iklan

Lakukan 6 Hal Ini Semoga Pohon Mangga Cepat Berbuah

Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik akan menghasilkan laba yang besar bagi Anda yang terjun ke dalam bisnis buah mangga. Tanaman mangga termasuk dalam tumbuhan tahunan yang berbuah dengan sangat cepat dalam setahun. Agar pohon mangga cepat berbuah maka pertumbuhan bunga tumbuhan sanggup diatur dan dipercepat dengan melaksanakan perlakuan khusus terhadap tumbuhan mangga. Budidaya mangga lengkap pada lahan bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini


Perlakuan khusus tersebut bisa Anda lakukan baik itu untuk mangga yang ditanam dalam pot maupun mangga yang ditanam pada lahan. Perlakuan ini dilakukan dengan tujuan untuk merangsang terbentuknya bunga dan buah pada tumbuhan yang telah memasuki umur produktif, yaitu sekitar 1,5 tahun – 3 tahun. Berikut yaitu perlakuan khusus yang bisa Anda lakukan semoga pohon mangga cepat berbuah.


Pemangkasan


Agar pohon mangga cepat berbuah maka langkah pertama perlakuan yang bisa Anda lakukan yaitu pemangkasan. Pemangkasan yang dilakukan secara teratur pada tumbuhan mangga sanggup merangsang pembentukan buah. Pangkaslah cabang dan ranting yang tidak produktif. Hal ini akan mengefisienkan penggunaan energi hasil dari fotosintesis, sehingga kandungan karbohidrat pada tumbuhan yang dibutuhkan untuk pembentukan buah akan meningkat. Pemangkasan pada tumbuhan yang rimbun akan membantu meratakan penyebaran sinar matahari.


Sinar matahari akan membantu pembentukan karbohidrat secara maksimal. Pangkas cabang yang tumbuh dengan tegak. Cabang tegak biasanya tidak akan menghasilkan bunga bila dibandingkan dengan cabang yang datar. Pemangkasan juga sanggup Anda lakukan pada cabang yang terkena penyakit, ranting – ranting yang bersilangan dan tumbuh dengan rapat. Untuk budidaya mangga dalam pot atau tabulampot mangga, semoga pohon mangga cepat berbuah pemangkasan bisa dilakukan pada tunas muda untuk merangsang pembuahan. Cara ini kurang efektif untuk pohon mangga dengan ukuran yang besar alasannya dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.  


Memberi Luka Pada Batang


Ini yaitu perlakuan fisik yang banyak dilakukan untuk pembentukan buah mangga. Dengan memberi luka pada batang maka akan menghambat distribusi hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat dari daun ke akar sehingga dibutuhkan nantinya karbohidrat akan menumpuk pada bab cabang dan daun. Kadar karbohidrat yang telah mencapai titik jenuh pada bab daun ditambah lagi dengan rasio nitrogen dan karbohidrat 2 : 3 plus hormon auksin yang diproduksi oleh bab pucuk tumbuhan akan sangat cepat merangsan pembentukan bunga.


Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik akan menghasilkan laba Lakukan 6 Hal Ini Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah
Teknik pelukaan semoga pohon mangga cepat berbuah

Pelukaan pada batang terbukti efektif semoga pohon mangga cepat berbuah. Cara pelukaan biasanya dilakukan dengan cara mengelupas kulit batang pohon mangga hingga kambiumnya hilang. Pelukaan bisa dilakukan dengan lebar 10 – 20 cm.


Melengkungkan Batang


Melengkungkan batang yaitu cara lain semoga pohon mangga cepat berbuah. Tujuannya yaitu untuk menghambat fase pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan generatif pada pohon mangga. Melengkungkan batang ini dilakukan dengan mendatarkan cabang. Kondisi cabang yang datar menciptakan anutan unsur hara dan air akan berlangsung lebih lambat bila dibandingkan dengan cabang yang tumbuh dengan lurus menurun.


Cara melengkungkan batang semoga pohon mangga cepat berbuah yaitu menarik cabang yang akan dilengkungkan ke arah tanah hingga posisi merunduk. Ujung cabang bisa Anda tahan dengan memakai tali yang diikat ke patok yang ditancapkan ke tanah semoga cabang tidak kembali ke posisi semula.


Pelilitan Batang Atau Pencekikan


Pelilitan batang memiliki prisip yang sama dengan menunjukkan luka pada batang tumbuhan mangga, yaitu menghambat anutan hasil fotosintesis dari daun menuju akar tanaman. Sehingga nantinya karbohidrat akan tertahan pada daun yang lalu dipakai untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah. Pelilitan atau pencekikan dilakukan dengan cara melilitkan batang primer atau sekunder dengan memakai kawat. Batang yang dililit dengan kawat akan semakin tercekik pada dikala batang mulai tumbuh membesar. Bunga akan mulai nampak sesudah Anda melaksanakan pelilitan selama 1 – 2 bulan.


Lilitan bisa Anda lepaskan sesudah bakal buah mulai muncul. Pelilitan ini yaitu cara semoga pohon mangga cepat berbuah yang banyak dilakukan untuk budidaya mangga di dalam pot atau tabulampot mangga. 


Memberikan Fosfor dan Protein Tinggi


Pemupukan dengan takaran protein dan fosfor tinggi sanggup merangsang pembentukan bunga. Pupuk yang sanggup Anda gunakan bisa berupa pupuk organik maupun anorganik. Pupuk organik yang bisa dipakai yaitu tepung ikan, tepung tulang, tepung darah dan minyak ikan. Anda juga bisa menyiramkan ke tumbuhan berupa air cucian ikan atau binatang maritim lainnya yang kaya akan protein.


Tepung tulang bisa Anda berikan sesudah tumbuhan diberikan pupuk kandang. Berikan tepung ikan atau tepung tulang setiap tiga bulan sekali denga takaran 2 – 3 genggaman tangan Anda. Sedangkan minyak ikan bisa Anda tambahkan setiap dua ahad sekali dengan komposisi 10 liter air untuk 1 tutup botol minyak ikan. Berikan larutan tersebut dengan cara disiram ke tumbuhan sebanyak 2 – 3 gayung per tanaman.


Pemberian Zat Pengatur Tumbuh


Agar pohon mangga cepat berbuah maka Anda bisa menunjukkan zat pengatur tumbuh sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Adapun beberapa macam zat pengatur tumbuh yang bisa Anda gunakan semoga tumbuhan manga cepat berbuah yaitu sebagai berikut:



  • Memberikan paklobutrazol. ZPT ini efektif bagi tumbuhan mangga. Pemberian paklobutrazol akan menghambat pertumbuhan daun dan bisa melumpuhkan titik tumbuh. Fotosintesis akan tetap berjalan tetapi dengan rasio C/N yang tinggi pada bab tajuk. Pada dikala titik tumbuh mulai pulih maka bukan daun gres yang akan muncul melainkan bunga. Dosis dukungan paklobutrazol yaitu 5 – 10 ml dilarutkan ke dalam 10 liter air lalu siramkan di sekitar pangkal batang tumbuhan mangga.

  • Memberikan cultar dan dekamon. Agar pohon mangga cepat berbuah dan menghasilkan buah dengan lebat, ukuran besar dan rasa yang bagus Anda bisa menunjukkan kedua ZPT tersebut. Cultar memiliki khasiat bisa meningkatkan jumlah ranting yang produktif dan merangsang pembentukan bunga. Sedangkan dekamon bisa merangsang pertumbuhan tunas baru, mencegah rontoknya bunga dan buah dan bisa meningkatkan kualitas buah yang dihasilkan.


Pemberian ZPt harus Anda barengi dengan penyiraman dan pemupukan yang teratur. Pemupukan bisa Anda lakukan dengan menunjukkan fosfor dengan takaran tinggi. Dosis ZPT yang Anda berikan dihentikan berlebih alasannya bisa menghambat fungsi dari hormon – hormon tersebut.


Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik akan menghasilkan laba Lakukan 6 Hal Ini Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah
Tabulampot tumbuhan mangga

Waktu dukungan ZPT yang efektif semoga pohon mangga cepat berbuah yaitu dikala tumbuhan telah memasuki masa produktif. Untuk budidaya mangga dalam pot Anda sanggup menunjukkan ZPT setahun sekali yaitu pada dikala 3 – 4 bulan sebelum pembungaan. Tips budidaya mangga dalam pot bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini


sumber gambar: grandqueen, bukalapak, dapurpaktani





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan 6 Hal Ini Semoga Pohon Mangga Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel