iklan

Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Flora Kenanga

Tanaman kenanga atau nama latinnya Cananga Odorata ialah sejenis tumbuhan yang banyak diambil bunganya. Tanaman ini banyak ditanam untuk dipakai sebagai tumbuhan hias di halaman rumah. Tanaman kenanga sanggup tumbuh dengan cepat hingga mencapai ketinggian lebih dari 5 meter pertahunnya. Ciri tumbuhan ini ialah batangnya lurus dengan kayu keras dan cocok dipakai sebagai peredam suara.


Tanaman kenanga atau nama latinnya Cananga Odorata ialah sejenis tumbuhan yang banyak membisu Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga
Bibit tumbuhan bunga kenanga-bukalapak

Daunnya panjang, berkilau dan halus. Bunga yang dihasilkan berwarna hijau kekuningan, menggelantung membentuk menyerupai bintang maritim dan banyak mengandung minyak biang yang wangi. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh atau sebagian. Tanah yang cocok untuk budidaya kenanga ialah tanah yang mempunyai kandungan asam, menyerupai habitat aslinya yaitu di dalam hutan tadah hujan.


Tanaman kenanga merupakan tumbuhan orisinil Indonesia. Di Indonesia, bunga tumbuhan kenanga banyak dipakai untuk banyak sekali upacara – upacara khusus menyerupai pada upacara pernikahan. Ada dua jenis kenanga yang populer di Indonesia yaitu Cananga Latifolia dan Cananga Odorate.


Perbanyakan Tanaman Kenanga


Dengan Cara Stek


Untuk memperbanyak tumbuhan kenanga caranya sangatlah sederhana. Cara gampang untuk mendapat bibit tumbuhan kenanga ialah dengan melaksanakan stek. Pilih cabang yang tidak terlalu renta dan jangan pula terlalu muda. Potonglah cabang tersebut kemudian potong lagi sepanjang kurang lebih 10 cm untuk setiap batang stek. Irislah miring pangkal batang dengan memakai alat potong yang tajam. Tujuan pangkal batang diiris miring ialah semoga permukaannya lebih luas sehingga dibutuhkan akan banyak akar yang terbentuk nantinya.


Kurangi daun pada batang yang digunakan. Kemudian tancapkan batang stek ke dalam media tanam. Untuk media tanam Anda sanggup memakai adonan tanah subur dan pasir. Tancapkan batang stek sedalam 3 – 4 cm. Untuk perawatan lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Jika batang stek sudah mulai tumbuh daun sekitar 10 – 12 helai maka bibit stek sudah siap untuk dipindah tanam.


Dengan Cara Cangkok


Cara selanjutnya untuk memperbanyak tumbuhan kenanga ialah dengan cara mencangkok. Caranya ialah pilihlah cabang yang sehat kemudian kerat cabang denga melingkar sepanjang 3 cm. sesudah tampak belahan kayunya maka segera hilangkan lapisan kambiumnya. Setelah itu tutup belahan yang terluka tersebut dengan memakai adonan tanah berair dan pupuk kandang.


Setelah itu balut cangkokan dengan memakai sabut kelapa atau plastik transparan. Rawatlah cangkokan selama 1 – 2 bulan. Biasanya pada waktu tersebut akar akan mulai tampak tumbuh dan itu berarti bibit siap untuk dipindah tanamkan. Berdasarkan pengalaman kalau Anda melaksanakan pemisahan bibit cangkokan ketika induknya sedang berbunga lebat maka bibit juga akan cepat untuk berbunga.


Tips Menanam Tanaman Kenanga Dalam Pot


Tanaman kenanga yang telah siap tanam sanggup Anda tanam di dalam pot. Berikut caranya:



  • Isilah pot yang akan Anda gunakan dengan arang kayu, pecahan genting dan adonan tanah serta pupuk kandang. Campuran tanah dan pupuk sangkar sanggup memakai perbandingan 2 : 1. Isi pot sebanyak sepertiga belahan dari pot.

  • Kemudian tanam bibit dengan posisi tegak pada belahan tengah pot.

  • Tambahkan media tanam dan sisakan kurang lebih sekitar 5 cm dari permukaan pot.

  • Lakukan penyiraman hingga air keluar dari belahan bawah pot tumbuhan kenanga.

  • Untuk penguat, Anda sanggup memakai ajir.

  • Untuk pemupukan susulan, Anda sanggup memakai pupuk NPK pada umur tiga bulan sesudah pindah tanam. Berikan sebanyak setengah sendok teh per potnya. Ulangi kembali pemupukan susulan ini pada dikala tumbuhan berumur enam bulan dan dosisnya Anda naikkan sebanyak satu sendok teh per pot tanaman. Ulangi setiap 2 – 3 bulan sekali.

  • Jika perawatan yang Anda lakukan baik, maka tumbuhan kenanga dalam pot Anda akan rajin berbunga.


Peluang Bisnis Bunga Kenanga


Sebagai tumbuhan orisinil Indonesia, bunga kenanga sangatlah populer sebagai bunga yang sanggup menghasilkan wewangian alami. Maka sangat tidak mengherankan kalau banyak yang mencari bunga kenanga ini. Bunga kenanga segar sanggup Anda pribadi jual kepada pengepul dengan kisaran harga Rp 5.000 – Rp 7.000 per kilogramnya. Apabila bunga kenanga telah Anda suling menjadi minyak atsiri maka harganya akan melonjak mencapai Rp 500.000 – Rp 800.000 per kilogramnya.


Minyak atsiri dari bunga tumbuhan kenanga banyak dicari untuk dipakai sebagai materi baku utama macam – macam jenis parfum, dipakai juga untuk industri kosmetik, farmasi dan sebagai flavor atau aroma pada produk makanan. Sehingga peluang untuk ekspor pun sangatlah terbuka lebar. Hanya dengan menerapkan teknologi yang sederhana dan peralatan penyulingan yang memadai maka Anda sanggup menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta perbulannya.


Dengan peluang pasar minyak kenanga yang sangat menggiurkan ini maka Anda yang mungkin tadinya hanya mengakibatkan perjuangan tumbuhan kenanga ini sebagai bisnis sampingan sanggup ditingkatkan menjadi pengusaha penyulingan minyak bunga kenanga.


Tanaman kenanga atau nama latinnya Cananga Odorata ialah sejenis tumbuhan yang banyak membisu Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga
Salah satu produk dari minyak kenanga-orami

Hebatnya dari tumbuhan kenanga ini ialah tidak terlalu membutuhkan perawatan yang intens namun bunganya sanggup Anda petik setiap hari. Tanaman kenanga ini bisa berbunga setiap hari tanpa mengenal musim. Selain minyak dari bunga kenanga, ada juga minyak yang bermanfaat lainnya. Yaitu minyak zaitun, baca di sini ihwal minyak zaitun. 


sumber gambar: carabimbingan





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Flora Kenanga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel