iklan

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Common Rail

Banyak cara untuk meningkatkan tenaga mesin kendaraan beroda empat diesel dari cara yang paling sederhana hingga cara yang tergolong mahal. Mesin diesel tampaknya sudah menjadi primadona gres untuk dibedah lebih dalam, alasannya yaitu masih banyak potensi yang sanggup digali dari mesin tanpa busi ini. Tidak heran semakin banyak orang yang tergolong dalam " Diesel Freak" alias penggila mesin diesel yang terus meningkatkan kinerja mobil.

Karena prinsip kerja utama mesin diesel (Toyota Innova, Fortuner, dan Hilux) yaitu meledakan materi bakar tanpa perlu ledakan api, maka fokus pengupgrade-an ditujukan pada suplai udara maupun materi bakar, contohnya dengan memperlancar pasokan udara dengan menggunakan saringan udara tipe high flow atau mengutak-atik turbo semoga tekanannya bertambah.

Selain itu, banyak juga memodifikasi mesin diesel dengan meng-upgradenya dengan bermamin pada software common rail. Kilikan elektronik ini cukup efektif mengatur pasokan materi bakar pada waktu dan jumlah yang lebih pas, sesuai dengan keinginan. Penambahan Water Methanol Injection seringkali menjadi pilihan, alasannya yaitu hal ini paling gampang dan instan didalam menambah tenaga. Namun kalu ingin perubahan total sanggup menyentuh hampir semua sektor menyerupai mengganti rumah keong semoga tekanan turbo menggila dan meng-upgrade dengan menambahkan ECU after market

Cara meningkatkan tenaga mesin diesel :

1. Mengganjal Wastegate



Fungsi dari wastegate yaitu semoga boost pressure stabil dengan cara mengalihkan exhaust gases dari turbine dan sejak exhaust gases dialihkan dari turbine mengakibatkan putaran kompressor menurun. Wategate dikontrol oleh wastegate actuator dan umumya  terletak melekat dirumah kompressor. Apabila blowoff turbo posisinya sebelum tekanan udara masuk (in) ke throttle body, maka wastegate posisinya dibagian pembuangan (out)

Posisi wastegate yang lebih mundur sekitar 2-3 mm menjadikan imbas gerbang lebih berat untuk membuka ketika boost berlangsung. Otomatis sisa boost yang seharusnya sudah terbuang masih ikut tersedot ke ruang bakar. Akan terasa sekali akselerasi di gigi awal lebih padat alasannya yaitu turbocharger tetap konstan ngeboost pada putaran mesin yang lebih lama.

2. Piggyback atau Stand alone ECU



Sudah banyak Piggyback yang beredar dipasaran, mualai dari yang plug dan play hingga yang programmable alias harus menggunakan settingan manual sehingga mencapai hasil maksimal atau hasil yang diinginkan.

Adaun laba menggunakan Piggyback yang plug and play (salah satunya brand "Power Plug") yaitu instalasi yang gampang sehingga tidak merusak garansi mesin dari pabrikan mobil. Sedangkan keunggulan piggyback programmable sanggup diadaptasi dengan settingan mesin, kita sanggup mengatur injection pulse (daya semprot injector) dan fuel pressure (tekanan solar)

Piggyback yang dipasang masih bergandengan dengan ECU standar mobil, sedangkan pada stand alone ECU khusus untuk mengatur mesin sedangkan ECU standar hanya digunakan untuk mengatur komponen lainnya menyerupai AC, elektrik mobil. Dengan menggunakan ECU stand alone, beberapa variable sanggup dimaksimalkan menyerupai menaikank redline yang tidak sanggup diatur oleh piggyback.

3. Turbo Kit



Mentok dengan peforma mesin standar ? Kita sanggup mengakali dengan meng-upgrade rumah keong (turbo). Paket turbo yang ditawarkan pun bermacam-macam dan sudah beberapa macam dipasaran, tetapi untuk meng-upgrade turbo, diharapkan biaya yang tidak sanggup dipandang sebelah mata, sekitar 20-25 juta rupiah, alasannya yaitu komponen yang diganti mencakup Turbo, Adaptor, Pipa dan beberapa spare part lainnya.

Untuk Turbo kit sendiri mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap mobil, alasannya yaitu konstruksi setiap kendaraan beroda empat berbeda-beda dan untuk mendapat hasil yang maksimal harus dipadukan dengan piggyback ataupun Stand Alone ECU

4. High Flow Air Filter



Prinsip kerja mesin turbo diesel yaitu memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tidak heran apabila sistem penyaring udara alias air filter harus manis dan selalu dalam keadaan bersih. Gunakan air filter yang sanggup memasok debit udara dalam jumlah besar atau sering disebut high flow air filter atau biasa disebut open air filter.

Dipasaran sudah tersedia bermacam-macam brand dan jenis sesuai kebutuhan, mulai dari yang berbentuk original pabrik hingga model pot air filter (kerucut), brand ternama menyerupai K&N, JFC, SIMOTA, dan HURRICANE sudah mensupport tipe open air filter untuk mesin diesel. Selain memasok udara dalam jumlah banyak, open air filter sanggup dicuci jikalau sudah kotor

5. Downpipe Free Flow



Mesin turbo diesel zaman kini didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh alasannya yaitu itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Conventer persisi pada jalan masuk gas buang di turbocharger (Downpipe). Padahal catalytic conventer, khususnya yang sudah kotor, sangat memnghambat performa. Karena sisa gas buang yang keluar tersebut ikut terhambat.

Cara gampang mengantipasinya, mengganti Catalytic Conventer dengan downpipe model polos alias free flow. Sisa gas buang sanggup diplong hingga ke ujung knalpot tanpa terhambat sama sekali. Pemasangan downpipe free flow sendiri tergolong gampang dan tanpa melaksanakan perubahan sama sekali terhadap spesifikasi mobil.

6. Water Methanol Injection



Cara yang lebih advance mempertahankan peak power mesin turbo diesel yaitu dengan cara menyemprotkan kabut methanol dan H20 (air) ke ruang bakar. Prinsipnya yaitu meredam suhu tinggi yang terjadi disekitar intake manifold hingga ruang bakar semoga performa maksimal tidak drop.

Bermodal tabung berisi adonan methanol dan air, pompa bertekanan tinggi dan nozzle khusus yang dibenamkan ke belalai intake. Dan dari pengalaman menggunakan peralatan ini didrag race, suhu tinggi mesin akhir proses detonasi sanggup diturunkan hingga 25%



Sumber : http://www.blogtoyota.com/

Semoga bermanfaat dan Salam otomotif




Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Common Rail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel