnya. Tambahkan sedikit fungisida dan insektisida sesuai dengan takaran usulan pada kemasan.

  • Berikan naungan pada bedengan dengan menggunakan paranet untuk menaungi bibit selama 4 bulan hingga batang bawah tingginya mencapai 30 – 50 cm. Lakukan penyiraman batang bawah secara teratur. 2 – 3 hari sekali.

  • Setelah bibit berumur 4 bulan Anda sanggup melaksanakan seleksi pada bibit, sehingga nantinya akan didapatkan bibit yang kokoh. Pilihlan bibit yang mempunyai pertumbuhan yang baik. Bibit yang baik mempunyai ciri yaitu pertumbuhannya baik, jumlah daunnya banyak dan daun berwarna hijau, batang tegak lurus dan keadaan akar normal. Pindahkan bibit yang sehat ke dalam polybag yang telah terisi media tanam.

  • Setelah akibat memindahkan bibit maka letakkan bibit di bawah naungan paranet. Siram bibit dengan teratur dan lakukan pengendalian hama dan penyakit kalau dirasa perlu.

  • Setelah bibit berumur 8 bulan semenjak persemaian dan jumlah ruas dua buah maka bibit siap untuk Anda jadikan batang bawah dalam teknik cara okulasi mangga.


Tips mempersiapkan entres ialah sebagai berikut:



  • Cara okulasi mangga selanjutnya ialah menentukan mata entres dengan ukuran besar, terlihat segar dan sehat. Tetapi dalam keadaan belum mekar. Pastikan entres berasal dari percabangan dengan jaringan kambium yang masih aktif. Cirinya ialah kulit gampang dikupas dan pada pecahan kambium berwarna putih, terlihat lembab dan berair.

  • Gunakanlah entres dari pohon induk dari varietas terbaik dan bersertifikat. Untuk itu Anda sanggup membelinya di Balai Benih atau pembibit yang telah terpercaya. Simpanlah entres di dalam batang pisang atau di dalam kardus yang telah Anda lapisi koran basah. Penyimpanan maksimal 4 jam saja.


Tahapan Cara Okulasi Mangga



  • Hendaknya acara okulasi Anda lakukan pada pukul 07.00 – 11.00, alasannya ialah pada dikala itu kambium tumbuhan dalam kondisi aktif dan optimum. Jika Anda melaksanakan okulasi lebih dari jam tersebut maka akan menjadikan daun menjadi layu dan mata tunas menjadi cepat kering. Gunakan alat potong yang steril dan tajam dan buang daun yang ada di bawah tempat Anda melaksanakan penyayatan.

  • Cara okulasi mangga selanjutnya ialah menciptakan sayatan dengan bentuk abjad U terbalik dengan panjang 2 cm dan lebar 1 cm pada bagaian batang bawah. Pastikan sayatan yang Anda buat berada pada 20 – 30 cm dari permukaan tanah. Tujuannya untuk menyiapkan tempat lain kalau okulasi pertama tidak berhasil. Potong sayatan tersebut dan sisakan sepertiga sayatan di batang sebagai tempat untuk menempelkan mata tunas.

  • Setelah itu cara okulas mangga selanjutnya ialah kupaslah contoh mata entres dari atas ke bawah dengan ukuran sayatan yang lebih kecil dai sayatan pada batang bawah. Lebih baiknya kalau mata entres disayat dengan satu gerakan searah tidak putus dan dibentuk agak dalam hingga nantinya menembus kayu. Bersihkan lapisan kayu yang masih menempel di mata entres.

  • Kemudian tempelkan entres dengan menyisipkannya di sepertiga pecahan batang bawah yang telah disayat. Posisi entres diarahkan ke atas dan tidak tertutup oleh sepertiga sayatan batang bawah. Ikat bidang tempel dengan menggunakan plastik transparan yang telah Anda siapkan. Pengikatan dilakukan dari bawah ke atas dan usahakan mata entres tidak tertutup. Pengikatan jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar. Cara okulasi mangga selanjutnya ialah meletakkan bibit okulasi pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.


Memelihara Bibit Okulasi Mangga



  • Lakukan penyiraman secara teratur dan potong pucuk atau titik tumbuh batang bawah untuk mendorong pertumbuhan entres pada bibit mangga. Amatilah pertumbuhan entres. Biasanya pada ahad kedua hingga ahad ketiga mata entres akan mulai tumbuh dan buka perlahan ikatan paling atas dengan menggunakan pisau atau silet. Jika mata entres berwarna hijau, segar dan tidak kering atau patah maka cara okulasi mangga Anda berhasil. Tetapi kalau mata entres berwarna cokelat kehitaman maka cara okulasi mangga Anda tidak berhasil.

  • Lakukan pemupukan seminggu sekali dengan menggunakan pupuk daun dengan kadar konsentrasi 2 cc/liter air. Anda juga sanggup melaksanakan pemupukan dengan menggunakan NPK dengan takaran 1 – 2 g/tanaman. Lakukan pemupukan dengan NPK sebulan sekali.

  • Lakukan juga pengendalian gulma, hama dan penyakit pada tumbuhan okulasi mangga Anda.


Kendala Dan Solusi Bisnis Okulasi Mangga


Kendala yang sering dijumpai dalam cara okulasi mangga ialah kegagalan dalam okulasi, sulit untuk mendapat benih yang berkualitas dan tingginya serangan cendawan. Untuk mengatasi hal tersebut maka gunakanlah alat potong yang telah steril, tajam serta bebas karat. Selain itu perhatikan waktu Anda dalam melaksanakan cara okulasi mangga. Sehingga tunas entres tidak gampang layu. Agar Anda gampang mendapat bibit yang berkualitas untuk budidaya mangga, maka Anda sanggup mencari pembibit terpercaya di kawasan Anda atau menanyakan eksklusif ke tubuh balai benih di tempat Anda bermukim.


 Bisnis pembibitan mangga dengan sistem okulasi sangatlah menguntungkan Tips Cara Okulasi Mangga Untuk Bisnis Budidaya Mangga
Cara okulasi mangga – Bisa juga untuk tumbuhan lainnya

Sedangkan untuk mengurangi serangan cendawan pada bibit mangga, maka Anda harus mengatur jarak tanam semoga tidak terlalu rapat dan segera pisahkan kalau ada bibit okulasi yang terserang. Jika Anda merasa serangan hama dan penyakit cukup parah, lakukan penyemprotan dengan pestisida. Sesuaikan dengan takaran yang dianjurkan. Ingin tumbuhan mangga cepat berbuah dan berbuah lebat? lakukan tips berikut ini. Klik di sini


Demikian cara okulasi mangga yang kami jabarkan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


sumber gambar: smartpustaka, indotrading, daunhijau





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Cara Okulasi Mangga Untuk Bisnis Budidaya Mangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel