iklan

Begini Cara Melaporkan Konten Hoax Dan Sara

Begini Cara Melaporkan Konten HOAX dan SARA Begini Cara Melaporkan Konten HOAX dan SARA

Begini Cara Melaporkan Konten HOAX dan SARA


Begini Cara Melaporkan Konten HOAX 
dan SARA - Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat dengan gampang mendapat mengakses internet untuk memperoleh banyak sekali macam informasi, diantaranya melalui sosial media menyerupai facebook, instagram, whatsapp, twitter, line messenger dan sosial media lainnya.

Dengan adanya akomodasi untuk mengakses internet tersebut tidak sepenuhnya dipakai faktual oleh masyarakat. Ada sebagian masyarakat yang dengan sengaja memakai sosial media tersebut untuk melaksanakan aktivitas negatif diantaranya yaitu dengan menyebar isu hoax (kebohongan) dan Sara dengan tujuan semoga para pembaca isu mempercayai isu tersebut.

Penyebaran isu hoax dan sara sanggup dilakukan secara individu ataupun teroganisir untuk tujuan tertentu. Penyebaran hoax dan sara paling cepat dilakukan melalui internet alasannya yakni isu akan muncul dengan cepat tanpa melalui mekanisme apapun menyerupai yang ada di media elektronik. Penyebaran hoax ini sanggup diakses dengan gampang dan cepat oleh pengguna internet. Hoax sanggup berupa tulisan, gambar dan video.

Tulisan, gambar dan video sangat mungkin untuk diedit dan dimanipulasi sehingga menjadi isu yang tidak sesuai dengan aslinya sehingga mengakibatkan kebohongan publik yang membahayakan. Konten hoax yang disebarkan ini sanggup berbentuk ujaran kebencian, ancaman, sara, radikalisme dan kebohongan publik lainnya yang tidak benar dan mengancam kelangsungan hidup dan negara.

Sebagian pengguna internet ini lebih banyak didominasi yakni pelajar atau remaja. yang notabene  masih mempunyai semangat untuk mengekspresikan diri dengan banyak sekali gaya hidup. Mereka terkadang lebih mengedepankan emosi dalam mengambil sebuah keputusan tanpa analisis yang masuk akal. Penyebaran hoax dan sara ini sangat berbahaya jikalau tidak diimbangi dengan peningkatan kesadaran diri masyarakat dalam membaca informasi.

Untuk meminimalisir penyebaran konten hoax dan sara pemerintah terus mensosialisasikan pencegahan hoax dan sara melalui UU ITE. Untuk melawan hoax diharapkan juga tugas aktif dari banyak sekali lapisan masyarakat, sehingga hoax sanggup diatasi dengan cepat dan efektif.

Nah bagaimana caranya melaporkan konten-konten negatif tersebut?

1. Ambil tangkapan layar konten tersebut / screnshot dan juga screnshot informasi akun penyebar hoax atau link url akun penyebar hoax.

2. Buka website pengaduan konten di aduankonten.id

3. Kamu juga sanggup mengirimkan bukti konten negatif tersebut melalui email aduakonten@mail.kominfo.go.id.

Kerahasian pelapor dijamin dan aduan konten sanggup dilihat dilaman website trustpositif.kominfo.go.id

Jika kau berperan aktif melawan hoax dan sara, berarti kau juga sudah ikut serta mengakibatkan indonesia lebih baik dengan melaporkan penyebaran hoax dan sara.
Sumber http://jagoantech.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Melaporkan Konten Hoax Dan Sara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel