iklan

Jenis Limbah Pertanian Ini Sanggup Dijadikan Materi Pakan Ternak

Memanfaatkan sumber pakan yang ada disekitar Anda ialah salah satu solusi yang sanggup digunakan untuk membuat jenis pakan terbaik bagi ternak ruminansia Anda. Sumber pakan tersebut terkadang belum banyak dimanfaatkan, banyak terbuang dan secara hemat belum memiliki nilai yang tinggi. Salah satu sumber pakan tersebut ialah limbah pertanian.


Memanfaatkan sumber pakan yang ada disekitar Anda ialah salah satu solusi yang sanggup dipa Jenis Limbah Pertanian Ini Dapat Dijadikan Bahan Pakan Ternak
Penggemukan sapi dengan pakan ampas tahu-youtube

Pada dasarnya banyak sekali jenis limbah pertanian yang ada di lingkungan Anda memiliki potensi yang cukup besar untuk sanggup digunakan sebagai pakan ternak. Dengan memakai limbah pertanian sebagai materi pakan untuk ternak Anda, maka akan banyak menghemat pengeluaran Anda di sektor pakan. Hal ini dikarenakan limbah pertanian memiliki jumlah yang besar dan melimpah serta gampang untuk didapatkan.


Limbah pertanian memiliki karakteristik yaitu tingginya kandungan serat bernafsu dan rendah akan kandungan nitrogen, fosfor dan kalsium. Hal ini mengakibatkan limbah memiliki daya cerna yang rendah dan konsumsinya menjadi terbatas. Akan tetapi potensial menjadi sumber energi yang besar. Dalam memanfaatkan limbah pertanian sebagai materi pakan ternak ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Adapun hal tersebut ialah sebagai berikut:



  • Jumlah limbah pertanian yang tersedia untuk sanggup dijadikan sebagai sumber pakan ternak.

  • Distribusi materi pakan yaitu jarak antara lokasi produksi limbah dan kawasan melaksanakan budidaya ternak.

  • Infrastruktur yang berafiliasi dengan akomodasi penanganan, akomodasi penyimpanan dan transportasi.

  • Terknologi yang digunakan hendaknya memperhintungkan aspek ekonomi dan keefisiennya.


Berikut ialah materi jenis limbah pertanian yang sanggup Anda gunakan dalam pemanfaatannya sebagai sumber pakan ternak ruminansia ialah sebagai berikut:


Jerami Padi


Jenis jerami ini sudah banyak digunakan sebagai materi pakan ternak ruminansia, yaitu sebesar 30%. Namun hingga kini untuk pengaplikasiannya lebih banyak digunakan untuk keperluan industri dan digunakan sebagai materi dasar pembuat pupuk organik.


Jerami Dari Tanaman Kacang – Kacangan


Jenis jerami kacang – kacangan sudah banyak digunakan dan populer di kalangan peternak ruminansia. Pada tumbuhan kacang – kacangan yang paling banyak digunakan sebagai pakan ternak ialah jerami kedelai, jerami kacang hijau, jerami kacang tanah dan jerami kacang tanah.


Gaplek/Onggok


Jenis olahan limbah pertanian ini juga sudah banyak digunakan sebagai materi pakan ternak ruminansia. Keunggulan dari gaplek ialah olahan limbah ini akan menghasilkan energi yang besar, hampir menyamai tumbuhan jagung. Akan tetapi sumber proteinnya rendah dan kandungan sianidanya terbilang cukup tinggi. Sehingga untuk memberikannya kepada binatang ternak Anda dibutuhkan pengolahan khusus terlebih dahulu.


Jerami Jagung


Jerami jagung sanggup Anda manfaatkan sebagai materi pakan untuk ternak ruminansia Anda. Jerami jagung memiliki kandungan gizi yang terbilang rendah jikalau dibandingkan dengan jerami dari tumbuhan kancang – kacangan. Akan tetapi masih lebih baik dari pada jerami padi. Kandungan gizi jerami jagung ialah protein 5% dan TDN 50%. Selain jerami jagung, ada juga beberapa jenis limbah tumbuhan jagung lainnya yang sanggup Anda manfaatkan untuk mendapat keuntungan. Penasaran? Klik di sini


Ampas Kelapa


Limbah pertanian dari ampas kelapa ialah bungkil kelapa dan daging kelapa yang sering kali banyak dibuang begitu saja. Kandungan dari daging kelapa ialah 18% protein kasar, 12% serat bernafsu dan 8% lemak.


Ampas Tahu


Ampas tahu dihasilkan dari pembuatan tahu. Jenis materi pakan ini sangat gampang untuk didapatkan alasannya ialah masih sedikit yang memanfaatkannya sebagai pakan ternak. Kandugan dari ampas tahu ialah 4% lemak, 1% abu, 18% protein dan 52% air.



Dedak Padi


Untuk jenis limbah dedak padi yang sanggup Anda gunakan sangat bervariasi macamnya. Tergantung dari jenis padi dan mesin penggiling padi yang digunakan.


Pelepah Sawit


Limbah pertanian dari kebun kelapa sawit yang sanggup Anda gunakan sebagai pakan ternak sanggup berupa daun dan pelepah sawit. Untuk melaksanakan pengolahan dari pelepah sawit sanggup Anda lakukan dengan cara fermentasi. Sama ibarat silase. Berikut beberapa limbah sawit lainnya yang sanggup Anda jadikan pakan ternak kambing. Baca di sini


Kulit Kopi


Kulit kopi sebagian besar masih digunakan untuk materi pembuat pupuk organik. Akan tetapi kulit kopi sanggup Anda manfaatkan sebagai materi pembuat pakan untuk ternak ruminansia.


Kulit Kakao


Kulit kakao sanggup Anda manfaatkan sebagai materi pakan untuk ternak ruminansia ibarat  pada domba dan sapi. Namun sebelum Anda berikan kepada binatang ternak, kulit kakao perlu pengolahan khusus terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandungan dari lignin pada kulit kakao sangatlah tinggi. Untuk pengolahan jenis limbah ini sanggup Anda lakukan dengan cara fermentasi.


Memanfaatkan sumber pakan yang ada disekitar Anda ialah salah satu solusi yang sanggup dipa Jenis Limbah Pertanian Ini Dapat Dijadikan Bahan Pakan Ternak
Limbah kulit kakao-BPTP Sulbar

Pada pada dasarnya sumber pakan ternak ruminansia sanggup Anda sediakan dalam bentuk konsentrat hijauan. Satu hal terpenting dalam pembuatan pakan ialah sanggup memenuhi kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, mineral serta vitamin ternak. Walaupun hampir semua materi pakan dari limbah pertanian mengandung serat bernafsu yang tinggi akan tetapi dengan memakai teknologi sederhana maka limbah tersebut sanggup Anda ubah menjadi sumber pakan yang bergizi dan sumber energi bagi ternak ruminansia Anda.


sumber gambar: HKTI


 





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Limbah Pertanian Ini Sanggup Dijadikan Materi Pakan Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel