iklan

Wajib Tahu!!! Ancaman Tidur Sehabis Makan, Dari Obesitas Sampai Kematian

apakah tidur sesudah makan kondusif untuk dilakukan


Melakukan segala sesuatu niscaya ada aturannya semoga tidak berserakan atau mengakibatkan masalah. Aturan tersebut juga berlaku untuk hal makan. Mungkin hanya segelintir orang yang menaruh perhatian pada hal apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan sesudah makan. Seperti yang terjadi di lingkungan terdekat saya, banyak sekali orang yang sering melaksanakan hal yang sebetulnya sangat berbahaya untuk dilakukan sesudah makan. Hal ibarat apakah itu?

Sebelum melanjutkan pembahasan hari ini yang menyangkut hal terlarang untuk dilakukan sesudah makan, izinkan saya bertanya terlebih dahulu. Hal-hal apa yang biasanya Anda lakukan sesudah simpulan menyantap masakan Anda? Apakah melaksanakan hobi menonton drama Korea, berjalan-jalan ringan, atau malah pergi ke pulau kapuk alias tidur pulas dengan perut kenyang? Apakah tanggapan Anda ada di dalam pilihan?

Fenomena Tidur Setelah Makan
Ketika perut sudah terisi oleh masakan dan merasa kenyang, biasanya akan disusul oleh rasa kantuk. Mulai dari kantuk biasa hingga kantuk level dewa. Betul apa betul? Rasa ngantuk yang dirasakan sesudah makan bukanlah terjadi tanpa proses ilmiah. Rasa mengantuk sesudah makan biasanya timbul dengan cepat sesudah mengkonsumsi masakan terlalu banyak. Dalam klarifikasi yang lebih spesifik lagi secara ilmiah, masakan yang tinggi akan kandungan karbohidrat, gula, dan juga gluten akan memerlukan banyak insulin untuk memecahnya menjadi energi. Saat hal itu terjadi maka tubuh yang seharusnya mendapat energi justru kehilangan energi lebih banyak untuk memecah zat masakan tersebut. Inilah yang mengakibatkan tubuh justru merasa ngantuk.

Nah, terlebih lagi masakan pokok penduduk Indonesia yaitu nasi putih yang notabene mempunyai kandungan karbohidrat sangat tinggi. Belum lagi bila sesudah itu Anda masih mengkonsumsi masakan berbahan dasar terigu ibarat gorengan dan kue-kue manis. Karbohidrat, terigu (gluten), dan gula yaitu trio pembuat ngantuk yang tokcer! Maka dari itu bila Anda tidak ingin mengantuk sesudah makan, sebaiknya konsumsilah masakan secukupnya dan kurangi asupan ketiga zat yang saya sebutkan di atas.

Ada Apa Dengan Tidur Setelah Makan
Tidur memang tidak dihentikan untuk dilakukan, sebaliknya, kegiatan mengistirahatkan seluruh tubuh ini justru amat sangat dianjurkan. Namun dengan tanda kutip, tidur yang dianjurkan yaitu tidur yang dilakukan dikala tubuh lelah sesudah beraktivitas seharian. Lalu bagaimana dengan tidur sesudah makan?

Setelah makan, tubuh bekerja memproses masakan yang Anda konsumsi untuk kemudian mengedarkan sarinya ke seluruh tubuh dan membuang sisanya melalui feses. Jika tubuh tertidur sesudah makan, proses metabolisme pun akan tertunda dan sanggup mengakibatkan banyak sekali duduk kasus kesehatan. Akibat tidur sesudah makan yang paling sering terjadi yaitu kenaikan berat tubuh yang tidak terkontrol. Biasanya kenaikan berat tubuh ini disebabkan oleh peningkatan timbunan lemak di dalam tubuh. Padahal, kegemukan yaitu awal dari beberapa penyakit berbahaya ibarat diabetes dan penyakit jantung yang merupakan ancaman besar bagi nyawa Anda dan semua orang yang Anda cintai.

Sialnya, kenaikan berat tubuh yang terjadi dengan cara ini bukanlah kenaikan yang baik. Tandanya yaitu tubuh yang menggembung di pecahan tertentu, paling umum yaitu perut yang membuncit. Sementara lemak yang menumpuk di perut termasuk salah satu yang paling sulit dienyahkan.

Bagaimana Caranya Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan
Agar tidak mengantuk sesudah makan, Anda harus mematuhi beberapa hukum dasar. Caranya sangat gampang yaitu dengan menghindari masakan tinggi karbohidrat, gula, dan gluten. Prinsip tersebut hanya berlaku bila tubuh Anda telah mendapat waktu istirahat yang cukup yaitu sekitar 6 hingga 7 jam dalam sehari.

Jika masakan pokok sehari-hari Anda tidak jauh dari ketiga komponen tersebut, Anda masih boleh mengkonsumsinya asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Jika perut terasa belum kenyang, Anda sanggup menambahkan segelas air putih dan memperbanyak sayuran di meja makan. Jika masih ingin makan sesuatu lagi, konsumsilah buah segar yang telah dicuci bersih. Selain sanggup mengenyangkan dan menambah nutrisi untuk tubuh, konsumsi buah-buahan juga tidak akan menjadikan rasa kantuk selayaknya karbohidrat.

Tubuh bergotong-royong lebih membutuhkan nutrisi dari masakan yang kita konsumsi daripada sekedar perasaan kenyang yang justru sering menghambat produktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu sebisa mungkin pilihlah jenis masakan yang sehat, tetap mengenyangkan, namun tidak menciptakan Anda mengantuk.

Nah, itu beliau ulasan mengenai hal berbahaya yang dilakukan sesudah makan yang sanggup saya sampaikan. Sekedar membuatkan tips semoga saya dan Anda sanggup menjadi langsung yang lebih produktif tanpa harus menghilangkan hak tubuh untuk tidur.

Sekian dulu untuk hari ini, terimakasih dari hati yang terdalam untuk Anda yang telah sudi tiba ke blog ala kadarnya ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan hingga jumpa lagi di artikel berikutnya. Stay tune! ^_^

(dinierianggara)


Sumber http://reviewmakananmu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wajib Tahu!!! Ancaman Tidur Sehabis Makan, Dari Obesitas Sampai Kematian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel