iklan

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri Ciri Dan Strukturnya

Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan wacana proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah kejadian timbul lantaran ada kejadian lain sebelumnya dan kejadian tersebut menimbulkan kejadian yang lain sesudahnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Tsunami yaitu istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang bahari jawaban gempa. Tsunami yaitu gelombang bahari besar yang tiba dengan cepat dan tiba-tiba menerjang tempat pantai. Gelombang tersebut terbentuk jawaban dari aktivias gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menimbulkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan tsunami terjadi ketika dasar bahari pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut menimbulkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa ketika setelah terjadi gempa, air bahari akan surut. Setelah surut, air bahari kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menimbulkan tingginya pergerakan air bahari atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi ketika menghantam pantai.

Tsunami memang telah menjadi salah satu peristiwa yang menimbulkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi ketika tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh lantaran itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi peristiwa ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir lantaran tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.

Dari pola teks eksplanasi di atas, kita sanggup melihat bahwa struktur teks ekplanasi adalah:

1. Pernyataan Umum

Berisi wacana klarifikasi umum wacana fenomena yang akan dibahas, sanggup berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam pola teks di atas. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa citra secara umum wacana tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses kejadian tsunami tersebut sanggup terjadi.

2. Deretan Penjelas

Berisi wacana klarifikasi proses mengapa tsunami sanggup terjadi atau tercipta dan sanggup terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan jawaban dari tsunami.

3. Interpretasi (Opsional)

Teks epilog yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks epilog yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya sanggup berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Semua informasi yang ada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan karangan. Jadi, isu hoax mengenai suatu fenomena alam dan sosial tidak termasuk ke dalam teks eksplanasi. Sudah paham ‘kan Squad? Yuk, berguru mengenai jenis teks lainnya di ruangbelajar. Kalian sanggup berguru dengan video beranimasi yang seru lho. Ada juga latihan soal dan rangkumannya untuk membuat #BelajarJadiMudah.

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri Ciri Dan Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel