Cara Membersihkan Carbon Di Ruang Bakar Dan Injektor
Teknologi yang dipakai pada kendaraan ketika ini telah menganut sistem injeksi, selain lebih irit, teknologi ini juga ramah lingkungan. Sistem injeksi intinya menyuplai materi bakar ke dalam ruang bakar tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pompa materi bakar (Fuel Pump). Motor injeksi memiliki lubang inti yang bertugas sebagai penyuplai materi bakar, biasanya kita mengenalnya dengan sebutan nozzle/injektor.
1. Sistem mencampurkan cairan injektor cleaner ke tangki materi bakar
Fuel Injector Cleaner merupakan cairan yang berfungsi untuk mengikis deposit kerak yang ada dalam ruang bakar dan kotoran yang ada di injektor. Perlu digaris bawahi Fuel injektor cleaner berbeda dengan octane booster (aditif untuk menaikan nilai oktan materi bakar). Penggunaan mudah aja, tinggal tuangkan cairan Fuel Injektor Cleaner kedalam tangki bensin. satu botol sanggup untuk mencampur 40 liter bensin, jadi kalo buat motor katakanlah 10 liter bensin, tinggal tuangkan seperempatnya.
2. Membersihkan injektor dan ruang bakar dengan mengganti materi bakar dengan cairan injektor cleaner
Cleaner ini merupakan cairan pembersih yang kondusif terhadap fungsi-fungsi elektrikal dari sensor-sensor, kita tahu disistem injeksi ada berbagai sensor yang terpasang di mesin. Lagi pula larutan kimianya pun kondusif terhadap karet-karet klem sambungan.
Cara kerjanya :
lepas konektor pipa jalan masuk bensin yang terpasang di injektor dan melepas konektor power fuel pump untuk mematikan fuel pump dimotor, jikalau dimobil lepas sambungan selang di reel injektor, lepas sekering pompa di fuse box untuk mematikan pompa bensin.
Perhatian : Jika konektor / sekering powernya tidak dilepas, nanti bensin akan menyemprot dari pipa dan tentu sangat perbahaya
Tutup keran jalan masuk tabung injektor cleaner, ini akan menghentikan anutan cairan kemudian atur tekanan yang akan keluar dari tabung injektor cleaner memakai sebuah regulator yang akan menyamai semprotan materi bakar dari fuel tank. Setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di Rpm langsam alias Idle, dari sini kita akan lihat akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang. tekanan akumulasi ini membuktikan tabung cleaner injektor sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injektor. Mesin akan mati secara otomatis ketika cairan pembersih injektor habis. kurang lebih selama 10 menit
3. Membersihkan injektor dengan fittec "Coil dan Injektor Tester"
Cara kerja :
Lepas injektor di mesin, hubungkan kabel injektor tester dan hubungkan selang dari kaleng cairan injektro cleaner ke injektor kemudian nyalakan saklar di alat injektor tester, maka injektor akan hidup dan menyemprotkan cairan cleaner dan akan membersihkan kotoran yang ada didalam injektor. kotoran akan terlihat terang
4. Mencuci injektor dengan ultrasonik dan injektor cleaner tabung
Cara kerja :
Lepaskan injektor di mesin, kemudian basuh injektor dengan cairan injektor cleaner, atau jikalau emang kepepet gak ada cairan injektor, sanggup juga merendamnya dengan thinner dengan gambar alat sebelah kanan, sekitar kurang lebih 15 menit supaya kotoran diinjektor rontok semua, jikalau sudah bersihkan injektor dengan injektor cleaner di sebelah kiri, dan perhatikan semprotan materi bakar ketika dibersihkan dengan alat tersebut.
Sumber artikel dan gambar : dari beberapa blog dan website di internet,
Perhatian : Like dokter otomotif ya ...!!! makasih dah mampir ke blog ane boss
Semoga bermanfaat, salam otomotif....
Jika ada yang ingin ditanyakan sanggup hubungi kontak person saya
BBM : 5FC72426
Call/SMS :
Indosat : 0857-28/81-8122
Telkomsel : 0823-2629-4855
Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com
0 Response to "Cara Membersihkan Carbon Di Ruang Bakar Dan Injektor"
Posting Komentar