iklan

Nyaman Internet Banking: Pastikan Perangkat Anda Terhindar Dari Malware/Virus

Akhir selesai ini agresi penipuan atau yang lebih tepatnya ialah adalah pencurian data melalui sistem komputerisasi layanan perbankan mulai marak terdengar lagi. Kali ini ialah maraknya pencurian data dengan modus malware. 

Pada postingan kali ini saya akan mengembangkan pengalaman memakai layanan internet banking biar sanggup terhindar dari malware. Sepengatahuan saya malware ialah sebuah upaya untuk mencuri data nasabah, melalui virus yang ditanam atau tertanam pada komputer usser pengguna dengan cara memodifikasi tampilan website biar serupa dengan tampilan website asli, dan usser diminta  menginput data-data langsung yang dibutuhkan untuk mencuri dana pemilik.

Mengenai teknis dan klarifikasi lebih lanjut wacana malware, bukan kapasitas saya untuk menjelaskan, harus saya tanyakan dahulu ke saudara saya yang memang kompeten dalam bidang Teknologi Informatika (mungkin akan dibahas pada postingan selanjutnya). 

Kemudahan dalam bertransaksi melalui akomodasi internet banking memang sangat menolong, terutama dalam hal kemudahan, kecepatan dan kepraktisan. Namun alasannya sudah terlalu nyaman, kadangkala usser jadi tidak terlalu memikirkan sisi keamanan terkait bahaya (berasal dari faktor pihak lain) dalam praktek memakai akomodasi tersebut. Hal inilah yang dijadikan kesempatan bagi pelaku cyber crime. Karena sebenarnya, sistem keamanan yang disediakan oleh bank sudah sangat mutakhir, kelalaian pengguna / usser lah yang paling sering menyebabkan kerugian bagi usser itu sendiri.

Berikut ialah cara kerja Malware Sinkronisasi Token (dishare dari group BPR di Facebook) :

Sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205028055795167&set=gm.1573127006303799&type=1&theater


 Agar terhindar dari efek yang merugikan anda, berikut ini ialah beberapa tips yang layak disimak : 

1. Pastikan komputer anda mempunyai anti virus, jikalau tidak yang berbayar minimal yang gratis (namun sangat disarankan yang berbayar) biar anda sanggup segera menyadari jikalau ada virus yang hendak menyusup kedalam browser anda.

2. Sekarang eranya wifi, sebaiknya jangan membiasakan memanfaatkan akomodasi wifi untuk bertransaksi finansial. ibarat di sentra perbelanjaan, cafe, restoran, kampus, dsb. Hindari juga mengakses layanan internet banking melalui komputer umum ibarat yang terdapat pada warnet.

3. Jangan sembarangan mengklik tautan / link yang dikirimkan kepada anda melalui email, jikalau anda merasa mendapatkan e-mail yang seharusnya anda tidak terima, segera hapus e-mail tersebut secara permanen. 

4. Perhatikan pada browser anda apakah terdapat plug-in yang tidak anda kenal, jikalau iya segera hapus plug-in tersebut.

5. Hindari mengakses situs-situs yang dihentikan ibarat situs yang berbau pronografi dan perjodian, alasannya disanalah lebih banyak berkumpul tautan tautan virus untuk masuk ke browser anda.

6. Jika anda sudah terbiasa / familiar memakai akomodasi layanan internet banking dan suatu saat anda menyadari ada hal / langkah / proses yang tidak sebagaimana biasanya. Sebaiknya jangan ambil risiko untuk meneruskan transaksi, anda sanggup mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada bank penyedia layanan. Hubungilah Customer Care Resmi bank tersebut, tanyakan dan konfirmasikan kepada bank yang bersangkutan. 

7. Pastikan anda selalu mengakses layanan internet banking dari situs resmi bank tersebut. Kenali linknya, selalu berformat https, dan ada gambar sepeti kunci gembok di link tersebut, ibarat rujukan dibawah ini : 

Contoh : BNI

Contoh : Bank Mandiri

Contoh : Bank BCA

8. Jangan memberitahukan Pin Internet Banking dan Pin Token anda kepada siapapun. (banyak oknum penipu yang mengatasnamakan bank untuk meminta anda memberitahukan pin, PERLU DIINGAT BANK TIDAK BERHAK MEMINTA PIN KEPADA NASABAH)

9. Setelah selesai memakai layanan internet banking, pastikan anda segera logout dengan benar. 

10. Bila perlu jangan mengaktifkan fitur remember password, hapus cache secara berkala, dan history browser anda. 

sekian tips yang sanggup diterapkan, kuncinya ialah biar anda selalu waspada, dan memperbaiki sikap ceroboh dalam memakai akomodasi internet banking. 

Selamat bertransaksi via Internet Banking. 


Mari Berteman ^^



Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nyaman Internet Banking: Pastikan Perangkat Anda Terhindar Dari Malware/Virus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel