iklan

Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen Dan Manfaat

Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen dan Manfaat
Pengertian Kebugaran Jasmani.
Seperti yang diketahui oleh kebanyakan orang bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kegiatan untuk menyehatkan tubuh manusia.

Olahraga menyerupai sepak bola, bola basket, dan bola voli sangatlah baik untuk kesehatan alasannya yaitu sanggup memperlihatkan kebugaran jasmani.

Namun, sudahkah Anda paham perihal arti dari kebugaran jasmani yang sesungguhnya? Agar Anda tidak gundah perihal apa itu kebugaran jasmani, berikut kami punya informasi menarik seputar kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani.

Apakah itu kebugaran jasmani? Secara umum, kebugaran jasmani mempunyai istilah physical fitness. Istilah tersebut mempunyai arti sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang untuk melaksanakan kegiatan tanpa harus mencicipi kecapekan dan kelelahan.

Kebugaran jasmani ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh insan bisa untuk melaksanakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Jasmani seseorang yang bugar, maka itu artinya insan tersebut mempunyai energi yang sangat cukup untuk melaksanakan kegiatan inti dan pelengkap di kehidupan sehari-hari.

Kaprikornus dari pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kondisi tubuh yang mana sangat menghipnotis kemampuan seseorang dalam menuntaskan kegiatan sehari-harinya dengan baik dan efektif.

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali pengertian dari kebugaran jasmani ini. Arti yang berbeda ini tiba dari beberapa andal handal yang berbeda-beda pula. Berikut ini ialah beberapa pengertian kebugaran jasmani berdasarkan para ahli.
  1. Menurut Profesor Rusli Lutan, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menuntaskan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Unsur tersebut ialah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.
  2. Menurut Muhajir, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam melaksanakan pembiasaan terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa mencicipi rasa capek dan lelah.
  3. Menurut Profesor Djoko Pekik Irianto, kebugaran jasmani merupakan kemampuan dari insan dalam melaksanakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap mempunyai tenaga cadangan untuk melaksanakan kegiatan tambahan.
  4. Menurut Agus Mukholid, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan tubuh insan dalam menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan sekitar ketika melaksanakan kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan tersebut pun tidak akan menjadikan rasa lelah dan capek.
Itulah pengertian dari kebugaran yang sangat jelas. Adapun beberapa pengertian dari para andal yang niscaya akan menciptakan Anda semakin paham akan pengertian kebugaran jasmani. Dengan arti-arti kebugaran jasmani di atas, Anda pun sudah niscaya tahu bahwa kemampuan insan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa lelah disebut kebugaran jasmani. Berikutnya, kita akan mengungkap beberapa komponen yang ada dalam sebuah kebugaran jasmani.

Seperti yang Anda tahu bahwa dalam sebuah kebugaran jasmani, pastilah ada yang disebut dengan komponen. Komponen inilah yang merupakan suatu pecahan terpenting dari sebuah kebugaran jasmani. Lalu, apa saja komponen-komponen penting tersebut? Berikut ialah komponen kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui!

Komponen Kebugaran Jasmani
Ada 10 komponen dalam sebuah kebugaran jasmani yang perlu dipahami, sebagai berikut:

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan sanggup diartikan sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam penggunaan otot ketika melaksanakan aneka macam macam acara yang membawa suatu beban. Jika Anda ingin mendapat massa otot yang kuat, maka lakukanlah olahraga khusus secara rutin. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan ialah melaksanakan olahraga angkat beban berat. Baiklah, berikut ini ada beberapa olahraga fisik untuk pembentukan otot kuat:
  • Sit-up: olahraga ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekuatan dari otot pecahan perut.
  • Push up: olahraga ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekuatan dari otot pecahan lengan.
  • Squat-jump: suatu olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot dari pecahan tungkai dan perut.
Dengan melaksanakan olahraga fisik tersebut, Anda bisa mendapat kekuatan otot yang maksimal kembali.

2. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot dalam kebugaran jasmani sanggup di artikan sebagai kemampuan daya otot insan dalam memanfaatkan tenaga yang ia miliki dalam waktu yang sangat singkat. Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, seseorang niscaya harus mempunyai daya otot yang cukup kuat.

Berikut ini ada beberapa latihan untuk melatih kekuatan dari daya otot insan yang sangat simpel dilakukan:
  • Side-jump: olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan daya ledak otot pecahan tungkai dan paha.
  • Vertical-jumpP: olahraga ini berfungsi untuk memperlihatkan daya otot yang tinggi untuk otot pecahan tungkai.
  • Front-jump: olahraga ini berfungsi untuk melatih kemampuan dari otot betis san tungkai.
3. Daya Tahan. Daya tahan seseorang sanggup diartikan sebagai kemampuan dalam melaksanakan suatu kegiatan yang kuat pada organ-organ tubuh inti. Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari sangat membutuhkan kiprah dari paru-paru, jantung, dan masih banyak lainnya.

Penasaran perihal bagaimana mendapat daya tahan yang kuat walaupun melaksanakan kegiatan sehari-hari? Caranya simpel sekali yaitu dengan melaksanakan olahraga dengan baik. Contoh olahraga yang bisa Anda pilih ialah lari kecil, lari sedang, dan jogging yang dilakukan 30 menit dalam seharinya.

4. Kecepatan (Speed). Kecepatan ini sering diartikan sebagai suatu kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugasnya dengan benar dan baik. Dengan melatih kecepatan lari Anda, maka Anda bisa melaksanakan kegiatan dengan cepat dan efisien.

5. Kelincahan (Agility). Kelincahan merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di sebuah kebugaran jasmani. Komponen inilah yang menjadi suatu kemampuan bagi insan dalam penyesuaian diri.

Ada beberapa teladan dari olahraga berbentuk latihan yang sanggup membantu kelincahan dari seseorang. Olahraga yang dikehendaki antara lain: naik turun anak tangga dan zig-zag.

6. Kelenturan (Flexibility). Kelenturan tubuh dari seseorang sangat diharapkan alasannya yaitu dengan komponen ini Anda padat mengikuti keadaan dengan lingkungan secara baik. Anda beberapa kegiatan untuk melenturkan tubuh manusia, antara lain renang, senam, dan yoga.

7. Keseimbangan (Balance). Keseimbangan merupakan satu-satunya komponen yang berfungsi sebagai kemampuan yang dipakai untuk mengatur organ dan saraf otot manusia. Dengan keseimbangan ini, insan akan dengan simpel mengontrol tubuh mereka dengan baik.

Jenis olahraga yang bisa dipakai untuk menjaga keseimbangan ini ialah loncat indah dan senam. Adapun latihan lain menyerupai melaksanakan perilaku lilin dan berjalan di atas balok.

8. Koordinasi (Coordination). Koordinasi merupakan suatu kemampuan tubuh insan dalam melaksanakan aneka macam macam gerakan dalam suatu kegiatan sesuai kebutuhan. Komponen yang satu ini sangat memerlukan adanya suatu kemampuan gerak insting yang kuat dan fokus tinggi.

9. Keakuratan (Accuracy). Keakuratan merupakan suatu kemampuan tubuh insan dalam mengatur suatu kegiatan sesuai dengan kebutuhan. Keakuratan ini dilakukan untuk melatih kecermatan dan ketepatan dalam melaksanakan suatu aktivitas.

Contohnya ketika melaksanakan olahraga bowling, yang mana latihan ini mengharuskan Anda untuk fokus dan mencari titik ketepatan bagus.

10. Reaksi (Reaction). Komponen reaksi merupakan suatu kemampuan tubuh insan dalam memperlihatkan reaksi terhadap diri sendiri dan orang lain. Reaksi ini berasal dari sebuah rangsangan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Contohnya ialah dalam reaksi melaksanakan lemparan dan tangkapan bola.

Kaprikornus itu beberapa komponen penting dari kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui. Ada 10 komponen penting di atas yang saling bersangkutan dan mendukung satu sama lain. Dengan adanya komponen-komponen di atas, maka seseorang sanggup melaksanakan sebuah latihan kebugaran jasmani melalui aneka macam jenis olahraga.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Selain komponennya, kami pun punya informasi menarik perihal manfaat dari kebugaran jasmani yang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Mungkin Anda pun sering bertanya-tanya, apa bergotong-royong manfaat dari sebuah latihan kebugaran jasmani? Berikut ialah manfaat-manfaat yang bisa Anda sanggup dari kebugaran jasmani!

1. Terhindar dari penyakit jantung. Resiko penyakit jantung sanggup menyerang siapa saja dan kapan saja. Dari muda sampai tua, semuanya sanggup berpotensi terkena resiko penyakit jantung akhir keadaan fisik yang tidak stabil. Dengan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka dijamin Anda niscaya terhindar dari sebuah penyakit jantung. Manfaat utama dari kebugaran jasmani ini sendiri ialah membantu melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Dengan melaksanakan kegiatan kebugaran jasmani, otot-otot yang ada pada tubuh insan akan berkontraksi dengan cepat. Kondisi inilah yang akan melatih kinerja otot jantung yang lebih baik lagi. Janganlah menunggu sampai terkena penyakit, gres mulai untuk berlatih! Mulailah kegiatan kebugaran jasmani semenjak dini supaya terhindar dari penyakit jantung.

2. Terhindar dari penyakit hipertensi. Hipertensi merupakan suatu penyakit di mana seseorang mempunyai tekanan darah yang sangat tinggi. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab terbesar dari terjadinya suatu penyakit mengerikan “stroke”. Jadi, usahakan untuk melaksanakan kegiatan kebugaran jasmani untuk sanggup terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan lemak jahat (kolesterol jahat). Konsumsi makanan yang berminyak menciptakan seseorang mempunyai banyak kandungan lemak jenuh di dalam tubuhnya. Hal ini sanggup mengakibatkan Anda akan terkena penyakit kelebihan kolesterol.

Jika hal ini sanggup terjadi terus menerus, Anda bisa mengalami kelumpuhan. Lakukanlah kebugaran jasmani menyerupai lari pagi atau jogging. Hal ini dilakukan supaya lemak jahat yang ada pada tubuh Anda akan berkurang.

4. Terhindar dari resiko kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit mengerikan penyebab ajal terbesar di beberapa negara. Untuk sanggup terhindar dari penyakit ini, maka lakukanlah kebugaran jasmani sebagai langkah yang jitu.

Setiap insan mempunyai potensi sanggup terkena kanker. Untuk ketika ini 30% insan berpotensi sanggup terkena kanker mengerikan menyerupai kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker tulang belakang.

5. Meningkatkan mood. Mood yang baik bisa Anda dapatkan dengan kegiatan kebugaran jasmani ringan. Dengan mood yang baik, maka aneka macam macam kegiatan dalam sehari-hari sanggup Anda selesaikan.

6. Meningkatkan daya energi. Untuk meningkatkan daya otot dan daya energi, setiap orang sanggup melakukannya dengan cara olahraga kebugaran jasmani. Untuk mendapat nutrisi dan pasokan oksigen, maka latihan kebugaran jasmani ini memang haruslah dilakukan secara rutin. Hal ini karena, kalau tubuh insan mempunyai lebih banyak energi, maka ia pun akan lebih semangat dan kuat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

7. Meningkatkan gairah secual. Latihan dalam kebugaran jasmani ini sangat bermanfaat dan memperlihatkan imbas anggun bagi tubuh manusia. Dengan kondisi fisik yang prima dan bugar sehabis latihan, akan meningkatkan gairah secual pada diri seseorang. Kaprikornus fisik sehat sangat memilih tingkat gairah secual seseorang.

8. Terhindar dari penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis). Penyakit tulang keropos, kini ini sanggup terjadi pada siapa saja. Untuk menghindarinya, Anda harus sudah mulai melaksanakan latihan kebugaran jasmani supaya tulang Anda tetap sehat dan kuat.

Itulah beberapa manfaat dari latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia. Banyak sekali imbas faktual yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan latihan tersebut. Baiklah, berikutnya kami akan membagi informasi unik perihal teladan tes kebugaran jasmani.

Contoh Tes Kebugaran Jasmani

Tahukah Anda bahwa ada 5 teladan latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Berikut beberapa cara latihan tersebut.
  1. Tes Sit-Up, tes ini dilakukan untuk mengetes daya tahan tubuh dan daya tahan ototnya. Tes yang ini hampir sanggup dilakukan oleh beberapa orang. Latihan yang sederhana tersebut menjadikan tubuh Anda menjadi sehat dan bugar kembali.
  2. Tes Push-Up, tes ini sengaja dilakukan untuk mengetes kekuatan dan daya tahan dari otot pundak dan lengan.
  3. Tes Lari Bolak Balik, tes ini berfungsi untuk mengukur kelincahan dari diri Anda, ketika melaksanakan latihan kebugaran jasmani.
  4. Tes Lompat Jauh Tampa Awalan - Latihan kebugaran lompat jauh sanggup dilakukan sebagai alat pengukur untuk daya tahan ledak atau sering disebut dengan istilah (explosive power).
  5. Tes Lari Jarak Jauh, latihan kebugaran ini dilakukan untuk mengetes daya tahan dari paru-paru dan jantung manusia. Latihan ini sanggup dilakukan dengan berlari kurang lebih sejauh 1 km.
Demikianlah beberapa teladan latihan utama dalam suatu kebugaran jasmani. Setelah Anda mengetahui manfaatnya, maka kini berikutnya mari kita bahasa perihal bentuk latihan kebugaran jasmani. 

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Dalam sebuah pengertian tes latihan dan bentuk latihan kebugaran jasmani memang sangat membingungkan. Untuk itu, di sinilah Anda akan mendapat tanggapan dari kebingungan Anda. Berikut ini beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang meliputi 10 komponen kebugaran jasmani.

1. Kekuatan. Kekuatan ini merupakan faktor yang paling utama dari berjalannya suatu latihan kebugaran jasmani. Kekuatan ini akan membantu tubuh insan menghasilkan suatu massa otot yang besar. Dengan otot yang kuat maka Anda akan terminimalisir dari suatu cedera olahraga ringan. Contoh latihan yang bisa Anda lakukan untuk pembentukan kekuatan otot ialah push-up, sit-up, dan back-up.

2. Keseimbangan.
 Latihan keseimbangan untuk kebugaran jasmani pun sangat penting. Dengan latihan ini, maka orang lain akan dengan sangat simpel melaksanakan aneka macam macam kegiatan sehari-hari tanpa suatu hambatan apapun.

3. Daya tahan.
Latihan mengatur daya tahan tubuh dalam kebugaran jasmani sangat memperlihatkan energi positif. Dengan sering melaksanakan latihan ini, Anda akan sangat simpel dan kuat untuk melaksanakan aneka macam macam kegiatan sehari-hari.

4. Kelenturan.
 Untuk menjadikan tubuh lebih flexible, maka latihan kebugaran jasmani khususnya untuk latihan kelenturan harus memang perlu dilakukan.

5. Kelincahan.
Dengan mempunyai kelincahan yang tidak terbatas, maka Anda akan dengan sangat leluasa melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dengan memakai latihan ini pula, tubuh akan sangat simpel merespon rangsangan dari diri sendiri dan orang lain. Contoh bentuk latihan kebugaran jasmani yang sering dilakukan orang-orang, antara lain: zig-zag, lari halang rintang, lari bolak-balik, dan lain-lainnya.

Kaprikornus itulah beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang sangat bermanfaat bagi tubuh insan untuk merespon sesuatu. Dengan latihan di atas, setiap orang bahkan Anda sendiri pun akan lebih ringan ketika melaksanakan kegiatan setiap harinya.

Demikian pembahasan menarik seputar kebugaran jasmani, mulai dari arti, manfaat, bentuk latihan dan komponen-komponennya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda akan lebih semangat lagi untuk melaksanakan kegiatan kebugaran jasmani yang sangat faktual ini.

Sumber:

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen Dan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel