iklan

Manfaat Kerjasama - Pengertian Dan Manfaat Kerjasama


Manfaat Kerjasama - Pengertian Kerjasama. Kerjasama merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan lebih dari 1 (satu) orang untuk mencapai cita .cita, target, tujuan dan laba secara bersama-sama.  

Kerjasama sendiri mempunyai beberapa manfaat, antara lain :  

  • Cita-cita, target, tujuan, maupun laba yang diinginkan akan lebih cepat tercapai.  
  • Memupuk dan menumbuhkan perilaku semangat persatuan.  
  • Pekerjaan yang sedang dihadapi akan menjadi lebih mudah.  
  • Pekerjaan yang sedang dihadapi akan menjadi lebih cepat selesai.  
  • Membiasakan diri menjadi langsung yang ekstrovert dan gemar bekerjasama.  
  • Menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih erat.
  • Melatih diri sendiri menjadi lebih menghargai orang lain.
  • Melatih langsung untuk menghargai perbedaan.
  • Melatih langsung untuk sanggup mengeluarkan pendapat, saran, dan kritik.

Salam Pengetahuan, sobat pembaca akhir-akhir ini kalau Anda yaitu pecinta sepak bola ada info hangat mengenai memanasnya kekerabatan antara Neymar JR dengan Edison Cavani. Kedua striker PSG tersebut pada pertandingan terakhir mereka berebut untuk sanggup mengeksekusi pinalti, perebutan itu sontak menjadi bola panas di dalam tim sepak Bola yang sekarang telah hits alasannya yaitu mendatangkan pemain-pemain bintang dengan nilai transfer fantastis. Neymar yang di datangkan senilai 3,4 Triliun menjadi stiker gres sedangkan Cavani yaitu stiker utama PSG terlihat mulai panas sampai ruang ganti. Hal ini pun menuai ultimatum dari sang instruktur yang mulai khawatir dengan kerjasama para bintangnya.

Dalam banyak sekali hal mulai dari sepak bola, kelompok, sampai membangun Negara pun kita perlu kerjasama menyerupai tagline Jokowi Kerja Bersama dalam perayaan HUT RI ke-72 tahun ini.

Saat saya menulis artikel ini menyerupai foto di atas, saya tengah melaksanakan praktikum bersama Teman-teman kelompok saya, dan saya mencicipi betul manfaat dari kerjasama.

Seperti yang saya ungkapkan di atas bahwa dengan kerjasama kita bisa mengambil manfaat. Sebelum kita mengulang hal tesebut ada baiknya kita mengetahui pengertian dari kerjasama.

Menurut wikipedia, Kerjasama atau kooperasi merujuk pada praktik sesorang atau kelompok tang lebih besar yang bekerja di khalayak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.

Manfaat kerjasama diantaranya :

1. Memudahkan pekerjaan
Sobat niscaya dalam hidup pernah menerima pekerjaan yang sulit. Apakah sulit dari segi kualitasnya atau kuantitasnya. Sangat membantu jikalau Sobat mengerjakan pekerjaan itu dengan seseorang yang bisa diajak berbagi. Pekerjaan yang awalnya sukar dikerjakan sendiri akan menjadi lebih ringan dan waktu penyelesaiannya lebih cepat.

2. Melatih perilaku sosial bermasayarakat
Manusia yaitu makhluk sosial yang pelu hidup bersama dan saling membantu satu sama lain. Kalau tidak mau bersosialisasi tinggal di Jupiter sana.. Insya Allah kita selalu membutuhkan dukungan orang lain. Dengan membiasakan diri semenjak awal dalam berafiliasi kita tidak akan kaku dalam berkomunikasi, bercanda, menyapa, tersenyum dsb kepada orang-orang di sekitar kita.

3. Belajar mengerti dan menghargai perasaan orang lain
Seringkali dalam sehari-hari kita tidak bisa peka memahami perasaan orang lain sehingga terjadi salah faham atau miskomunikasi. Dengan berafiliasi kita akan lebih erat dengan orang-orang di sekitar kita dalam bekerja, kita membagi kiprah dengan mereka dan saling membantu dalam menuntaskan persoalan. Dalam proses ini kita akan sering bercerita atu sama lain sehingga kekerabatan kedekatan batin akan terjalin dan sanggup memahami satu sama lain. Kalau Sobat bisa memahami perasaan orang lain maka dalam bersosialisasi akan gampang dan tahu apa yang harus dilakukan.

Bekerjasama berarti mengerjakan pekerjaan atau menuntaskan duduk kasus bersama dengan orang lain. Hal ini bukan berarti.menganggap kita tidak bisa menuntaskan kiprah tersebut, tidak. Tapi kita membuktikan perilaku sosial dan efektifitas dalam bekerja. Dewasa ini perilaku kolaborasi yaitu hal yang penting dalam rekruitmen karyawan baru, di nilai bahwa karyawan yang sanggup bekerja sama lebih baik dibanding tang tidak.

Kerjasama yaitu sifat yang luhur. Selalu Guru saya memberikan perihal 6 Thabiat Luhur, yakni jujur, amanah, hemat-kerja keras, rukun, kompak, dan kerjasama yang baik.

Semoga balasan abang sanggup membantu, apabila masih terdapat pertanyaan yang lain, jangan ragu ejekan pertanyaanmu di PendidikanSRG ya.

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Kerjasama - Pengertian Dan Manfaat Kerjasama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel