Mengupas Yamaha Yzf-R25 Fi
Berikut aku akan membahas spesifikasi dari motor Yamaha YZF-R25. Untuk menganalisa spesifikasi motor ini, pertama kita akan bahas bab desain terlebih dahulu,
Desain
Desain yang terlihat berani dengan meruncingnya bentuk body bab depan dan belakang. Meruncingnya body ini juga selain sebagai keindahan, juga sangat membantu ketika akselerasi.. Pada bab jok terlihat sangat nyaman untuk diduduki dengan alas tangkinya. Bentuknya sangat terlihat kasar dipadukan mesinnya yang gahar. Jika kita melihat pada Headlampnya, maka anda akan disuguhi desain predator yang sangar serta Sporty Airduct dibagian tengah dan belakang yang sudah memakai lampu LED.
Body
Dari segi body, berbentuk full fairing multi layer yang ada pada kanan dan kiri bodynya yang menambah kesan sebagai motor balap yang tangguh dari motor sport 250cc. Motor ini memadukan beberapa desain dari motor sport Yamaha yang lainnya sehingga membentuk desain motor Yamaha R25 yang sangat bagus.
Mesin
Dapur pacu yamaha R25 ini jikalau dilihat spesifikasinya sangatlah tangguh. Dengan mesin bertipe DOHC dan kapasitas maksimal 249.6cc, bisa menciptakan pengendaranya melesat dengan kecepatan tinggi menyerupai pembalap MotoGP. Mesinnya juga dilengkapi dengan 2 silinder dan 4 stroke yang Drive Camshaft dengan 8 katup, ruang bakar berkompresi tinggi, terusan intake tipe down draft, independent injektor 12 lubang. berpendingin cairan, Diasil Cylinder dan Forged piston. Dengan spesifikasi mesin diatas sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebanyak 26.5 kW atau 36 PS, sedang torsi maksimal yang dapt dihasilkan 22.6 Nm pada 10.000 Rpm. Motor ini juga tidak ketinggalan jaman, sudah mengadopsi sistem Fuel Injection sehingga akan menciptakan motor ini berperforma maksimal namun ekonomis materi bakar. Transmisi constant mesh 6 speed juga terpasang dalam mesin yamaha YZF-R25, sehingga menciptakan mesin dari motor sport ini sangat stabil ketika dikendarai. Berikut tabel spesifikasi dari motor YAMAHA YZF-R25
Spesifikasi Yamaha R25 | ||
Dimensi | ||
P x L x T | : | 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm |
Jarak sumbu roda | : | 1.380 mm |
Jarak terendah ke tanah | : | 160 mm |
Tinggi daerah duduk | : | 780 mm |
Berat isi | : | 166 kg |
Kapasitas tangki bensin | : | 14,3 L |
Rangka | ||
Tipe Rangka | : | Diamond |
Suspensi Depan | : | Teleskopik |
Suspensi Belakang | : | Swing Arm |
Ban Depan | : | 110/70 – 17 M/C |
Ban Belakang | : | 140/70 – 17 M/C |
Rem Depan | : | Cakram hidrolik, piston ganda |
Rem Belakang | : | Cakram hidrolik, piston tunggal |
Mesin | ||
Tipe mesin | : | 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan |
Jumlah / posisi silinder | : | 2 Silinder / Tegak |
Diameter x langkah | : | 60,0 x 44,7 mm |
Perbandingan kompresi | : | 11,6 : 1 |
Daya maksimum | : | 27,2 kW / 1.200 rpm |
Torsi maksimum | : | 23,2 Nm / 10.000 rpm |
Sistem starter | : | Electric Starter |
Sistem pelumasan | : | Basah |
Kapasitas oli mesin | : | Total = 2,40 L ; |
Sistem materi bakar | : | Fuel Injection System |
Tipe kopling | : | Basah, kopling manual, multiplat |
Tipe transmisi | : | Return 6 kecepatan |
Pola pengoperasian transmisi | : | 1-N-2-3-4-5-6 |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | : | TCI |
Battery | : | GT28V (MF Battery 7Ah) |
Tipe Busi | : | CR 93 (NGK) |
Setelah spesifikasi, aku akan mengembangkan informasi perihal teknologi yang diadopsi Yamaha YZF-R25 yang canggih. Yamaha membekali R25 yang diberi julukan Baby M1 ini dengan mesin berkapasitas 249,6cc, DOHC, 8-Valve, 4-tak, dan berpendingin cairan (Liquid Cooled). Mesin ini mempunyai banyak keunggulan, mulai dari transmisi, sistem injeksi, intake manifold, sistem klep, ruang bakar, crankshaft, sampai bab crankcasenya.
Pada intake manifold, yamaha mengaplikasi Down-draft intake manifold. Asupan udara ke dalanm ruang bakar masuk secara vertikal , minim hambatan, sehingga lebih efisien. Suplai udara optimal juga dijanjikan oleh throttle body yang cukup besar dikelasnya, dengan diameter 32mm. Selain itu, injektor pada R25 juga berbeda, ada 12 lubang. Partikel materi bakar yang disemprotkan pun lebih halus jadinya.
Lanjut ke bab klep, Yamaha memakai sistem DOHC dengan direct-drive camshaft, tanpa memakai rocker arm. Selain itu, camshaft intake dan exhaust juga terpisah, menciptakan gerakan klep jadi lebih responsif. Derajat kemiringan klep juga dibikin lebih kecil, tujuannya semoga rasio kompresi yang dihasilkan bisa lebih tinggi (11,6 : 1). Sistem kerja klep menyerupai ini disebut yamaha sebagai High Rpm Engine.
Untuk menjaga kekencangan rantai keteng, yamaha mengaplikasikan Half-nut Tensioner. Part ini tidak hanya berfugsi untuk mengencangkan rantai keteng, tapi juga berfungsi sebagai penyerap gaya yang dihasilkan rantai ketika mesin rpm tinggi.
Sementara dibagian crankshaft, waktu pengapiannya dibentuk menjadi 180 derajat. Keunggulannya ialah tenaga mesin menjadi tinggi alasannya ialah pumpingloss yang bisa menghambat kinerja mesin yang sudah diminimalisir. Karena kendala rendah, maka tenaga yang dihasilkan jadi lebih maksimal. Meskipun getaransudah diserap sedemikian rupa, tapi tetap bisa ngrasain getaran khas motor sport pada R25 ini.
Yamaha juga mengaplikasikan 1-shaft Balancer, ini diam-diam yang menciptakan mesin R25 lebih kompak dan menciptakan bobot keseluruhannya jadi lebih ringan dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Selain itu juga pada bab stang piston yang berpengaruh , maka mereka menciptakan stang piston dengan proses heat treadment (pemanasan) dan quenching (pendinginan)
Dengan tenaga yang besar, R25 tetap gampang dikendalikan, ini terwujud berkat adanya progressive-shape pulley yang berbentuk oval. Keunggulan lainnya ada pada bab kopling. Meskipun R25 memakai ukuran kopling yang besar, tapi tetep ringan ketika ditarik tuasnya. Memberika laba bbuat pengendara yang memakai R25 untuk harian, sesuai dengan tagline You Can Ride Everyday.
Masih ada lagi teknologi MotoGP yang diadopsi Yamaha ke R25 , yaitu pada crankcase. Tepatnya ialah pada bab penghisap olinya. Penghisap oli ini diletakkan dibagian bawah mesin (deep bottom oil pan). Tujuannya ialah ketika motor dalam kondisi miring, menyerupai ketika menikung, udara tidak akan ikut terhisap (air bubble.
Sumber artikel
http://www.motorexpertz.com
http://www.semisena.com
semoga bermanfaat, salam otomotif
Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com
0 Response to "Mengupas Yamaha Yzf-R25 Fi"
Posting Komentar