iklan

Begini Cara Menanam Pohon Jeruk Limau Semoga Buahnya Lebat

Pohon jeruk limau – Jeruk limau merupakan salah satu dari jenis varietas jeruk yang memiliki ciri khas khusus yaitu aromanya yang wangi. Jeruk limau ini sering sekali dipakai sebagai materi bumbu embel-embel pada suatu olahan kuliner. Olahan masakan yang sering memakai jeruk limau sanggup Anda jumpai pada masakan menyerupai siomay, soto dan sambal. Jeruk limau seringkali juga disebut sebagai jeruk sambal lantaran memang banyak dipakai sebagai embel-embel dalam menciptakan sambal yang lezat.


Jenis jeruk limau ini hampir serupa dengan jeruk purut, akan tetapi bentuknya lebih kecil dengan ukuran diameter sekitar kurang lebih 2 – 3 cm. Sangatlah gampang untuk menanam pohon jeruk limau. Jika Anda ingin menanam pohon jeruk limau di pekarangan maka ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Dengan memperhatikan langkah – langkah tersebut maka Anda akan mendapat pohon jeruk limau dengan buah yang lebat. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut:


Memilih Bibit Limau Terbaik


Dalam melaksanakan pembibitan tumbuhan jeruk limau, Anda sanggup melakukannya dengan cara vegetatif yaitu penyambungan tunas pucuk atau sanggup juga dengan cara generatif yaitu dengan memakai biji buah pohon jeruk limau. Untuk memudahkan Anda, maka untuk mendapat bibit jeruk limau sanggup Anda dapatkan di toko – toko penjual bibit tanaman. Pilihlah bibit yang sehat, terbebas dari serangan hama penyakit, tumbuh subur dan memiliki diameter batang sekitar 2 – 3 cm. Selain itu pastikan permukaan batang halus, memiliki akar serabut banyak, akar tunggangnya berukuran sedang dan memiliki sertifikasi bibit yang jelas.


 Jeruk limau merupakan salah satu dari jenis varietas jeruk yang memiliki ciri khas khusu Begini Cara Menanam Pohon Jeruk Limau Agar Buahnya Lebat
Bibit tumbuhan jeruk limau-bukalapak

Menentukan Lokasi Tanam


Pohon jeruk limau akan tumbuh dengan maksimal pada tempat dataran rendah hingga dataran tinggi. Sebelum menanam bibit pohon jeruk limau, pastikan lokasi tanam yang Anda siapkan telah higienis dari tumbuhan gulma atau tumbuhan pengganggu. Lokasi tanam juga harus mendapat sinar matahari secara eksklusif dan lokasi tanam tanahnya kaya akan materi organik.


Mempersiapkan Lubang Tanam


Jika Anda telah mempersiapkan lahan untuk menanam bibit pohon jeruk limau maka langkah selanjutnya ialah menciptakan lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 50 x 50 x 50 cm. Setelah itu biarkan lubang tanam terkena sinar matahari penuh selama kurang lebih 2 – 3 hari. Hal ini bertujuan biar kuman yang ada pada lubang tanam akan mati. Untuk materi epilog lubang tanam, Anda sanggup memakai gabungan tanah dengan pupuk kandang/pupuk kompos dan juga sekam.


Menanam Bibit Pohon Jeruk Limau


Cara menanam bibit jeruk limau sangatlah mudah. Letakkan pangkal bibit di dalam lubang taman. Jika Anda membeli bibit dari toko pertanian maka biasanya bibit telah tertanam dengan baik di dalam polybag. Oleh lantaran itu sebelum di pindahkah ke lahan maka robeklah terlebih dahulu polybag tersebut dengan hati – hati. Jangan hingga media tanam menjadi rusak dan akarnya terputus. Setelah itu letakkan bibit pohon jeruk limau pada lubang tanam dengan posisi bibit tegak lurus dan usahakan untuk tidak miring.


Kemudian tutuplah lubang tanam dengan memakai media yang telah Anda siapkan tadi. Yaitu gabungan tanah dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos serta sekam. Tutuplah lubang tanam lalu padatkan sedikit biar bibit tidak gampang jatuh atau roboh. Lalu lakukan penyiraman biar media tanam meresap hingga benar – benar padat.


Merawat Tanaman Jeruk Limau


Memasang ajir


Tanaman jeruk limau sanggup tumbuh dengan baik kalau Anda berikan penyangga atau ajir. Ajir sanggup membantu tumbuhan jeruk limau dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ajir berfungsi untuk menopang bibit jeruk limau biar tidak gampang roboh akhir dari gangguan angin dan gangguan lainnya. Ajir yang Anda buat sanggup memakai bambu yang telah dibelah menjadi beberapa ukuran yang diubahsuaikan dengan bibit pohon jeruk limau.


Melakukan pemupukan secara teratur


Bibit pohon jeruk limau membutuhkan asupan nutrisi secara terpola dan berkelangsungan untuk pertumbuhannya. Hal ini sanggup Anda lakukan dengan cara melaksanakan pemupukan secara teratur. Tanaman yang nutrisinya tercukupi dengan baik maka pertumbuhannya akan lebih subur, cepat berbuah dan tidak gampang terjangkit penyakit. Lakukan pemupukan secara rutin setidaknya setiap 1 bulan sekali.


Melakukan penyiangan, penyiraman dan pemangkasan


Penyiangan gulma perlu Anda lakukan untuk menyingkirkan tumbuhan pengganggu di sekitar tumbuhan jeruk limau biar pertumbuhannya tetap maksimal. Selain itu penyiraman juga perlu rutin dilakukan sebanyak 1 – 2 kali tergantung dari kondisi kelembaban tanahnya. Jika ada cabang yang tidak perlu dan kering maka Anda perlu lakukan pemangkasan.


Merangsang pertumbuhan bunga / buah


Agar pohon jeruk limau Anda cepat dalam menghasilkan buah dengan kualitas terbaik maka perlu diberikan pengaplikasian hormon perangsang buah. Pemberian hormon perangsang buah pada tumbuhan jeruk limau sanggup menciptakan tumbuhan lebih cepat dalam menghasilkan buah. Pengaplikasian hormon perangsang buah juga sanggup menciptakan tumbuhan menghasilkan buah dengan jumlah yang lebih lebat. Untuk memakai hormon ini Anda sanggup menyemprotkan ke tumbuhan jeruk limau sebanyak 1 bulan sekali.


 Jeruk limau merupakan salah satu dari jenis varietas jeruk yang memiliki ciri khas khusu Begini Cara Menanam Pohon Jeruk Limau Agar Buahnya Lebat
Panen jeruk limau-tastylandscape

Demikian tips menanam jeruk limau sederhana untuk Anda. Selamat mencoba. Selain jeruk limau Anda juga sanggup mengakibatkan jeruk nipis sebagai tambahan pendapatan Anda. Bagaimana cara menanam dan tips bisnis jeruk nipis? Baca di sini.


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Menanam Pohon Jeruk Limau Semoga Buahnya Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel