iklan

Hal-Hal Yang Perlu Kau Tahu Perihal Kredit Usaha

Mengenal Kredit Usaha

Kredit Usaha ialah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari bank untuk mendukung tujuan usaha, dengan menurut persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta pembayaran bunga dan biaya lainnya.

Kredit Usaha ialah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari  Hal-Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kredit Usaha

Solusi Keuangan Yang Ditawarkan Kredit Usaha

Pinjaman diberikan untuk mendukung keperluan perjuangan Nasabah (Peminjam) yang mencakup:

Kebutuhan Modal Kerja, yakni untuk menutupi kebutuhan pembelian persediaan ataupun membiayai piutang dagang. Umumnya jangka waktu pinjaman antara 1-3 tahun dan bank bisa menawarkan kesempatan kepada Nasabah untuk memperpanjang kemudahan kreditnya apabila telah jatuh tempo. Pembayaran kredit sanggup dilakukan secara mencicil atau sekaligus lunas.

Kebutuhan Investasi, yakni untuk mendukung kebutuhan dana pembiayaan investasi jangka panjang menyerupai pembelian kios, ruko, mesin, pembangunan pabrik atau pembelian kendaraan dan lain-lain. Jangka waktu kredit investasi pada umumnya cukup panjang dan biasanya lebih dari 3 tahun. Umumnya pelunasan kredit investasi dilakukan dengan mencicil pokok bunga secara bulanan.

Syarat Mengajukan Kredit Usaha

Nasabah wajib memenuhi beberapa persyaratan dalam mengajukan kredit, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia atau Badan Usaha yang berkedudukan di Indonesia.
  2. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan menyerupai SIUP, TDP, NPWP dan izin-izin lainnya. Jenis perjuangan tidak bertentangan dengan aturan dan tidak bersifat spekulatif.
  3. Menyerahkan agunan apabila disyaratkan bank.
  4. Memenuhi evaluasi kelayakan dari Bank.

Agunan Kredit

Pada prinsipnya agunan kredit ialah kelayakan perjuangan berupa arus uang perjuangan Peminjam, namun ada kalanya bank membutuhkan agunan embel-embel berupa aset untuk lebih meningkatkan keyakinan bank.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Kredit Usaha

Beberapa hal yang perlu menerima perhatian dalam mengajukan kredit perjuangan dengan bank ialah sebagai berikut :

  1. Tanyakan kepada petugas bank mengenai kewajiban pokok, bunga, biaya-biaya yang dikenakan sebelum mengajukan permohonan kredit.
  2. Perhitungkan kemampuan perjuangan Anda dalam membayar cicilan pokok / bunga kredit yang wajib dibayar setiap bulannya.
  3. Gunakan kemudahan kredit yang diterima sesuai dengan tujuan, yakni membiayai perjuangan Anda. Penyalahgunaan dana kredit sanggup membahayakan kelangsungan perjuangan Anda. Sikap terbuka terhadap bank dengan memberi warta yang terang mengenai perjuangan Anda akan sangat membantu bank untuk evaluasi kelayakan donasi kredit.
  4. Pastikan Anda memahami perjanjian kredit yang akan ditandatangani. Pemberian kredit dari bank merupakan ukuran kepercayaan.
  5. Jagalah reputasi Anda dengan memenuhi kewajiban pembayaran secara sempurna waktu dan jumlah sesuai dengan perjanjian kredit, untuk menghindari nama Anda tercantum dalam Daftar Kredit Macet.

Originally posted 2017-03-14 08:49:24.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hal-Hal Yang Perlu Kau Tahu Perihal Kredit Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel