iklan

Tips Printer Supaya Awet

Printer ialah salah satu alat untuk melihat hasil tamat dari apa yang telah teman kerjakan di Komputer. Dengan PC teman tidak puas kalau tidak di print.

Jika teman belum punya printer lihat postingan terdahulu wacana Tip dan Trik menentukan printer, dan bagi teman yang sudah memiliki printer sebaiknya teman mengetahui cara perawatannya.

Untuk jenis printer warna yang perlu diperhatikan ialah :

  1. Kalau memprint jangan lebih dari satu jam secara terus menerus, seandainya banyak ketika sudah satu jam istrirahatkan dulu sekitar 15 menit, pada ketika proses mencetak Motor pada printer semakin usang semakin panas, panas ini mengalir ke depan menyentuh Rol penarik Head yang berupa karet, lama-kelamaan karet menjadi lemah (kendor) sehingga dapat mengakibatkan eror (printer macet) ataupun ada pesan eror 5100, atau dapat juga paper jam
  2. Lakukan pencucian terpola dalam printer dengan kertas tissu (bisa menyerap bekas tinta), jangan memakai kapas, malah dapat mengotori printer
  3. Gunakan tinta printer yang bagus, tidak terlalu kental atau terlalu encer (misal MIPO) dan jangan coba-coba mengganti-ganti jenis tinta alasannya ialah akan mensugesti umur catritge sobat.
Untuk jenis printer Laser :
  1. Jangan mencetak terlalu banyak sekaligus, alasannya ialah pelindung laser dapat panas dan usang kelamaan akan terkoyak. Bisa diperbaikai dengan biaya sekitar 150 ribu tapi tidak sekuat yang original dan cepat rusak.
  2. Jangan digunakan cetak untuk kertas tebal, akan merusak Toner menjadi luka dan tergores.
  3. Usahakan Melepas Toner kalau tidak terpakai, alasannya ialah semut suka sekali bersarang di Toner (Tinta toner disukai oleh semut). Kalau sudah kemasukkan semut maka Toner akan membekas hitam-hitam dan hasil cetakan dapat putus-putus. Cara mengatasinya lepaskan toner dari printer, ambil tabung roll yang berwarna biru kehijauan bersihkan pelan-pelan dengan kapas (jangan yang lain), usahakan membersihkan toner pada daerah yang tidak terkena matahari, kalau terkena banyak cahaya toner akan berubah warna keputihan dan hasil cetakan menjadi kabur.
  4. Gunakan Kertas yang kering, jangan lembab dapat mengakibatkan paper jam.
Selamat merawat printer sobat... biar awet.
Sumber http://mochamedbagil.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Printer Supaya Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel