iklan

Membuat Pupuk Cair Memakai Em4

Membuat pupuk cair sendiri memakai EM4 dari limbah atau sisa sayuran bergotong-royong tidaklah sulit. Selain sanggup memanfaatkan limbah atau sisa-sisa sayuran contohnya sayuran yang hampir busuk, atau afkir hasil olahan berupa pupuk cair dan kompos juga akan mengurangi ketergantungan kita terhadap pupuk kimia yang kurang akrab dengan lingkungan.
Membuat pupuk cair sendiri memakai EM Membuat Pupuk Cair Menggunakan EM4
EM4 aneka macam produk
Pembuatan pupuk cair ini bergotong-royong memanfaatkan basil  Efective Microorganism (ada 4 mikroorganisme) yakni Lactobacilus, Sacharomyces, Acetobacter dan Bacilus untuk memproses limbah hijau tadi secara anaerob (fermentasi). Sejatinya materi untuk pembuatan pupuk cair ini tidak hanya dari sisa sayuran tetapi sanggup juga memakai flora hijau/rumput lainnya misal Eceng gondok, Paku air, atau tumbuhan dari famili Leguminoceae.


Proses Pembuatan Pupuk Cair Menggunakan EM4 caranya sebagai berikut :

Alat dan Bahan

  • Tong/Jerigen/tempat untuk menyimpan yang sanggup ditutup rapat
  • pisau/alat pemotong
  • karung goni atau karung plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil
  • limbah hijau kurang lebih 20-25 kg
  • air kelapa renta 1 liter
  • air cucian beras 1 liter
  • larutan gula merah 1/2 kg
  • EM4
  • air higienis 10 liter


  1. Siapkan materi yang akan dibentuk sebanyak kurang lebih 20-25 kg
  2. Cincang atau potong kecil-kecil sayuran atau flora hijau lainnya yang akan dibentuk menjadi pupuk cair.
  3. Masukan kedalam karung goni atau karung biasa yang sudah dilubangi, tujuannya biar adonan larutan EM4 nanti sanggup meresap/masuk kedalam karung.
  4. Buat larutan dengan mencampurkan air cucian beras, air kelapa tua, larutan gula merah dan em4 serta air bersih, aduk biar adonan homogen.
  5. Masukan larutan tadi dalam tong/jerigen/atau kawasan lainnya, berikutnya masukan juga materi limbah hijau yang sudah dipotong kecil-kecil dan dimasukan kedalam karung tadi.
  6. Tutup rapat wadah (tong/jerigen) tadi biar udara bebas tidak masuk alasannya yakni sanggup mengganggu bahkan menggagalkan proses fermentasi.
  7. Biarkan selama 10-15 hari
  8. Angkat limbah hijau yang ada didalam karung, sisa atau ampas limbah dalam karung ini sanggup dipakai sebagai kompos sesudah sebelumnya dikeringkan
  9. Sedangkan cairan yang ada didalam tong yakni pupuk organik cair yang sanggup dipakai sesudah disaring memakai kain terlebih dahulu.
Jika dilihat prosesnya memang terlihat rumit dan panjang, namun jikalau dipraktekan bergotong-royong pembuatan pupuk organik cair ini cukup sederhana dan murah meriah. Harga EM4 dipasaran sekitar Rp 20.000,- per liter sedangkan bahan-bahan lainnya selain gula merah rata-rata sanggup kita dapatkan secara gratis. Selamat mencoba !

Sumber http://mjumani.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Pupuk Cair Memakai Em4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel