iklan

Ingin Bisnis Budidaya Ikan Kerapu? Baca Tips Berikut Ini

Budidaya ikan kerapu – Siapa yang tidak mengenal ikan kerapu? Selain rasa dagingnya yang terbilang gurih, kandungan gizi pada ikan kerapu juga sangat tinggi. Hal inilah yang menciptakan ikan kerapu sanggup dijadikan sebuah produk komoditas perikanan yang mempunyai harga jual yang terbilang cukup mahal. Maka tidaklah mengherankan kalau kondisi tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis pemula untuk menyebabkan perjuangan kerapu sebagai perjuangan gres yang sangat menjanjikan laba yang cukup besar setiap bulannya.


 Selain rasa dagingnya yang terbilang gurih Ingin Bisnis Budidaya Ikan Kerapu? Baca Tips Berikut Ini
Tambak budidaya kerapu-isw.co.id

Jika Anda seorang pemula dalam bisnis ini, maka akan kami berikan sedikit pandangan dan langkah – langkah apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis budidaya ikan kerapu ini.


Survey Jenis Ikan Dan Konsumen


Sebelum memulai budidaya ikan kerapu, lakukanlah terlebih dahulu survey jenis ikan kerapu apa yang banyak digemari oleh masyarakat di kawasan Anda. Saat ini jenis ikan kerapu yang banyak dibudidayakan yaitu jenis kerapu lumpur, kerapu macan dan kerapu bebek. Kerapu yaitu jenis ikan konsumsi yang permintaannya dari hari kehari semakin tinggi. Untuk sasaran konsumen, Anda sanggup membidik kalangan dari konsumen rumah tangga, para pelaku perjuangan kuliner, pada pedagang ikan di pasar dan para pengepul serta eksportir yang membutuhkan stok ikan kerapu dalam memenuhi kebutuhan pasar internasionalnya.


Informasi Tentang Bisnis Budidaya Ikan Kerapu


Berikut akan kami jabarkan mengenai beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalankan perjuangan budidaya ikan kerapu. Adapun hal tersebut yaitu sebagai berikut:



  • Untuk memulai budidaya ikan kerapu, pilihlah benih yang baik. Ciri benih kerapu yang berkualitas yaitu mempunyai berat 2 – 3 ons per ekornya, tidak terkena penyakit, sisik ikan berwarna cerah dan ikan tidak cacat.

  • Sebelum benih budidaya ikan kerapu ada tebar, sebaiknya Anda melaksanakan pembiasaan terlebih dahulu pada benih ikan kerapu. Hal ini penting untuk Anda lakukan semoga benih tidak stres dan sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

  • Waktu ideal untuk menebar benih yaitu disaat cuaca sedang sejuk, yaitu di waktu pagi dan sore hari. Pastikan suhu air antara 24 – 30 derajat celcius. Untuk tingkat kepadatan kolam dengan ukuran 1,5 x 3 x 3 meter sanggup diisi kurang lebih 500 benih ikan kerapu. Jangan terlalu padat, lantaran ikan kerapu mempunyai sifat kanibal.

  • Untuk pakan benih pada budidaya ikan kerapu, Anda sanggup memakai pelet. Setelah 3 – 4 hari pasca penebaran maka pelet sanggup Anda kombinasikan dengan kepingan – kepingan ikan atau ikan rucah. Berikan pakan pada waktu pagi dan sore hari.

  • Ikan kerapu sanggup Anda panen menyesuaikan dengan ukuran ikan yang dimintai oleh pasar. Untuk berat ideal panen sekitar 500 – 1.000 gram. Agar ikan tidak stres sebaiknya lakukan proses pemanenan di waktu pagi dan sore hari.

  • Untuk penanganan pasca panen, yang perlu Anda perhatikan yaitu proses distribusi dari tempat budidaya ikan kerapu ke tangan konsumen. Kesegaran ikan kerapu harus benar – benar Anda jaga semoga kualitasnya tidak menurun. Anda sanggup memakai drum plastik selama proses pengangkutan. Isi drum dengan air bahari sebanyak 2/3 dan jumlah kepadatan ikan dalam drum sekitar 50 ekor/drumnya.


Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Kerapu


Ikan kerapu termasuk jenis ikan konsumsi yang dihargai cukup tinggi. Budidaya ikan kerapu terbilang sangat menguntungkan lantaran tingkat pertumbuhannya yang cukup cepat sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun pasar ekspor sanggup terpenuhi. Kelebihan lainnya dari budidaya ini yaitu sifat ikan kerapu yang mempunyai kebiasaan hidup di dalam dasar perairan. Hal ini sangat membantu bagi para pelaku usaha, lantaran kalau terjadi banjir atau air hingga meluap maka ikan tidak akan ikut hanyut terbawa air luapan.


Kekurangan Bisnis Ikan Kerapu


Kendala yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis kerapu yaitu adanya keterbatasan benih. Selama ini kalau para petani kekurangan benih kerapu, maka jalan yang ditempuh yaitu mengandalkan benih hasil dari tangkapan nelayan. Sedangkan benih yang ada di balai pembenihan harganya terbilang cukup mahal dan ukurannya masih terlalu kecil.


Selain faktor diatas, faktor hambatan lainnya yang sering menghantui para petani ikan yaitu kegagalan panen. Kegagalan ini sanggup disebabkan beraneka macam faktor antara lain yaitu serangan hama dan penyakit, musibah dan bahaya pencurian ikan yang marak terjadi di tambak – tambak budidaya ikan kerapu.


Kunci Sukses Dan Strategi Usaha Budidaya Kerapu


Pemilihan lokasi sangatlah memegang peranan penting sebagai kunci sukses bisnis budidaya ikan kerapu Anda. Selain itu, menjaga kualitas air juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Pastikan air budidaya ikan kerapu tidak terkontaminasi materi – materi kimia. Perhatikan juga serangan hama dan penyakit ikan, kalau terdapat serangan maka segera pisahkan ikan sehat dan sakit serta lakukan pengobatan sesuai dengan yang dianjurkan. Jika sarana dan prasarana penunjang dalam proses budidaya kerapu terjaga dengan baik maka hasil panen yang akan Anda peroleh juga akan berkualitas baik.


Dalam melaksanakan pemasaran ikan kerapu biasanya dilakukan dalam keadaan ikan masih hidup. Ikan yang masih hidup harga dipasarannya sanggup mencapi dua kali lipat dari ikan kerapu yang dijual dalam keadaan telah mati. Untuk seni administrasi pemasaran budidaya ikan kerapu, Anda sanggup memasarkannya pribadi ke pedagang – pedagang ikan segar yang ada di pasar tradisional. Selain itu Anda juga sanggup mengatakan panen kerapu Anda ke banyak sekali macam restoran atau rumah makan yang menyediakan hidangan – hidangan seafood sebagai masakan andalannya.


 Selain rasa dagingnya yang terbilang gurih Ingin Bisnis Budidaya Ikan Kerapu? Baca Tips Berikut Ini
Panen ikan kerapu-trobos

Sedangkan untuk pasar ekspor, Anda sanggup mengatakan kepada biro atau pengepul yang nantinya akan melanjutkan distribusi ikan kerapu Anda ke pasar mancanegara. Selain ikan kerapu, berikut jenis ikan air bahari yang sanggup Anda jadikan bisnis. Klik di sini


sumber gambar: kicknewstoday





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ingin Bisnis Budidaya Ikan Kerapu? Baca Tips Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel