iklan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Tanaman kacang merah ialah salah satu tumbuhan yang sangat populer di Indonesia. Kacang merah termasuk jenis tumbuhan yang gampang untuk Anda budidayakan. Selain itu kandungan gizi dan karbohidrat pada kacang merah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh alasannya alasan itulah banyak masyarakat di Indonesia yang menentukan untuk mengkonsumsi kacang merah.


Tips budidaya kacang panjang sanggup Anda baca pada artikel berikut ini, klik di sini


Tanaman kacang merah ialah salah satu tumbuhan yang sangat populer di Indonesia Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah
Pohon kacang merah-bukalapak

Menanam tumbuhan kacang merah ialah sebuah prospek yang sangat cerah, alasannya usul akan tumbuhan ini terbilang sangatlah tinggi. Sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis menanam kacang merah. Ada banyak cara budidaya kacang merah yang sanggup Anda lakukan. Adapun langkah – langkah dalam melaksanakan budidaya kacang merah ialah sebagai berikut:


Faktor Lingkungan


Iklim yang paling baik untuk melaksanakan bercocok tanam tumbuhan kacang merah ialah iklim berair hingga iklim kering. Makara sanggup disimpulkan bahwa tempat di dataran tinggi Indonesia sangat cocok untuk menanam kacang merah. Daerah yang paling ideal untuk tumbuh maksimalnya tumbuhan kacang merah ialah tempat yang mempunyai curah hujan cukup tinggi, yaitu sekitar 1.500 mm hingga dengan 2.500 mm pertahunnya.


Tanaman kacang merah sanggup tumbuh dengan baik kalau Anda memakai cara budidaya yang tepat. Bila Anda menanam kacang merah dengan kondisi suhu 20 – 25 derajat celcius maka tumbuhan akan tumbuh dengan maksimal dan bila Anda menanamnya pada suhu di bawah 20 derajat celcius maka proses fotosintesis kacang merah tidak akan maksimal. Sedangkan kalau Anda menanam pada suhu di atas 25 derajat celcius maka akan banyak terdapat biji kacang yang hampa atau tidak menghasilkan apa – apa. Hal ini dikarenakan tumbuhan banyak menghasilkan tenaga hanya untuk melaksanakan respirasi.


Media Tanam


Tanah yang paling sempurna untuk menanam tumbuhan kacang merah ialah jenis tanah androsol dan tanah regosol. Tanah androsol mempunyai ciri warna hitam, kandungan organik yang tinggi, sifatnya lempung dan gembur serta permeabilitasnya sedang. Sedangkan ciri tanah regosol ialah warnanya kelabu dan mempunyai tekstur menyerupai pasir. Tanah yang Anda gunakan juga hendaknya mempunyai tingkah pH yang sesuai yaitu antara 5,5 hingga 6.


Pemupukan Dan Penyiraman


Untuk pemupukan  pada tumbuhan kacang merah, sanggup Anda lakukan sekali pada ketika menanamdi awal dan dua ahad sekali ketika bibit kacang merah mulai tumbuh menjadi tunas muda. Pupuk yang sanggup Anda gunakan ialah jenis pupuk sangkar atau pupuk kompos. Dengan melaksanakan pemupukan yang teratur dibutuhkan hasil yang didapatkan dari budidaya tumbuhan kacang merah sanggup maksimal dan kondusif untuk dikonsumsi.


Untuk penyiraman sendiri, sanggup Anda lakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari. Hindari melaksanakan penyiraman yang menciptakan tanah di sekitar media penanaman kacang merah. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembusukan pada sekitar akar dan tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik.


Penanggulangan Hama Tanaman


Tanaman kacang merah juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Hama yang kerap menyerang tumbuhan ini ialah jenis hama kumbang daun. Untuk membasmi hama ini Anda sanggup memakai sistem mekanis atau membunuh hama dengan tangan Anda atau juga dengan dukungan memakai dukungan pestisida organik. Untuk pestisida organik, Anda sanggup memakai bawang putih, jahe, cabai rawit, sambiloto dan jeruk.


Selain hama kumbang daun, hama lainnya yang kerap menyerang tumbuhan kacang merah ialah hama ulat penggerek. Untuk mengatasi jenis hama ini, Anda sanggup memakai cara yang sama dalam membasmi hama kumbang daun.


Panen Kacang Merah


Panen pada tumbuhan kacang merah, sanggup dilakukan pada ketika umur tumbuhan 60 hst. Ciri tumbuhan kacang merah siap panen ialah biji pohon kacang merah belum terlihat menonjol , warna polongnya lebih suram, permukaan kulit kasar, dan akan ada bunyi meletup ketika anda mematahkan polong. Bila ciri tersebut telah terlihat pada tumbuhan kacang merah maka tumbuhan sudah siap untuk Anda panen.


Untuk cara memanennya hindari memakai alat potong menyerupai pisau atau cutter, alasannya apabila biji polong terluka alasannya alat potong tersebut maka basil akan masuk dan merusak kacang merah yang ada di dalamnya. Lakukan panen dengan memakai tangan secara hati – hati dan perlahan pada pangkal biji polong tumbuhan kacang merah. Proses panen sanggup Anda lakukan setiap 2 – 3 hari dan Anda sanggup menghentikan pemanenan ketika tumbuhan kacang merah beumur 80 hari.


Kacang merah ini sangat menguntungkan kalau Anda budidayakan. Karena usul tumbuhan sayur ini selalu stabil dan tidak pernah ada penurunan permintaan. Selain itu tumbuhan ini sangat gampang untuk Anda budidayakan.


Tanaman kacang merah ialah salah satu tumbuhan yang sangat populer di Indonesia Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah
Biji kacang merah-bakhabarkissan

Demikian tips dalam budidaya kacang merah yang kami berikan. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda. Terima kasih. Tips cara menanam kacang hijau sanggup Anda baca pada artikel berikut ini, klik di sini


sumber gambar: morgenbardati





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel