iklan

Mengulas Sistem Injeksi Ymjet-Fi Pada Yamaha Mio J


Halo teman otomotif, kali ini aku akan menunjukan perihal Sistem Injeksi pada merk "YAMAHA", sehabis sukses mempromosikan sistem injeksi PGM-FI yang diterapkan pada Yamaha Vixion, Sekarang Yamaha memperkenalkan sistem YMJet-FI. YMJet-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) dibentuk khusus untuk motor bervolume/CC kecil yaitu motor skutik. Jika dilihat dari struktur desain emang gak jauh beda sama sistem injeksi konvensional, dimana pompa materi bakar/Fuel Pump dicelupin ke tangki materi bakar, dan materi bakar disalurkan ke injector yang akan menyemprotkan materi bakar yang bercampur dengan udara yang disupali dari arah throttle body ke ruang bakar.


Yang membedakan sistem ini yaitu perbedaan dijalur suplai udara. Yamaha membagi 2 jalur suplai udara, yaitu jalur pipa kecil (Air Assist Pasage) dan jalur pipa besar (Main Air Pasage). Udara dihembuskan ke ruang bakar melaui satu dari kedua jalur ini, tergantung dari kebutuhan yang dideteksi dari Rpm mesin. Jika Rpm berkisar antara 5000 kebawah, maka udara akan disalurkan ke ruang bakar melalui jalan masuk pipa kecil (Assist Air Pasage), sedangkan dikala Rpm di 5000 ke atas, m,aka udara akan disalurkan melalui jalan masuk besar (Main Air Pasage)


Untuk membagi alur udara ini, dipakai kombinasi pintu gerbang, yaitu katup downstream dan katup upstream. ECU akan mendeteksi besaran Rpm Motor dari sensor. Ketika Rpm dibawah 500, ECU akan mengatur Katup Downstream menutup dan katup upstream membuka, sehingga udara masuk melalui jalan masuk Assist Air Pasage. Dan ketika gas di geber, udara masuk melaui jalan masuk Main Air Pasage sebab katup Downstream membuka. Sistem diatas seolah-olah dengan sistem karburator, tapi bedanya dikarburator itu yang diatur materi bakarnya bukan udaranya, kalau putaran rendah bensin disemprotkan melalui sekunder jet, dan ketika putaran tinggi bensin disemprotkan melalui premier jet/main jet.

Sumber keborosan motor skutik yaitu diputaran rendah hingga menengah, Logikanya kalo motor biasa/sport dengan Rpm rendah, motor sudah dapat jalan, tapi kalo motor skutic/matic kalo gas belom digeber, ya motor belom mau jalan.Oleh sebab itu dikala Rpm rendah hingga mau jalan, udara masuk melalui jalan masuk yang kecil dengan tujuan supaya irit, dengan ditunjang oleh sistem pengabutan materi bakar oleh injector yang dibentuk sangat kecil jadi pembakaran lebih sempurna


Sumber : http://tmcblog.com

Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengulas Sistem Injeksi Ymjet-Fi Pada Yamaha Mio J"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel