iklan

Cara Menanam Kemangi Itu Gampang Loh – Baca Di Sini

Cara menanam kemangi – Kemangi atau daun kemangi ialah salah satu jenis sayuran yang biasanya dipakai sebagai pemanis dalam beberapa jenis sajian masakan nusantara. Misalnya saja pada jenis masakan ayam bakar, sayur sop dan aneka ragam jenis masakan enak lainnya. Daun kemangi mempunyai aroma yang sangat khas dan aroma tersebut diyakini sanggup menambah cita rasa pada makanan.


Selain itu, daun kemangi juga ternyata mempunyai beraneka macam manfaat bagi tubuh. Selain kemangi, berikut 7 tumbuhan obat lainnya yang ampuh menjaga kesehatan. Baca di sini. Banyaknya laba tersebut menimbulkan tumbuhan kemangi banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Baik itu untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk skala bisnis.


Tanaman kemangi ialah tumbuhan terna yang daunnya sanggup Anda makan sebagai lalapan. Ciri tumbuhan ini ialah bentuk daunnya yang khas dan aromanya berpengaruh dan lembut dengan sentuhan aroma limau. Di Thailand kemangi dikenal dengan nama mangklak dan juga sering dipakai sebagai pelengkan masakan di negara tersebut.


Untuk Anda yang ingin mencoba menanam kemangi sendiri, berikut tips sederhana dari kami bagaimana cara menanam kemangi yang baik dan benar. Berikut tipsnya:


Memilih Benih Yang Baik


Agar Anda sanggup memperoleh hasil yang maksimal dari budidaya kemangi yang diusahakan, maka hendaknya Anda menentukan benih yang baik untuk langkah awalnya. Cara menanam kemangi yang baik memang membutuhkan bibit yang berkualitas unggul. Pilihlah benih kemangi dari tumbuhan yang unggul atau kalau Anda resah maka sanggup memakai benih yang banyak dijual pada toko – toko pertanian.


Biji – biji kemangi sanggup Anda peroleh dari tumbuhan yang telah bau tanah dan diperoleh dari bunga kemangi yang telah matang dari pohonnya. Biji kemangi yang telah siap untuk dipakai mempunyai ciri yaitu warnanya hitam, kering dan benih berasal dari tumbuhan yang tua.


 Kemangi atau daun kemangi ialah salah satu jenis sayuran yang biasanya dipakai sebagai Cara Menanam Kemangi Itu Praktis Loh – Baca Di sini
Benih tumbuhan kemangi-cara menanam kemangi-dkwekblog

Mempersiapkan Lahan Yang Akan Digunakan


Cara menanam kemangi selanjutnya yang harus Anda persiapkan ialah mempersiapkan lahan. Agar benih kemangi sanggup tumbuh dengan baik maka Anda diharuskan mempersiapkan lahan yang baik juga untuk menanam kemangi. Adapun syarat – syarat lahan yang baik untuk menanam kemangi ialah tanahnya subur dan gembur.


Setelah Anda menentukan lahan yang akan dipakai dalam cara menanam kemangi, maka selanjutnya ialah Anda sanggup menambahkan pupuk sangkar pada lahan tersebut. Jika tanah yang dipakai lengket maka Anda sanggup menambahkan sedikit pasir. Pastikan juga lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya kemangi akrab dengan sumber air, sehingga ke depannya Anda tidak akan kesulitan kalau akan melaksanakan penyiraman untuk perawatan tumbuhan kemangi Anda.


Proses Menanam Tanaman Kemangi


Proses cara menanam tumbuhan kemangi pada cara menanam kemangi sangatlah mudah. Anda sanggup melakukannya dengan cara menabur benih – benih kemangi pada lahan tanam budidaya Anda. Setelah proses penaburan biji benih kemangi selesai, maka taburkanlah tanah tipis – tipis di atas benih. Tunggulah beberapa hari sampai benih tumbuh.


Jika dalam beberapa hari Anda menjumpai ada tumbuhan yang jaraknya saling berdekatan atau jaraknya terlalu rapat maka Anda sanggup segera memindahkan beberapa tumbuhan biar jarak tanam yang dihasilkan seragam dan tumbuhnya sanggup berjalan secara optimal.


Perawatan Tanaman Kemangi


Perawatan tumbuhan sangat dibutuhkan dalam cara menanam kemangi yang baik dan benar. Perawatan yang benar akan menghasilkan tumbuhan yang tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun kemangi yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan disaat panen nanti.


Proses perawatan tumbuhan kemangi yang sanggup Anda lakukan mencakup antara lain mengecek tumbuhan – tumbuhan kemangi muda apakah sanggup tumbuh dengan baik atau tidak. Jika ada tumbuhan yang mati sanggup segera Anda ganti. Sehingga nantinya proses pertumbuhannya akan seragam. Jika Anda merasa pertumbuhan tumbuhan muda kurang maksimal maka sanggup segera menambahkan pupuk sangkar pada lahan yang digunakan.


Lakukan penyiangan pada rumput – rumput atau tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tumbuhan kemangi Anda. Penyiangan pada cara menanam kemangi ini sanggup Anda lakukan dengan mencabut eksklusif tumbuhan – tumbuhan pengganggu tersebut. Jika Anda tidak melaksanakan penyiangan maka ditakutkan tumbuhan kemangi Anda akan bersaing dalam memperebutkan unsur hara pada tanah dan tumbuhan sanggup tumbuh dengan tidak optimal.


Lakukan juga pemangkasan pada bunga – bunga kemangi yang tumbuh pada tumbuhan kemangi. Dengan melaksanakan pemangkasan setiap seminggu sekali maka dibutuhkan pertumbuhan pucuk kemangi sanggup tumbuh dengan maksimal.


Panen Pada Tanaman Kemangi.


Langkah terakhir dalam cara menanam kemangi yang baik dan benar ialah proses pemanenan. Tanaman kemangi sudah sanggup Anda nikmati kesannya sehabis tumbuhan berumur kurang lebih 30 hari. Cara memanen kemangi ini sangatlah mudah. Anda cukup memetiknya atau memotong daun kemangi dengan memakai alat potong yang tajam. Di sini Anda sanggup memakai pisau atau cutter.


 Kemangi atau daun kemangi ialah salah satu jenis sayuran yang biasanya dipakai sebagai Cara Menanam Kemangi Itu Praktis Loh – Baca Di sini
Panen kemangi pada lahan-gobekasi

Demikian tips sederhana cara menanam kemangi dari kami. Cara diatas tergolong sangatlah mudah. Jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas, maka Anda sanggup memakai pot atau polybag sebagai media tanamnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


sumber gambar: viralkan





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Kemangi Itu Gampang Loh – Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel