iklan

Laporan Wacana Kunjungan Industri Ke Pt. Indofood


LAPORAN
TENTANG KUNJUNGAN INDUSTRI KE
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.



S
U
S
U
N
OLEH :
KELOMPOK : 6

ANGGOTA :
NURUL AINI
SALWA UMIRATUL
SUNIL
YULVIA
PHOENNA CITKA DARA

 KELAS : XII AKUNTANSI 2
GURU PEMBIMBING : FAKRIAH,S


SMK NEGERI 3 LHOKSEUMAWE
TAHUN AJARAN 2016-2017
BAB I : PENDAHULUAN

 1.1 LATAR BELAKANG
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.  merupakan produsen banyak sekali jenis makanan dan minuman yang bermarkas diJakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor materi makanannya hingga AustraliaAsia, dan Eropa.
 Dalam beberapa dekade ini Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food solutions dengan acara operasional yang meliputi seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan materi baku hingga menjadi produk simpulan yang tersedia di rak para pedagang eceran.

 1.2 SEJARAH
1968 - PT Lima Satu Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT Supermi Indonesia) didirikan, pertama kali memproduksiSupermi sebagai mi instan pertama di Indonesia.
·        1970 - PT Sanmaru Foods Manufacturing Co Ltd (PT Sanmaru) didirikan sebagai salah satu anak perusahaan Jangkar Jati Group.
·        1972 - PT Sanmaru mulai memproduksi Indomie.
·        1982 - PT Sarimi Asli Jaya didirikan dan mulai memproduksi Sarimi.
·        1984 - PT Sarimi Asli Jaya diakuisisi oleh PT Sanmaru dan bersama dengan Salim Group membentuk perusahaan dengan nama PT Indofood Interna Corporation.
·        1986 - PT Supermi Indonesia diakuisisi oleh PT Indofood Interna Corporation melalui anak perusahaannya PT Lambang Insan Makmur.
·        1987 - PT Sanmaru meluncurkan mi instan dalam bentuk cup bermerek Pop Mie.
·        1989 - PT Sanmaru mengakuisi PT Sari Pangan Nusantara, yang memproduksi masakan bayi bermerek SUN.
·        1990 - PT Sanmaru membentuk perusahaan patungan dengan PepsiCo, Inc yang mempunyai merek FritoLay yang pada tahun 1994 berjulukan PT Indofood Fritolay Makmur dan mulai memproduksi kudapan menyerupai Chitato, Chiki, Cheetos dan Jetz yang kemudian pada tahun 2000an disusul dengan Lay's dan Qtela.
·        1990 - Indofood didirikan oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya Intikusuma.
·        1992 - PT Sanmaru melalui anak perusahaan Jangkar Jati Group diambil alih seluruh sahamnya oleh Salim Group.
·        1993 - PT Panganjaya Intikusuma dan PT Sanmaru membentuk perseroan dengan nama PT Indomie Sukses Makmur Tbk.
·        1994 - PT Panganjaya Intikusuma berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
·        1995 - Mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari.
·        1997 - Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi.
·        2004 - Mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.
·        2005 - PT Indosentra Pelangi sebagai produsen bumbu, kecap dan sambal bermerek Indofood membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé berjulukan PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, mengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.
·        2006 - Mengakuisisi 55% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd.
·       2007 - Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan menempatkan saham baru.
·        2008 - Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang mempunyai secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka.
·        2009 - Memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan PT. Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran acara perjuangan mi instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan perjuangan seluruh anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.
·        2010 - Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melaksanakan Penawaran Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. Peningkatan kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik 100%.
·        2011 - Pada bulan Januari 2011, PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur dan PT Ciptakemas Abadi digabung sepenuhnya dengan status perusahaan terbuka (Tbk.) menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), anak perusahaan eksklusif dan tidak eksklusif Perseroan, melaksanakan IPO diikuti dengan pencatatan saham di BEI pada 9 Juni 2011.
·        2011 - Mencatatkan saham PT Salim Ivomas Pratama (“SIMP”), anak perusahaan eksklusif dan tidak eksklusif Perseroan, di BEI.
·        2012 - ICBP mendirikan dua perusahaan patungan dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte. Ltd. (“Asahi”) untuk memasuki pasar minuman non-alkohol di Indonesia.
·        2012 - Sudono Salim, pendiri ICBP meninggal dunia di Singapura pada tanggal 10 Juni 2012. Tidak usang sehabis meninggalnya, salah satu produk mi instan dari Indofood,Indomie, menyelenggarakan jadwal ulang tahunnya yang ke-40 tahun, pada bulan Agustus 2012 di Jakarta.
·        2013 - Menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages, perusahaan yang memproduksi minuman ringan bermerek Pepsi7 Up dan sebagainya. Akuisisi ini dilakukan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur, yang masing-masing yaitu 51% dan 49% dimiliki oleh ICBP.
·        2014 - Indofood masuk ke bisnis minuman berjulukan Indofood Asahi dan mulai mengimpor dua merek minuman dari Malaysia, yaitu Ichi Ocha dan Caféla Latte.
·        2014 - ICBP, melalui anak perusahaan patungannya dengan Asahi, mengakuisisi aset yang terkait dengan acara perjuangan air minum dalam kemasan termasuk merek Club.
·        2014 - PT Indolakto menyelesaikan proses akuisisi 100% saham PT Danone Dairy Indonesia, serta pembelian merek dagang dan desain industri yang berafiliasi dengan produk Milkuat.

PT.INDOFOOD MAKMUR

Sejarah Berdirinya PT. Indofood Makmur
            Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma menurut Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibentuk dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah menerima persetujuan dari Menteri kehakiman Republik Indonesia menurut Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli 1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam. Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11 Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, menurut keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51tanggal 5 Februari 1994 yang dibentuk oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan masakan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
            PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan salah satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada ketika itu jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang
            Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak,Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan semoga produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk sanggup diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu jadwal pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja lokal.




1.3  TUJUAN BERDIRINYA

            Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung yaitu (1) memperluas bidang perjuangan secara terus menerus melalui bidang perjuangan internal    maupun pengembangan usaha strategis;
(2) mengurangi biaya transportasi;
(3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan;
(4) mensuplai tempat lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan
(5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yaitu realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
1.4  VISI
“Menjadi perusahaan yang sanggup memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, kondusif untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
1.5  MISI      
“Menjadi perusahaan transnasional yang sanggup membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
1.6  PERKEMBANGAN  PERUSAHAAN

            Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma menurut Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990. menurut keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan masakan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971. PT. Indofood Sukses Makmur terus mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pesebaran distribusi produk  yang dipasarkan. Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih dari  10 merek dengan 150 rasa dan tipe distributor yang melayani hampir 150.000 outlet.
            PT. Indofood Sukses Makmur cabang Bandung merupakan salah satu bab darinoodle division, PT. Indofood Sukses Makmur mempunyai areal kantor dan pabrik seluas 61.640 m². Cabang Bandung tempat cakupan pemasaran di kabupaten dan kota Bandung, Cimahi, Cikampek, Purwakarta, Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur, Indramayu, dan Sumedang.
PT. Indofood Sukses Makmur TBK cabang Indofood Grup yang bergerak dibidang mie instan merupakan penggagas dalam industri masakan olahan di Indonesia. Saat ini perusahaan menjadi perusahaan pengolahan mie terdepan dan memegang market leader pada masing-masing brand yang dimilikinya.


BAB 11 : ISI
2.1 CARA PEMBUATAN  MIE  INSTAN
1.      Mixing
2.      Pressing
3.      Silling
4.      Cutting
5.      Di masukkan ke cetakan
6.      Di goreng
7.      Di masukkan bumbu
8.      packing

2.2 PRODUK YANG DIHASILKAN

   2.2.1 Produk konsumen bermerek
·         Indomie
·         Pop Mie
·         Sarimi
·         Supermi
·         Sakura
·         Sarimi Gelas
·         Intermi
·         Mie Telur Cap 3 Ayam
·         Pop Bihun
·         Cheetos (lisensi dari PepsiCo)
·         Chiki
·         Jet-Z
·         Lay's (lisensi dari PepsiCo)
·         Chitato
·         Qtela
·         Wonderland
·         Trenz
·         Dueto
·         Bim-Bim
·         Indomilk
·         Cap Enaak
·         Milkuat
·         Indoeskrim
·         Kremer
·         Freiss
·         Orchid Butter
·         Piring Lombok
·         Kecap Indofood
·         Sambal Indofood
·         Promina
·         Provita
·         Govit
·         Buburia
·         SUN
·         Bumbu Kaldu Indofood
·         Bumbu Instan Indofood
·         Bumbu Racik Indofood

   2.2.2 Bogasari
·         Cakra Kembar Emas
·         Cakra Kembar
·         Segitiga Biru
·         Lencana Merah
·         Kunci Biru
·         La Fonte

  2.2.3 Minyak goreng dan lemak
·         Bimoli
·         Simas Palmia
·         Royal Palmia
·         Happy Salad Oil
·         Amanda
·         Delima
·         Palmia

  2.2.4 Minuman (Indofood Asahi & PepsiCo
·         Pepsi
·         Pepsi Blue
·         7 Up
·         Mirinda
·         Tekita
·         Fruitamin
·         Tropicana Twister
·         Ichi Ocha
·         Caféla Latte
·         Club







2.3 Produk yang Dihasilkan PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
PRODUK
JUMLAH VARIAN RASA
1
Indomie
8
2
Indomie Special
2
3
Indomie Vegan
2
4
Indomie Regional Flavor
11
5
Indomie Kriuk
3
6
Indomie Jumbo
2
7
Indomie SQN
6
8
Indomie Paket
4
9
Supermie Reguler
4
10
Supermie Sedaaap
3
11
Supermie Go Series
3
12
Sarimi
6
13
Sarimi Extra Besar
6
14
Sakura
6
15
Intermi
1
16
POP Mie
15
17
Mie Telor
2
18
Anak Mas
2
19
POP Bihun Spesial
4
            PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. mempunyai orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan diubahsuaikan dengan undangan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh alasannya yaitu itu, perusahaan selalu menyebarkan penemuan guna memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
1.                      Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2.                      Mie telor, yaitu mi yang dalam proses pembuatannya tidak digoreng                       melainkan dikeringkan.

            Pengemasan mie yaitu proses penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid ingredient lainya dengan memakai etiket sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan dari proses pengemasan yaitu untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan terkotori atau rusak sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika hingga kepada konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke dalam karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk disalurkan.

2.4   KELEBIHAN

            Setiap tahunnya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk melaksanakan pendistribusian yang sesuai dengan sasaran pasar, produk yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat konsumen.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terus mengadakan riset terhadap pasar untuk menyaingi pesaing perusahaan lain. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk menambah unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melaksanakan gebrakan yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
2.5  KEKURANGAN
            PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kurang meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain yang gencar malakukan promosi yang sangat agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus melaksanakan juga promosi yang bernafsu dan luar biasa, dan menciptakan harga produknya dibawah dari produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan lain. Sehingga sanggup meningkatkan hasil produksi dengan baik.
            Dan juga PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi mengenal kebutuhan dan impian konsumen yang heterogen, sehingga sanggup mengetahui dengan terang kebutuhan dan impian konsumen. Itu semua dilakukan semoga melancarkan acara produksi semoga sesuai dengan sasaran pasar yang diinginkan.



 BAB 111 : PENUTUP
  3.1 KESIMPULAN
            PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan masakan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan masakan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971. Perusahaan ini mencanangkan suatu janji untuk menghasilkan produk masakan bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman, dan halal untuk dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas perusahaan ini untuk menjamin mutu produk yang selalu prima. Akhir tahun 1980, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. mulai bergerak di pasar Internasional dengan mengekspor mi instan ke beberapa negara ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan negara-negara di Afrika.
 3.2 SARAN
1.      Seharusnya PT. Indofood Sukses Makmur cab. Medan membangun tempat pemukiman untuk karyawan lain daerah.
2.      Sebaiknya industri-industri selain dari PT.  Indofood perlu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

3.3 LAMPIRAN (FOTO)





Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Wacana Kunjungan Industri Ke Pt. Indofood"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel