Scanner Motor Universal (Scanner Modern Pakai Laptop)
Motor-motor injeksi kini sudah merajalela dimasa kini, pabrikan motor ternama kini memajukan teknology sistem injeksi. Contoh Seperti Yamaha sudah beredar banyak motor yang sudah sistem injeksi : Vixion, New Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1. Motor Honda Injeksi : Supra X 125 PGM-Fi, Beat PGM-Fi, Vario PGM-Fi, VERZA PGM-Fi, REVO PGM-Fi, Dll.
Tidak semua bengkel sanggup memperbaiki kerusakan motor-motor injeksi, mekanik harus menganalisis secara detail kerusakan sistem gres melaksanakan perbaikan, lantaran semua sistem sudah terangkai menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, lampu "Check Engine" menyala bersamaan dengan lampu indikator "Temperatur", mekanik harus lebih teliti dalam menilik problem itu kenapa kedua lampu indikator menyala? Salah satu skenario kerusakan yang pernah aku alami sebagai berikut : awal mula air radiator mendidih tumpah waktu aku mengendarai motor vixion, dikarenakan temperatur naik dan menjadikan signal sensor temperatur tidak bekerja yang berakibat menyalurkan signal yang tidak sesuai spesifikasi ke ECU, kemudian ECU mengirimkan sinyal kerusakan ke lampu indikator "Check Engine". Yang menjadikan temperatur naik ternyata kipas radiator tidak berputar dan sistem pendinginan tidak berkerja secara normal, waktu aku check motor Fan ternyata tidak ada problem dengan motor fan radiatornya, aku check relay fan dibawah jok ternyata masih berfungsi dengan baik, kemudian aku bawa motor ke BERES, saat dicheck diBERES yamaha didaerah SOLO dan dipinjemin sama ECU punyanya motor vixion lain yang servis didealer ternyala kipas radiator mau menyala, indikator temperatur sama check engine pun mati. Kaprikornus inti permasalahan dari kasus diatas ialah ECU. Dan bila ECU error tidak sanggup terdetect oleh Scanner, yang terdetect malah sensor ECT lantaran temperatur terlalu tunggi yang disebabkan ECU tidak mengirimkan sinyal ke kipas radiator, sehingga kipas radiator tidak berputar
Kasus kedua, saat aku tune up motor, sesudah selesai tune up motor dan saat motor aku hidupkan mesinnya, lampu indikator "Check Engine" hidup, dan mesin pun tidak hidup. Jika dipikir2 kan konyol habis ditune up kok mesin gak sanggup hidup, kemudian aku scan, ternyata muncul dilayar scan Coil, aku check ternyata kabel ke coil terlepas, sehingga api tidak muncul, sesudah aku pasang kabel coil dan aku reset. motor hidup normal kembali
Dari kasus diatas, kita sanggup mengambil kesimpulan jadi tiap ada kerusakan disistem injeksi kita harus lebih teliti dalam mendiagnosa kerusakan mesin, untuk memahami sistem diharapkan waktu untuk mencar ilmu dan mengenal sistem injeksi, dan mendiagnosa memakai alat scan, untuk meringankan kita mencari kerusakan pada sistem.
Berikut aku akan mengenalkan scanner Motor Universal lebih mendetail kepada para pembaca :
Scanner universal ialah scan yang sanggup mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi motor menyerupai : YAMAHA, SUZUKI, PGO, HTF, Kymco, HONDA (Sekedar kedipan lampu), Sym dengan visualisasi monitor alias LAPTOP
Alat tersebut berfungsi sebagai berikut :
1. Mendeteksi kerusakan sistem injeksi mesin
2. Menghapus kerusakan sistem injeksi mesin
3. Stel CO
4. Melihat data parameter setiap sensor
5. Idle Speed Setting
6. Test Actuator
Masih ingin tau bagai mana penampakannya : monggo dilihat-lihat dulu boss semoga gak ingin tau lagi,,,,
Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com
Tidak semua bengkel sanggup memperbaiki kerusakan motor-motor injeksi, mekanik harus menganalisis secara detail kerusakan sistem gres melaksanakan perbaikan, lantaran semua sistem sudah terangkai menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, lampu "Check Engine" menyala bersamaan dengan lampu indikator "Temperatur", mekanik harus lebih teliti dalam menilik problem itu kenapa kedua lampu indikator menyala? Salah satu skenario kerusakan yang pernah aku alami sebagai berikut : awal mula air radiator mendidih tumpah waktu aku mengendarai motor vixion, dikarenakan temperatur naik dan menjadikan signal sensor temperatur tidak bekerja yang berakibat menyalurkan signal yang tidak sesuai spesifikasi ke ECU, kemudian ECU mengirimkan sinyal kerusakan ke lampu indikator "Check Engine". Yang menjadikan temperatur naik ternyata kipas radiator tidak berputar dan sistem pendinginan tidak berkerja secara normal, waktu aku check motor Fan ternyata tidak ada problem dengan motor fan radiatornya, aku check relay fan dibawah jok ternyata masih berfungsi dengan baik, kemudian aku bawa motor ke BERES, saat dicheck diBERES yamaha didaerah SOLO dan dipinjemin sama ECU punyanya motor vixion lain yang servis didealer ternyala kipas radiator mau menyala, indikator temperatur sama check engine pun mati. Kaprikornus inti permasalahan dari kasus diatas ialah ECU. Dan bila ECU error tidak sanggup terdetect oleh Scanner, yang terdetect malah sensor ECT lantaran temperatur terlalu tunggi yang disebabkan ECU tidak mengirimkan sinyal ke kipas radiator, sehingga kipas radiator tidak berputar
Kasus kedua, saat aku tune up motor, sesudah selesai tune up motor dan saat motor aku hidupkan mesinnya, lampu indikator "Check Engine" hidup, dan mesin pun tidak hidup. Jika dipikir2 kan konyol habis ditune up kok mesin gak sanggup hidup, kemudian aku scan, ternyata muncul dilayar scan Coil, aku check ternyata kabel ke coil terlepas, sehingga api tidak muncul, sesudah aku pasang kabel coil dan aku reset. motor hidup normal kembali
Dari kasus diatas, kita sanggup mengambil kesimpulan jadi tiap ada kerusakan disistem injeksi kita harus lebih teliti dalam mendiagnosa kerusakan mesin, untuk memahami sistem diharapkan waktu untuk mencar ilmu dan mengenal sistem injeksi, dan mendiagnosa memakai alat scan, untuk meringankan kita mencari kerusakan pada sistem.
Berikut aku akan mengenalkan scanner Motor Universal lebih mendetail kepada para pembaca :
Scanner universal ialah scan yang sanggup mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi motor menyerupai : YAMAHA, SUZUKI, PGO, HTF, Kymco, HONDA (Sekedar kedipan lampu), Sym dengan visualisasi monitor alias LAPTOP
Alat tersebut berfungsi sebagai berikut :
1. Mendeteksi kerusakan sistem injeksi mesin
2. Menghapus kerusakan sistem injeksi mesin
3. Stel CO
4. Melihat data parameter setiap sensor
5. Idle Speed Setting
6. Test Actuator
Masih ingin tau bagai mana penampakannya : monggo dilihat-lihat dulu boss semoga gak ingin tau lagi,,,,
Komponen scanner universal motor
Test Actuator
Data Stream
Stel CO
Stel CO
Reset ECU
Scan Selesai
Berikut video cara penggunaan scanner motor universal :
TIDAK SUPPORT UNTUK MOTOR HONDA, TIDAK SUPPORT MOTOR YAMAHA BLUECORE, MOTOR SUZUKI MASIH MENGGUNAKAN SISTEM SCAN MANUAL ALIAS MASIH DIJUMPER
Harga Scanner Motor Universal : 1.300.000 (Sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh indonesia)
Mau tanya-tanya dulu boleh
SMS/WA : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM : 5FC72426
Fanpage : Dokter Otomotif
Semoga bermanfaat gan....!!!! Pelayanan terbaik 24 jam...!!! Kepercayaan lebih berharga daripada laba semata... :)
0 Response to "Scanner Motor Universal (Scanner Modern Pakai Laptop)"
Posting Komentar