iklan

Apa Itu Akuntansi



HALO sahabat Blogo-bloging kali ini  saya akan membahas sedikit cara menciptakan jurnal AKUNTANSI yang baik dan benar
Nah jurnal dibentuk untuk mencatat secara rinci semua jumlah transaksi, nama nama transaksi serta waktu dan tangal  transaksi tersebut  berjalan sebagai pendataan.

saya akan membahas sedikit cara menciptakan jurnal AKUNTANSI yang baik dan benar  Apa itu akuntansi
Apa itu akuntansi?AKUNTANSI ialah mekanisme atau proses pengolahan data yang terdiri dari urutan bukti-bukti transaksi sehingga sanggup menghasilkan informasi laporan keuangan

Nah ini ialah cara Membuat Jurnal Akuntansi yang baik dan Benar
 

 Menguasai Konsep Dasar Laporan Keuangan


Dalam laporan keuangan, terdapat dua elemen pokok yang perlu sahabat ketahui, yakni neraca dan laporan laba-rugi. Apa itu neraca dan laporan keuntungan rugi? Neraca ialah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. mencakup aktiva, utang, dan modal. Jika disusun dalam bentuk persamaan, maka bentuknya ibarat ini aktiva = utang + modal. Dalam hal ini, aktiva mengarah  pada investasi dalam perusahaan, sedangkan utang dan modal ialah sumber-sumber yang dipakai untuk investasi tersebut.
Nah Sementara itu, laporan keuntungan rugi menunjukkan pendapatan dan biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu terdapat dua pokok yang menyusunnya , antara lain ialah pendapatan dan pengeluaran.

Menguasai ddan Memahami Dalam Pencatatan Jurnal



Bila sahabat sudah memahami konsep dasar dari pencatatan jurnal maka sahabat akan lebih gampang menguasai dan memahami mekanisme pencatatan jurnal lanjut. Konsep kedua yang tak kalah pentingnnya ialah mekanisme untuk menganalisa sebuah transaksi yang dikategorikan di sisi kredit atau debet.
 
saya akan membahas sedikit cara menciptakan jurnal AKUNTANSI yang baik dan benar  Apa itu akuntansi

Neraca


Jika nilai aktiva bertambah maka pencatatan jurnal berada di sisi debit  jika nilai aktiva berkurang, maka pencatatan berada di sisi kredit

Pada elemen utang apabila nilainya bertambah, maka isilah di sisi kredit. Sebaliknya Jika nilai berkurang, maka sahabat harus mengisinya di sisi debit.
Sedangkan pada elemen modal, jikalau nilai modal bertambah, maka tempatkan di sisi kredit. Sebaliknya, apabila nilai modal berkurang, maka catatlah di sisi debit.  

Laporan Laba-Rugi


Sedangkan untuk laporan keuntungan rugi yang mempunyai elemen pokok pendapatan dan biaya, maka penggambaran datanya ibarat di bwah ini :

Jika nilai biaya bertambah, maka catatan tersebut berada di sisi debit, sedangkan jikalau nilai biaya berkurang, maka catat di sisi kredit. Akantetapi Pada elemen pendapatan, bila nilainya terhitung berkurang, maka sahabat catat di sisi debit dan jikalau nilainya bertambah, maka catat di sisi kredit.

Tapi yang paling penting sebelum menciptakan jurnal akuntansi, anda harus pahami konsep dasar laporan keuangan itu sendiri
Untuk memudahkan Anda dalam menciptakan jurnalterdapat tiga hal lagi yang harus dilakukan :

apabila terdapat sebuah gambaran transaksi contohnya: “Bukti transaksi sudah ada di tangan Anda, berupa surat santunan dari bank. atau Perusahaan meminjam uang sebesar Rp. 250.000.000 dari bank. Bagaiman cara menjurnal dari transaksi ini?

Dalam kausus ini hal yang harus sahabat lakukan ialah :
Identifikasi Transaksi  Akun
Jika Pinjaman dari bank, ini  termasuk utang, maka akun dalam transaksi ini ialah akun (utang) Uang yang diterima dari bank lalu dimasukkan ke dalam kas, maka akun lainnya yang terlibat juga termasuk akun (Kas) . Sehingga  akun yang terlibat dalam transaksi ini ialah akun “Utang dan Kas”
saya akan membahas sedikit cara menciptakan jurnal AKUNTANSI yang baik dan benar  Apa itu akuntansi

Identifikasi Prosedur Debit - Kredit Pada Transaksi


Pada setiap akun yang terlibat, apakah nilainya akan bertambah atau berkurang dari transaksi yang akan sahabat catat dalam jurnal ? jikalau Akun (utang) bertambah pada sisi lainnya maka akun (kas) juga ikut bertambah.
Hitung Nominal Transaksi tersebut

Untuk masing-masing akun senilai Rp. 250.000.000, maka Anda menuliskannya pada jurnal ibarat ini:
[Debit]. Kas= Rp. 250.000.000,-
[Kredit]. Utang = Rp. 250.000.000,-

Cukup mudah, bukan? Itulah beberapa cara menciptakan jurnal akuntasi yang sanggup Anda terapkan

Sumber http://wakmarbgb.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel