Membaca Ekstensif Sebuah Artikel
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang Membaca Ekstensif Sebuah Artikel. Mari kita bahas selengkapnya.
Membaca Ekstensif Sebuah Artikel
1. Pengertian dan Tujuan Membaca Ekstensif
Membaca Ekstensif atau Ekstensive reading merupakan membaca yang bertujuan membandingkan dua bacaaan atau lebih semoga sanggup diketahui persamaan dan perbedaan gagasan-gagasan penting yang ada dalam bacaan tersebut.
2. Pengertian dan Ciri-ciri Artikel
Artikel yakni salah satu bentuk goresan pena ragam jurnalistik yang tergolong ke dalam karya tulis yang tidak terlalu panjang tetapi lengkap, biasanya dimuat dikoran atau majalah. Artikel mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a. Berisi gagasan penulis,
b. Berupa cara (teknik) dan opini,
c. Tulisan dianalis secara ilmiah,
d. Dimuat dimajalah atau surat kabar baik cetak maupun elektronik,
e. Menggunakan bahasa ragam jurnalistik,
f. Bertujuan memperluas wawasan pembaca,
3. Gagasan Utama
Gagasan Utama yakni wangsit pokok dari suatu karangan. Berdasarkan letaknya, gagasan utama biasanya terletak di:
a. Awal Kalimat (Deduktif)
Di kebun Pamanku, terdapat banyak sekali tumbuhan bunga. Tanaman itu menyerupai mawar yang berwarna merah dan berduri, melati yang harum dan putih bersih, serta teratai yang selalu mekar dengan indahnya dipagi hari.
Gagasan Pokoknya Tanaman bunga dikebun Pamanku.
b. Akhir Kalimat (Induktif)
Banyak sekali tumbuh mawar yang berduri dan berwarna merah tua. Selain itu juga ada bunga melati yang harum semerbak dan putih higienis serta teratai yang bermekaran dipagi hari. Semua itu yakni bunga-bunga yang tumbuh dikebun Pamanku.
Gagasan Pokoknya Bunga yang tumbuh di kebun Pamanku.
c. Awal-Akhir Kalimat (Campuran)
Di kebun Pamanku penuh dengan beranekaragam bunga. Misalnya, ada bunga mawar yang berwarna merah bau tanah dan berduri, melati putih kecil yang wangi dan putih, serta teratai yang tumbuh bermekaran dipagi hari. Sekali lagi, semua itu yakni bunga yang tumbuh di kebun Pamanku.
Gagasan Pokoknya (Anekaragam bunga yang tumbuh di kebun Pamanku)
4. Menemukan Gagasan dari Beberapa Artikel
Setelah kita mengenal istilah membaca ekstensif, artikel dan cara memilih gagasan pokok. Maka, pada serpihan ini kita dituntut untuk sanggup menemukan gagasan pokok dari dalam sebuah artikel dengan teknik membaca ekstensif. Adapun langkah-langkah yang sanggup dipergunakan adalah:
a. Baca dan pahami teks artikel tersebut,
b. Cermati kalimat awal dan kalimat simpulan paragraf tersebut,
c. Kemukakan wangsit pokok yang mendasari kalimat yang kita anggap sebagai kalimat
utama,
d. Tulislah gagasan pokok tersebut.
Contoh memilih gagasan pokok:
Di zaman yang serba maju ini dibutuhkan orang-orang yang kreatif. Kalimat ini sering pula diucapkan oleh banyak orang. Tetapi sesungguhnya, apa dan bagaimana orang-orang kreatif itu? Mungkin sebagian dari kita sudah tahu maknanya, namun lebih banyak lagi yang belum mengerti.
(dikutip dari buku “Bahasa dan Sastra Indonesia 3” karya Maryati Sutopo)
Kalimat Utamanya Di zaman yang serba maju ini dibutuhkan orang-orang yang kreatif.
Gagasan Pokoknya Orang-orang kreatif.
Contoh Soal:
Bacalah Artikel di bawah ini!
LIPI Kembangkan Tepung Tempe
Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebarkan materi masakan adonan tempe berbentuk tepung untuk materi dasar aneka masakan dan kue.
Putut Irawan Pudjiono, Kepala Unit Pengelola Teknis Balai pengembangan Proses dan Teknologi kimia LIPI disela-sela Demo peragaan Iptek Tepat Guna menyatakan bahwa selain murah, sekerat tempe mengandung komposisi gizi yang kompleks: ada protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, dan besi dalam kadar relatif tinggi. Kandungan ini lebih baik ketimbang kedelai biasa lantaran tempe sudah melewati proses fermentasi. Tempe dipakai sebagai salah satu materi baku utamanya. Bahan lain yang dipakai yakni produk pertanian terutama beras, kacang hijau, dan materi alami lainnya. Tepung tempe ini, tidak memakai pengawet, pewarna maupun pemberi aroma sintesis sehingga sangat aman dikonsumsi. Dari tepung itu bisa tercipta camilan ringan nan renyah, donat, camilan manis blackforest, bahkan es krim. Roti dari tepung tempe dijamin tidak kalah yummy dengan produk toko roti modern.
Pengembangan tepung tempe ini, sejalan dengan progam pemerintah untuk meningkatkan kebutuhan gizi masyarakat melalui materi masakan yang terjangkau harganya.
Dari hasil penelitian terhadap murid-murid SD yang mendapat camilan manis berbahan tepung tempe tersebut yang dilakukan LIPI di SD Playen I dan SD Gunung Kidul, asupan masakan yang bergizi berdampak positif terhadap kemampuan pelajar untuk menangkap pelajaran.
(Jakarta, 30 Agustus 2004, (Tma, Ant)
1. Berdasarkan artikel di atas, pernyataan yang kurang sesuai adalah.....
a. sekerat tempe mengandung komposisi gizi yang kompleks.
b. tepung tempe tidak memakai pengawet, pewarna atau pemberi aroma sintesis.
c. tepung tempe kurang aman dikonsumsi.
d. asupan masakan yang bergizi berdampak positif terhadap kemampuan pelajar.
Jawaban: C
Pembahasan:
Pada paragraf ke-2 dan kalimat ke-4 dijelaskan bahwa Bahan lain yang dipakai yakni produk pertanian terutama beras, kacang hijau, dan materi alami lainnya. Tepung tempe ini, tidak memakai pengawet, pewarna maupun pemberi aroma sintesis sehingga sangat aman dikonsumsi.
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada artikel di atas adalah....
a. Siapakah yang diteliti dalam penelitian tersebut?
b. Darimanakah tempe berasal?
c. Apa perbedaan tempe dengan oncom?
d. Berapa harga tempe dipasaran dikala ini?
Jawaban: A
Pembahasan:
Yang diteliti dalam penelitian tersebut yakni asupan tempe yang dikonsumsi oleh murid-murid SD Playen 1 dan SD Gunung Kidul.
Berilah tanda silang (X) pada salah satu karakter a, b, c dan d sebagai tanggapan yang benar!
Soal Pembahasan
1. ………….
“Pengembang rusuna sebelumnya niscaya telah berfikir untuk memakai 90 persen, bahkan 100 persen produk lokal. Ini berbeda dengan pengembang apartemen yang 40 persen dari materi bangunannya memakai produk impor,” Ujar Ali.
Dia menyambut baik impian produsen untuk menurunkan harga produk. “Pemerintah tolong-menolong cukup mengomunikasikan rencananya kepada produsen materi bangunan, maka banyak yang akan mendukung pembangunan rusuna,” ujar Ali.
Pernyataan yang sesuai dengan kutipan artikel di atas adalah….
a. Pembangunan rusuna mendapat banyak sekali
dukungan
b. Semua materi bangunan rusuna mengunakan produk
impor.
c. Pengembangan rusuna akan memakai produk
lokal 40 persen produk impor.
d. Ditargetkan sebanyak 100 persen pengembang rusuna
memakai produk lokal.
Bacalah paragraf di bawah ini!
Keunikan kedua dari metode pemasaran teh botol sosro yakni pada kekakuan dari produk itu sendiri. Sesuai teori pemasaran, konsumen secara alami mengalami perubahan atribut kepuasan seiring berjalannya waktu. Perubahan itu sanggup disebabkan lantaran gaya hidup, kondisi ekonomi, atau kecerdasan yang maik meningkat. Seiring perubahan pasar itu harusnya produk yang dipasarkan harus menyesuaikan dan mengikuti tren yang ada. Namun yang terjadi pada produk teh inovatif ini justru kebalikan. Semenjak diluncurkan pada tahun 1970, produk teh botol sosro baik rasa, kemasan logo maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan ketika perusahaan multinational Pepsi dan Coca cola masuk melalui produk teh Tekita dan Frestea, Sosro tetap tak bergeming. Alih-alih merubah produknya, dengan cerdas sosro justru melaksanakan counter branding dengan mengeluarkan produk S-tee dengan volume yang lebih besar. Strategi ini ternyata lebih tepat, kedua perusahaan multinasional itu pun tak berhasil berbuat banyak untuk merebut hati konsumenIndonesia. (dikutip dari: files\Di Balik Kesuksesan Teh Botol SosroSekedarCatatan.htm)
2. Gagasan utama pada paragraf di atas adalah….
a. Keunikan metode pemasaran teh botol sosro.
b. Pendapat dari teori pemasaran the botol.
c. Strategi yang lebih tepat untuk merebut hasil konsumen.
d. Sosro mengeluarkan S-tee dengan volume yang lebih besar.
3. Berdasarkan letak gagasan utama pada paragraf di atas, maka paragraf tersebut termasuk ke dalam paragraf.... a. Deduktif b. Induktif c. Campuran d. Determinasi
4. Bacalah paragraf di bawah ini!
Banyak orang bisa sukses lantaran adanya proteksi dari orang lain. Bisa keluarga, teman, atau guru. Misalnya saja yang dialami sama Almer. Waktu awal-awal akan terjun ke dunia modelling, tidak jarang saudara-saudaranya tiba ke rumah hanya untuk memberi tahu kalau ada lomba ini itu. Dan di balik kesuksesan Almer dan Reza, sebetulnya ada seseorang yang memang jadi motivator mereka semenjak awal. “Namanya Bang Erwin. Dia itu tukang pangkas saya di Bengkong. Dia banyak tahu ihwal dunia modelling. Sampai-sampai kostum, gaya jalan, pokoknya gaya penampilan kita deh, dia yang ngasih masukan,” kata Reza. Reza pun awalnya didorong oleh Bang Erwin tersebut untuk ikut-ikutan ajang modelling. Dan waktu Almer alhasil kenal bersahabat dengan Reza, ikut-ikutan pangkas rambut di Bang Erwin, Almer pun jadi ketularan untuk dimotivasi ikutan ajang serupa. Nah makanya, dari dongeng itu, kita juga perlu proteksi dari orang lain. Kalaupun keluarga misalkan awalnya tidak menyetujui, coba deh untuk buktikan bahwa kita bisa membuat prestasi dan pujian dari ajang modelling. (www.google.com)
Gagasan utama dari paragraf di atas adalah..... a.Dukungan orang lain menunjang kesuksesan. b.Perjalanan seorang model pria c.Buktikan prestasi kepada keluarga. d.Dukungan keluarga terhadap aktivitas anaknya.
5. Pengguna narkoba sampaumur di Indonesia diperkirakan sudah mencapai dua juta orang. Jumlah angka kematian sampaumur akhir narkoba pun meningkat. Menurut data yang ada, dari tes urin yang dilakukan, ditemukan beberapa siswa sebagai pecandu dan ada beberapa yang menjadi pengedar narkoba. Didapat juga bahwa anak-anak di belum dewasa pun sudah menghisap rokok dan sekaligus pecandu narkoba. Padahal, pada tahun kemudian jumlahnya belum sebanyak tahun ini.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah…
a. Beberapa pecandu sampaumur mengedarkan narkoba.
b. Jumlah kematian anak di belum dewasa meningkat
lantaran narkoba.
c. Tes urine dilakukan pada beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama dan SD.
d. Remaja sebagai pecandu narkoba jumlahnya semakin
meningkat.
6. Bacalah artikel di bawah ini!
Bagi Anda yang sedang mencari hunian gres dengan lingkungan asri dan nyaman, mungkin perumahan Solo Baru sektor 7 menjadi pilihan tepat. Selain letaknya yang strategis di jalan Raya Solo-Wonogiri, perumahan sektor 7 ini juga cukup diminati masyarakat. Dari ratusan unit yang terbagi dalam empat tipe, dikala ini tinggal tersisa 7 unit rumah.
Gagasan utama artikel di atas adalah….
a. Lingkungan asri dan nyaman perumahan Solo gres
sektor 7.
b. Perumahan Solo gres sektor 7 terletak strategis.
c. Perumahan Solo gres mempunyai 4 tipe.
d. 7 unit sisa rumah yang masih kosong.
7. Bacalah paragraf di bawah ini!
Untuk menguji kualitas tulisan, siswa sanggup mengikuti lomba menulis artikel antar pelajar. Dengan mengikuti lomba tersebut, kita sanggup mengetahui sejauh mana mutu goresan pena yang dihasilkan. Walaupun tidak menjadi juara, paling tidak sudah berani mencoba sebagai wahana latihan yang baik. Atau juga sekolah sanggup mengadakan lomba menulis antarsiswa tingkat sekolah.
Gagasan utama teks tersebut adalah… a. Mengikuti lomba menulis antarpelajar. b. Menguji kualitas goresan pena siswa. c. Lomba menulis tingkat sekolah. d. Wahana latihan menulis bagi siswa.
8. Barang kali jamurlah satu-satunya jenis flora yang mempunyai keunikan tersendiri. Jamur tidak mempunyai daun hijau yang rimbun, buah, maupun ranting. Jamur Cuma mempunyai tangkai dan tundung. Bahkan ada jamur yang hanya berupa lembaran-lembaran kulit. Misalnya, jamur kuping.
Gagasan yang tidak sesuai dengan cuplikan wacana
diatas adalah….
a. Jamur tidak mempunyai hijau daun.
b. Jamur mempunyai tangkai dan daun.
c. Jamur merupakan flora yang unik.
d. Jamur kuping sanggup dikonsumsi manusia.
9. Bacalah teks di bawah ini!
Di zaman serba maju ini dibutuhkan orang-orang yang kreatif. Kalimat ini sering kita dengar, sering pula diucapkan oleh banyak orang. Tetapi sesungguhnya, apa dan bagaimana orang-orang kreatif itu? Mungkin sebagian dari kita sudah tahu maknanya, namun lebih banyak lagi yang belum mengerti.
(Dikutip dari: Bahasa dan Sastra Indonesia 3)
Gagasan utama dari teks di atas adalah….
a. Orang-orang kreatif.
b. Pengertian orang kreatif.
c. Keberadaan orang kreatif.
d. Bentuk orang kreatif.
10. Bacalah Artikel di bawah ini!
Properti Menengah Bawah Naik 20 persen
DPD REI (Real Estate Indonesia) berencana menaikan harga rumah sederhana sehat (RSH), rumah rusun susun hak milik (rusunami), dan rumah susun sewa (rusunawa) hingga 20 persen. Langkah itu diambil untuk menyesuaikan kenaikan harga material bangunan hingga 30 persen maupun harga tanah antara 15-30persen.
“Kepastian gres Maret, kini masih dibahas. Tapi kenaikan maksimal 20 persen,” ujar Sekretaris DPD REI Jatim, Adri Istambul Lingga Gayo. Adri mengakui, kenaikan harga itu akan memberatkan masyarakat. Terlebih dikala harga-harga materi pangan melonjak dan inflasi tinggi menyerupai dikala ini. Tapi, mau tidak mau hal itu tetap harus dilakukan.
“Solusinya, REI minta semoga pemerintah memperlihatkan intensif. Dia lantas mencontohkan intensif berupa subsidi bunga, maupun pembebasan bea perolehan hak atas tanah bangunan (BPHTB) yang selama ini dibebankan kepada user. “Itu untuk mendorong daya serap dan daya beli masyarakat.”
(Sumber: Jawa Pos, 8 Februari 2008 dengan pengubahan)
Gagasan pokok dari paragraph pertama artikel di atas adalah…
a. Langkah adaptasi material bangunan.
b. Langkah adaptasi kenaikan harga tanah.
c. Rencana menaikan beberapa rumah.
d. Penyesuaian kenaikan harga material bangunan dan
harga tanah.
Benar = …….. Salah = ……. Nama Pemeriksa = ………..
1. Apa yang kau ketahui tentang:
a. Artikel
b. Artikel teknik
c. Artikel Opini
2. Sebutkan ciri-ciri artikel!
3. Bagaimanakah langkah-langkah menemukan gagasan utama dalam sebuah artikel?
4. Buatlah 1 buah artikel yang bertema pendidikan gratis!
5. Tentukan gagasan pokok dan penjelas dari artikel yang kau buat tersebut!
B. Membaca Intensif
1. Pengertian Membaca Intensif
Membaca intensif atau Intensive reading merupakan membaca untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dari teks atau data.
2. Pengertian Grafik
Grafik yakni gambar berupa garis yang pasang surut atau naik turun dari sebuah data. (Ahmad A.K. Muda dalam KLBI, 2008:243).
Contoh grafik:
3. Pengertian Tabel
Tabel yakni daftar berisi data informasi yang berupa kata-kata dan angka-angka berlajur ke bawah. (Ahmad A.K. Muda dalam KLBI, 2008: 512).
Contoh tabel:
4. Pengertian Bagan
Bagan yakni skema, gambar denah atau rancangan. ((Ahmad A.K. Muda dalam KLBI, 2008: 74)
Contoh bagan:
Contoh Soal:
1. Perhatikan sketsa di bawah ini!
Pernyataan yang tepat dari sketsa di atas adalah....
a. Bendahara, sekretaris dan semua anggota OSIS berkedudukan sama.
b. Seksi bidang dibagi menjadi empat, yaitu sekbid Olah raga, keagamaan, Bela negara
dan Budaya.
c. Ketua OSIS merupakan jabatan tertinggi.
d. Anggota OSIS bekerjasama dengan seksi bidang.
Jawaban: C
Pembahasan:
Dilihat dari sketsa di atas, diketahui ketua OSIS dibentuk dibagian teratas, dengan kata lain
kedudukan ketua OSIS merupakan jabatan tertinggi.
2. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pernyataan yang tidak sesuai dengan tabel di atas adalah....
a. NEM tertinggi berada pada tahun pelajaran 2000/2001.
b. NEM terendah berada pada tahun pelajaran 200/2001.
c. Rata-rata NEM tertinggi pada tahun pelajaran 2001/2002.
d. Jumlah siswa terendah pada tahun pelajaran 2001/2002.
Jawaban: D
Pembahasan:
Jumlah siswa terendah menurut tabel di atas yakni pada tahun 2000/2001.
Berilah tanda silang (X) pada salah satu karakter a, b, c dan d sebagai tanggapan yang benar!
Soal Pembahasan
1. Perhatikan grafik berikut ini!
Pernyataan yang tepat dari grafik di atas adalah….
a. Jumlah siswa pada tahun 2003 mengalami pasang surut yang drastis.
b. Pada bulan Agustus 2003 jumlah siswa tercatat sebanyak 40 siswa, bulan September 2003 sebanyak 25 siswa, bulan Oktober 2003 sebanyak 30 siswa dan pada bulan November 2003 jumlah siswa naik drastis hinga 50 siswa.
c. Penurunan jumlah siswa terjadi pada bulan Agustus 2003 ke September 2003, diikuti bulan Oktober 2003 ke November 2003.
d. Jumlah siswa selama dua bulan berturut-turut sehabis bulan September 2003 mengalami kenaikan sehabis sebulan sebelumnya menalami penurunan.
2. Perhatikan diagram di bawah ini!
Pernyataan yang tidak tepat dari diagram di atas adalah….
a. Peminat Bahasa Ingris dan PMI lebih sedikit dibandingkan pramuka, kesenian dan volly.
b. Ekstrakulikuler yang paling banyak diminati yakni pramuka,
c. Ektrakulikuler PMI, volly dan bahasa Inggris mempunyai persentase yang sama,
d. Seperempat jumlah siswa mengikuti ekstrakulikuler kesenian.
3. Perhatikan Tabel di bawah ini!
Hasil Akhir Pemerolehan Medali SEA Games XXVI di
No Negara Emas Perak Perunggu Total
1. Indonesia 182 151 142 475
2. Thailand 107 100 120 327
3. Vietnam 96 90 101 287
4. Malaysia 59 50 81 190
5. Singapura 42 45 73 160
6. Filipina 36 56 77 169
7. Myanmar 16 27 35 78
8. Laos 9 12 36 57
9. Kamboja 4 11 24 38
10. Timur Leste 1 1 6 8
11. Brunai 0 4 7 11
Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah.....
a. Jumlah emas yang diperoleh Timur Leste jauh lebih banyak daripada Brunai dan Kamboja.
b. Indonesia menjadi juara umum SEA Games namun jumlah medali perak Indonesia lebih sedikit daripada Thailand.
c. Brunai diurutan terakhir namun jumlah medali peraknya jauh lebih banyak daripada Timur Leste.
d. Myanmar berhasil mengupulkan medali sebanyak 79 buah.
4. “Sudah usang Fitra tidak beternak ungas menyerupai ayam dan itik.”
Bagan yang tepat untuk hubungan hipernim dan hiponim ketiga kata dalam kalimat tersebut yakni ........
a.
b.
c.
.
d.
5.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan grafik di atas adalah…
a. Dari bulan Juli hingga Desember 1996, penurunan sisa tabungan koprasi hanya terjadi sebanyak satu kali yaitu pada bulan Oktober 1996.
b. Dua bulan berturut-turut sehabis bulan Desember 2006, sisa tabungan koprasi tidak terlalu mengalami perkembangan.
c. Pada bulan Maret 1997, sisa tabungan koprasi mencapai tingkat paling tinggi hingga Rp 175.
d. Selama sembilan bulan, sisa tabungan koprasi mengalami satu kali penurunan dan delapan kali naik.
6. Perhatikan sketsa di bawah ini!
Bagan Penyerapan Bahasa ke dalam Bahasa Indonesia
Pernyataan yang tidak sanggup diambil dari sketsa di atas adalah….
a. Bahasa Indonesia menyerap tiga unsur bahasa, menyerupai bahasa melayu, bahasa abnormal dan bahasa daerah.
b. Bahasa abnormal dan bahasa kawasan berada pada kedudukan yang setara.
c. Bahasa melayu menduduki serpihan teratas dibandingkan dua bahasa lainnya yang diserap ke dalam bahasa Indonesia.
d. Bahasa Indonesia, bahasa melayu, bahasa abnormal dan bahasa kawasan merupakan empat bahasa yang berdiri sendiri.
7. Menurut data Pusat Penjualan Grosir di kota Malang, pada bulan Oktober 2009 jumlah laba penjualan mencapai sekitar Rp 65.000.000,00. Sedangkan di bulan November 2009 mengalami penurunan hingga 50%, namun angka tersebut kembali naik menjadi Rp. 74.000.000,00 di bulan Januari 2010 yang berarti mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000.000,000 dari bulan sebelumnya.
Tabel yang tepat untuk melengkapi penggalan paragraf di atas adalah….
a.
No. Bulan Keuntungan
1. Oktober 2009 Rp 65.000.000,00
2. November 2009 Rp 50.000.000,00
3. Desember 2009 Rp 69.000.000,00
4. Januari 2010 Rp 74.000.000,00
b.
No. Bulan Keuntungan
1. Oktober 2009 Rp 65.000.000,00
2. November 2009 Rp 32.500.000,00
3. Desember 2009 Rp 69.000.000,00
4. Januari 2010 Rp 74.000.000,00
c.
No. Bulan Keuntungan
1. Oktober 2009 Rp 65.000.000,00
2. November 2009 Rp 32.500.000,00
3. Desember 2009 Rp 74.000.000,00
4. Januari 2010 Rp 69.000.000,00
d.
No. Bulan Keuntungan
1. Oktober 2009 Rp 65.000.000,00
2. November 2009 Rp 32.500.000,00
3. Desember 2009 Rp 74.000.000,00
4. Januari 2010 Rp 5.000.000,00
8. Perhatikan diagram di bawah ini!
Data Jumlah siswa Sekolah Menengah Pertama Budiwijaya
Pernyataan yang tepat dari diagram di atas adalah….
a. 4 bulan berturut-turut jumlah siswa kelas 7 yakni 400.
b. Pada bulan Maret, jumlah siswa kelas 9 turun dari 2
tahun sebelumnya.
c. Jumlah siswa kelas 8 lebih sedikit dari pada kelas 9.
d. 4 tahun berturut-turut, secara totalitas jumlah siswa dari
3 kelas tersebut tidak mengalami perkembangan atau
penurunan.
9. Perhatikan sketsa di bawah ini!
Pernyataan yang tidak bekerjasama dengan sketsa di atas adalah…
a. Kepala sekolah berada pada posisi tertinggi diantara semua wakasek yang ada pada sekolahan tersebut. Namun pada sketsa di atas wakaek tidak dijelaskan serpihan yang berada di bawahnya.
b. Kepala sekolah dibantu eksklusif oleh tiga wakasek yang terdiri atas bidang sarana dan prasarana, kurikulum dan kesiswaan.
c. Antar-wakasek, mereka berada pada satu posisi yang sejajar meskipun bidang yang ditugasinya berbeda-beda, namun kepala ekolah tidak sejajar dengan ke-3 wakaseknya.
d. Wakasek kesiswaan mengurusi ihwal siswa, wakasek kurikulum mengurusi bidang kurikulum, dan wakasek sarana dan pasarana mengurusi bidang peralatan.
10. Perhatikan Tabel di bawah ini!
Data tinggi siswa Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Mawar
No Nama Tinggi No Nama Tinggi
1. Yusril 157cm 6. Gary 171cm
2. Imam 164cm 7. Yogi 152cm
3. Rafli 165cm 8. Ryan 168cm
4. Anggi 155cm 9. Bonita 158cm
5. Marine 152cm 10. Trio 170cm
Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas yakni …
a. Ada tiga siswa yang mempunyai tinggi tubuh yang sama.
b. Yusril mempunyai tinggi tubuh yang lebih tinggi dari
Marine, Yogi dan Bonita.
c. Imam lebih pendek daripada Rafli. Namun, ia jauh lebih
tinggi daripada Yogi.
d. Trio, Anggi, Rafli dan Gary yakni siswa yang mempunyai
tinggi tubuh lebih dari 170cm
Benar = …….. Salah = ……. Nama Pemeriksa = ……
1. Apa yang kau ketahui tentang:
a. Grafik
b. Tabel
c. Bagan
d. Diagram
2. Apa fungsi tabel, diagram, grafik dan bagan?
Bacalah ilustrasi dongeng di bawah ini!
Disuatu ruangan sekolah terdapat 10 orang anak yang mengikuti tes kemampuan akademik. Setelah di adakan tes, diperoleh bahwa nilai Teri sama dengan nilai Joy yaitu 75. Sri mendapat nilai 95 yang berarti setingkat di bawah Kartika yang selisih 2 angka dengannya. Disisi lain Siti bisa mengungguli semua temannya dengan nilai sempurna. Berbeda dengan Bariah, ia harus menelan kekecewaan lantaran berada di urutan terbawah dengan nilai 54. Lalu di atas Bariah, Wudya bisa mengalahkan Nifari yang berbeda 4 angka dengan Wudya. Wudya mendapat nilai 74. Selain itu, Nurul mendapat nilai 80 dan Angel 81.
3. Berdasarkan ilustrasi dongeng di atas, buatlah urutan dari nilai yang terbesar hingga terkecil dan buatlah dalam bentuk tabel!
4. Buatlah grafik dari urutan terkecil hingga terbesar dari ilustrasi di atas!
5. Buatlah sebuah sketsa dan diagram dari ilustrasi soal di atas!
C. Membaca Cepat
1. Definisi dan Cara Menghitung Kecepatan Membaca
Membaca Cepat yakni membaca teks bacaan dengan kecepatan yang dihitung. Satuan dalam membaca cepat yakni kecepatan per menit (kpm), seseorang sanggup dinyatakan bisa membaca cepat apabila sanggup mencapai 200 kpm. Adapun cara menghitung jumlah kpm yang kita punyai, sanggup dilakukan dengan rumus:
Kecepatan Membaca = Jumlah Kata yang dibaca (A) X 60 = …. Kpm
Durasi Waktu (detik) (B)
Contoh Soal:
Dalam waktu 2 menit, Nikita Willi sanggup membaca teks sebanyak 320 kata. Berapakah kpm yang dihasilkan oleh Nikita Willi?
Penyelesaian:
Diketahui:
A = 320 kata
B = 2 menit = 120 detik
Petanyaan: KM = …..?
Jawab: KM = 320 x 60 = 160 kpm (Lambat)
120
2. Menyimpulkan gagasan Utama 200 kpm
Kebutuhan energi listrik di kota setiap tahunnya terus memperlihatkan peningkatan secaa pesat. Sementara daya yang tersedia tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Di samping itu, pembangkit yang ada kini sangat terbatas dan berumur tua. Akibatnya, kebutuhan listrik masyarakat belum sanggup terpenuhi.
Teks di atas tediri atas 40 kata, secara tematis untuk mencapai 200 kpm kita harus sanggup menyimpulkan gagasan pokok di atas tepat 12 detik. Berlatihlah dengan stopwatch , baca paragaf di atas dan berhentilah sehabis 12 detik, kemudian tulislah gagasan utamanya pada titik-titik di bawah ini!
Jawaban: ……………………………………………………………………………………………….
Contoh Soal:
1. Perhatikan silogisme di bawah ini!
Premis Umum : Siswa aktif Budiwijaya belum lulus SMP.
Premis Khusus : Desi siswa aktif Budiwijaya.
Kesimpulan : .................................................................
Kesimpulan yang tepat dari silogisme di atas adalah.....
a. Desi siswa aktif Budiwijaya yang belum lulus SMP.
b. Siswa Budiwijaya itu berjulukan Desi.
c. Desi belum lulus SMP.
d. Desi belum lulus Sekolah Menengah Pertama lantaran masih aktif di Budiwijaya.
Jawaban: C
Pembahasan:
Silogisme yakni cara menarik kesimpulan dengan memakai premis umum dan khusus, secara umum silogisme mempunyai rumus:
PU : A – B
PK : C – A
Kesimpulan : C – B
Keterangan:
A : Kata umum
B : Kata yang menjelaskan kata umum
C : Kata khusus
Kembali ke soal!
Premis Umum : Siswa aktif Budiwijaya belum lulus SMP.
A B
Premis Khusus : Desi siswa aktif Budiwijaya.
C A
Kesimpulan : Desi belum lulus SMP
C B
2. Seribu rupiah itu mungkin tiadalah berarti. Namun, bagi orang-orang tertentu nominal itu mempunyai nilai yang sulit untuk dimiliki. Sebut saja tuna wisma. Orang-orang yang tak mempunyai tempat tinggal itu merasa kesulitan untuk memperoleh uang tersebut. Maka daripada itu,.....................
Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah.....
a. Kita dihentikan membuang sekecil apapun uang tersebut, melainkan kita harus
bersyukur.
b. Kita cari uang seribu sebanyak-banyaknya.
c. Kita berikan saja uang seribu itu kepada tuna wisma.
d. Kita suruh si tuna wisma bekerja keras untuk mendapat uang seribu.
Jawaban: A
Pembahasan:
Koherensi merupakan sifat wacana yang mengandung pertalian makna dalam satuan kalimat. Agar koheren, maka kalimat A sanggup dijadikan pilihan yang tepat untuk melanjutkan paragraf tersebut. Kita buktikan, ”Seribu rupiah itu mungkin tiadalah berarti. Namun, bagi orang-orang tertentu nominal itu mempunyai nilai yang sulit untuk dimiliki. Sebut saja tuna wisma. Orang-orang yang tak mempunyai tempat tinggal itu merasa kesulitan untuk memperoleh uang tersebut. Maka daripada itu, kita tidak boleh membuang sekecil apapun uang tersebut, melainkan kita harus bersyukur.”
Berilah tanda silang (X) pada salah satu karakter a, b, c dan d sebagai tanggapan yang benar!
Soal Pembahasan
1. Dalam waktu 2 menit, Santia bisa membaca sebanyak 760 kata dengan teknik membaca dalam hati. Berapakah jumlah kecepatan membaca per menit dari Santia?
a. 370 kpm b. 380 kpm c. 390kpm d. 400kpm
2. Dalam waktu 2 menit, Sri bisa membaca dengan jumlah kata 450. Marine, bisa membaca sebanyak 310 kata dalam waktu 1 menit. Rifaldo dengan kecepatan 4 menit, ia bisa membaca sebanyak 652 kata.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan ilustrasi dongeng di atas adalah….
a. Jumlah KMP Sri lebih banyak dibandingkan KMP Marine dan Rifaldo.
b. Jumlah KMP Rifaldo lebih rendah dibandingkan kedua temannya dengan hasil 162kpm.
c. Jumlah KMP Sri lebih rendah daripada Rifaldo, dan lebih tinggi dibandingkan Marine.
d. KMP Sri mencapai 225kpm, KMP Marine mencapai 310kpm, dan KPM Rifaldo yakni 163kpm.
3. Bacalah paragraf di bawah ini!
Sekolah negeri dan swasta merupakan tempat berguru para siswa secara formal. Dalam perjuangan membuat suasana berguru mengajar yang kondusif, sekolah memerlukan sarana yang memadai, guru yang berdedikasi dan disiplin, siswa yang tertib serta patuh terhadap peraturan sekolah, dan lingkungan berguru yang nyaman. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan keterpaduan antara komponen sekolah, orang tua/wali siswa dan masyarakat.
Simpulan tersirat dari paragraf tersebut adalah, kecuali….
a. Berbagai komponen penunjang dalam membuat sekolah yang ideal tidak terlalu penting.
b. Keterpaduan dari komponen sekolah dan masyarakat sangat penting.
c. Sekolah yang ideal memerlukan keterpaduan dari banyak sekali komponen.
d. Keberhasilan pendidikan formal memerlukan keterpaduan dari banyak sekali komponen.
4. Bacalah paragraf dibawah ini!
Di Indonesia terdapat empat efek besar kesehatan yang disebabkan oleh pengelolaan air dan sanitasi yang buruk, yakni diare, tipus, polio, dan cacingan. Hasil survei pada tahun 2006 mengambarkan bahwa kejadian diare pada semua usia di Indonesia yakni 423 per 1.000 penduduk dan terjadi satu-dua kali per tahun. Ada empat cara untuk mencegah diare yakni pengelolaan air dan penyimpanan di tingkat rumah tangga, melaksanakan praktik basuh tangan, dan meningkatkan kesadaran untuk tidak buang air sembarangan.
(Sumber: Kompas, 19 Maret 2008 dengan pengubahan
seperlunya)
Pokok bacaan di atas adalah….
a. Dampak kesehatan akhir pengelolaan air dan sanitasi yang buruk, yakni diare,tipus, polio dan cacingan.
b. Kejadian diare pada semua usia di Indonesia yakni 423 per 1.000 penduduk.
c. Diare sanggup dicegah melalui pengolahan air dan penyimpanan di tingkat rumah tangga, melaksanakan praktik basuh tangan, dan meningkatkan kesadaran untuk tidak buang air sembarangan.
d. Diare sanggup terjadi satu-dua kali per tahun.
5. Bacalah teks bacaan di bawah ini!
Ibu Santi mempunyai kegemaran menjahit. Di rumahnya banyak terkumpul sisa guntingan kain. Sisa-sisa kain itu tidak dibuangnya., tetapi dikumpulkannya dan disimpan di dalam sebuah dos. Ibu Santi berkeyakinan, bahwa suatu dikala sisa-sisa kain itu akan sanggup Ibu Santi mempunyai kegemaran menjahit. Di rumahnya banyak terkumpul sisa guntingan kain. Sisa-sisa kain itu tidak dibuangnya., tetapi dikumpulkannya dan disimpan di dalam sebuah dos. Ibu Santi berkeyakinan, bahwa suatu dikala sisa-sisa kain itu akan sanggup dimanfaatkan.
Simpulan dari paragraph di atas adalah…
a. Ibu Santi yakni seorang ibu rumah tangga yang rajin.
b. Ibu Santi sedikit pemalas.
c. Ibu Santi sering dipuji.
d. Ibu Santi seorang yang darmawan dan ramah.
6. Farhan menyenagi buku-buku fiksi, Meta penggemar komik dan ensiklopedia. Sunbulat membeli segala novel dan beberapa kamus. Irvan penggemar biografi. Sedang Sonya menyukai buku-buku nonfiksi. Jika dibentuk kelompok beranggotakan 3 orang,
susunan kesimpulan anggota yang tidak sesuai yakni
…
a. Farhan-Sonya-Mayang
b. Meta-Irfan-Sonya
c. Mayang-Sonya-Irfan
d. Irfan-Meta-Mayang
7. PU : Siswa Sekolah Menengan Atas niscaya lulus UN SMP.
PK : Yogi dan Rika siswa SMP.
Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi kedua premis
di atas adalah.....
a. Yogi dan Rika niscaya lulus UN Sekolah Menengah Pertama nanti.
b. Yogi dan Rika belum lulus UN SMP.
c. Yogi dan Rika akan lulus UN SMP.
d. Yogi dan Rika bukan siswa Sekolah Menengan Atas lantaran mereka siswa
SMP.
8. Cermati paragraf di bawah ini!
Sesuatu yang disukai semut yakni gula. Semut akan berbodong-bodong mendekati gula. Sekecil apapun celah yang memungkinkan semut itu untuk masuk ke arena gula. Kadang kala semut itu akan menemui ajalnya bergelimang gula. Sama dengan tempat sumber pencarian kehidupan. Manusia akan berbondong-bondong ketempat itu walau hanya sedikit peluang, mereka akan mencobanya. Sampai di tempat yang dituju, tidak selalu berakhir dengan keberuntungan, tetapi malah sebaliknya sengsara atau mati.
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
a. Kehidupan ini tidak selalu dilalui dengan gampang atau lancar, tetapi ada yang mendapat banyak sekali cobaan atau menyerupai semut.
b. Dengan demikian, kita insan akan diuji kesabaran, kekuatan kita dengan banyak sekali cobaan untuk mendapat sesuatu yang diinginkan.
c. Manusia dan semut perlu kekuatan dan kesabaran untuk menempuh suatu kehidupan penuh rintangan yang sanggup mencelakakan diri.
d. Jadi, tempat mencari sumber kehidupan akan banyak didatangi orang, sama halnya dengan gula yang akan dikerumuni oleh semut.
9. Cermati paragraf di bawah ini!
Setelah dilakukan wawancara kepada siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Budiwijaya Palembang untuk mengetahui minat siswa masuk Sekolah Menengah Kejuruan. Kelas terdiri atas 5 kelas A,B,C,D dan E yang masing-masing kelas berjumlah 35 orang siswa. Hasil wawancara terkumpulah data sebagai berikut. Kelas A yang berminat 5 orang, kelas B yang berminat 4 orang, kelas C berminat 3 orang, kelas D berminat 1 orang dan kelas E tidak ada yang berminat. Jadi…..
Kalimat yang tepat untuk simpulan paragraph tersebut
adalah….
a. Berarti siswa tersebut tidak suka menjadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan akan mencari Sekolah Menengah lain kelak sehabis tamat dari kelas 9 SMP.
b. Jadi, sanggup dikatakan bahwa banyak siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Budiwijaya yang kurang berminat menjadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
c. Dengan demikian, disimpulkan bahwa gres sedikit siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Budiwijaya yang tahu Sekolah Menengah Kejuruan.
d. Boleh dikatakan bahwa siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Budiwijaya harus banyak diberitahu klarifikasi ihwal Sekolah Menengah Kejuruan.
3
Benar = …….. Salah = ……. Nama Pemeriksa = ………..
1. Apa yang kau ketahui ihwal membaca cepat?
2. Sebutkan manfaat membaca cepat itu sendiri!
3. Ada beberapa kendala yang sanggup menghambat membaca cepat. Sebutkan apa saja yang menjadi penghambat tersebut!
4. Dalam waktu 5 menit, Atun bisa membaca 1.805 kata. Berapakah kecepatan
membaca permenit Atun?
5. Buatlah sebuah paragraf yang terdiri atas lima kalimat, dan tentukan gagasan utama
dan kesimpulannya!
Karya Tulis Pilihan Siswa Lebah
Perjuangan Seorang Ibu
Namaku Fitri Damayanti, saya anak dari tukang sayur yang berjulukan Sumiati. Parasku sangat cantik. Diantara teman-temanku hanya saya yang mempunyai kulit putih. Aku mempunyai seorang adik wanita yang berjulukan Rindi. Ayahku sudah usang pergi meninggalkan kami. Keuangan kami jauh dari kemewahan. Dengan keadaan itu saya pun berfikir untuk mencari perkerjaan di luar kampungku yaitu dikota Jakarta. Malamnya pun saya berniat membicarakan hal ini ke ibu
“Ibu, Fitri mau mencari perkerjaan di Jakarta” Ujarku kepada ibu
“Untuk apa kau pergi ke Jakarta?” Ujar ibu penuh tanda tanya
“Aku ingin mengubah nasib kita supaya bisa lebih baik dari sekarang. Supaya Ibu dan Rindi tidak di caci oleh tetangga” Ujarku memastikan.
“Tapi Ibu sangat khawatir disana tidak ada saudara kita” Ujar ibu berkaca-kaca
“Ibu, Fitri sudah besar. Fitri sudah bisa jaga diri sendiri. Ibu jangan khawatir”
“Ya sudah, Kalau itu yakni keputusanmu. Ibu hanya bisa mendoakanmu, supaya kau bisa sukses bekerja di Jakarta nanti”
“Terima kasih Ibu. Fitri sangat sayang sama Ibu. Fitri janji sama Ibu akan selalu memberi kabar ke Ibu.” Ucapku sambil mencium tangan Ibu.
Keesokan harinya sehabis mendapat persetujuan dari Ibu. Aku pun pergi meninggalkan kampungku menuju kota Jakarta.
Setelah hingga di Jakarta saya mulai menjalani hidup baruku dengan membuka sebuah warung makan kecil-kecilan. Usahaku lebih menguntungkan daripada dikampungku dulu. Aku jadi semakin betah tinggal di kota Metropolitan ini. Setelah beberapa tahun hidup di Jakarta. Usahaku pun semakin maju. Aku pun mempunyai beberapa cabang di beberapa kota lainnya. Karena perjuangan itu saya pun terkenal.
Suatu ketika, Pada dikala saya berbelanja di sebuah mall di Jakarta. Ada seseorang yang memanggilku dari belakang.
“Fitri.... Fitri” Ujar seseorang yang tidak kukenal itu.
Aku pun menoleh kesumber suara. Kulihat seorang pengusaha muda. Dia mendekatiku kemudian bertanya.
“Apakah kau benar Fitri Damayanti seorang pengusaha rumah makan yang populer itu kan ?” Ujar pemuda.
“Ia kau bener. Namaku Fitri Damayanti.” Ujarku memperkanalkan diri.
“Oh... Yaa, Namaku Ferry Putra Wijaya. Panggil saja saya Ferry.” Ucapnya. Dan kamipun pergi ke sebuah Cafe yang berada di sana. Setelah beberapa bulan kami berkenalan. Ferry pun kini menjadi sahabat baikku.Kabar ihwal diriku pun hingga ke kampung halamanku. Setelah mendapat kabar itu Ibuku pun berniat untuk menyusulku pergi ke Jakarta. Dengan membawa sebuah alamat yang ia sanggup dari tetangga sekitar.
Setelah hingga di Jakarta. Ibuku pun hingga di salah satu Restoranku. Dan ibu melihat seorang pelayan. Lalu, Ibu menyuruh Rindi menunggu di salah satu meja dan menuju ke pelayan tersebut.
“Assalamuallaikum, Permisi Mbak. Boleh saya bertanya?” Ucap Ibuku,
“Apa yang bisa saya bantu Bu?”,
“Apakah benar restoran ini milik Fitri Damayanti?”,
“Iyaaa... Restoran ini benar punya Fitri Damayanti. Emangnya kenapa Bu?”
“Itu anak saya mbak”,
“Yang benar Bu?” Ucap si pelayan tidak percaya.
“Benar Mbak. Saya Ibunya Fitri yang berasal dari kampung,” Ucap Ibu
“Bolehkah saya bertemu dengan Fitri?” Lanjut Ibu.
“Maaf Bu, Bos saya sedang tidak ada”
“Oh kira-kira Boleh gak saya meminta alamatnya?”
“Tunggu sebentar ya Bu”
“Iya Mbak.” Ibu tersenyum gembira
Setelah beberapa menit. Si pelayan itu pun tiba dengan memberi selembar kertas putih Kepada Ibuku.
“Ini Bu, Alamat Bos saya” Kata si pelayan sambil memperlihatkan selembar kertas ke Ibu”
“Iya makasih ya Mbak” Ucap Ibu sambil tersenyum.
Setelah mendapat alamat itu. Keesokan harinya Ibu pergi untuk mencari alamat rumahku itu. Dia pun menemukan rumahku yang berada di komplek perumahan yang mewah. Ibu pun tidak menyangka bahwa anaknya bisa sesukses ini. Ibu pun menekan bel tersebut.
“Ting... Tong,” Suara bel rumahku.
Setelah beberapa kali ia menekan bel itu. Keluarlah salah satu pembantuku Bik Ina.
“Permisi Bu. Apakah benar ini rumahnya Fitri Damayanti” Ucap Ibuku.
“Ya Bu, ini benar rumahnya non Fitri,”
“Apakah Fitrinya ada?”
“Beliau sedang pergi. Ibu siapanya non Fitri ?”
“Saya ini Ibunya Fitri dari kampung”
“Oohh.. ya.. Silakan masuk Bu. Ibu tunggu disini dulu, Mungkin sebentar lagi ia pulang.” “Silakan duduk Bu” Lanjut Bi Ina. Ibu hanya tersenyum.
Tiba-tiba kendaraan beroda empat yang di kendarai oleh ku datang. Aku dan Ferry terkejut ketika melihat ada seseorang Ibu dan Anak kecil duduk di Sofaku.
“Ibu siapa?” Ucapku dan Ferry hampir berbarengan.
“Saya Ibumu Fitri” Ucap Ibu.
“Hah, Gak mungkin. Ibu saya sudah usang meninggal” Ucapku menyakinkan
“Kamu tidak mengakui saya Nak ?” Ucap Ibu dengan mata berkaca-kaca.
“Aku tidak pernah mempunyai Ibu menyerupai Kamu. Ibuku bukan seorang miskin Seperti kamu!”
“Tapi Nak”
“Tidak ada Tapi-tapi. Sekarang kau pergi dari sini jangan kotori rumahku dengan bacin busukmu!” Ujarku membentak Ibu. Lalu Ibu dan Rindi keluar dengan muka yang kecewa.
“Ibu kenapa kakak Fitri tidak mengakui kita sebagai keluarganya?” Ucap Rindi sambil menangis.
“Mungkin kakakmu malu mengakui kita karna disana ada temannya.” Ucap Ibu sambil menghapus air mata Rindi.
Tidak jauh dari rumahku. Ibu melihat kendaraan beroda empat Ferry dan Aku pergi keluar dengan arah yang berbeda.
“Sepertinya mereka ingin pergi ke restorannya!” Pikir Ibu dalam hati
Karena kelelahan Ibu pun memutuskan untuk kembali kerumahnya, Sorenya Ibu mendapat kabar bahwa kendaraan beroda empat yang dikendarai oleh Ferry dan Fitri kecelakaan. Ibu segera pergi menuju rumah sakit
Setelah hingga di rumah sakit. Ibu dan Rindi segera mencari kamar tempat Fitri dirawat. Ibu menitikan air mata ketika melihat saya penuh dengan darah, Ibu pun keluar dan menemui Dokter yang menanganiku.
“Dokter. Bagaimana keadaan anak saya ?” Kata Ibu dengan cemas.
“Anak Ibu mengalami kerusakan pada mata dan menimbulkan anak Ibu tidak bisa melihat” Ujar Dokter itu
“Astagfilullah jadi anakku buta? Bagaimana cara supaya anakku bisa melihat kembali?” Tanya Ibu.
“Jalan satu-satunya yakni secepatnya mencari pendonor mata pada Fitri” Jelas Doktr
“Oke, Kalau begitu saya akan mendonorkan mata saya untuk Fitri” Ujar Ibu
“Kalau Ibu mendonorkan mata Ibu, Maka Ibu tidak bisa melihat lagi selamanya. Makara apa anda serius ?”
“Saya serius bila ini untuk kebaikkan anak saya” Kata Ibu dengan serius.
“Baiklah kalau itu keputusan Ibu, Kita akan mempercepat operasinya”
Beberapa jam kemudian operasi pun selesai, Aku sanggup melihat lagi. Aku pun ingin tau siapa yang telah mendonorkan matanya buatku, Aku pun bertanya kepada Dokter yang telah mengoperasiku.
“Dokter, Siapa yang telah berbaik hati mendonorkan matannya untukku ?” jawabku penasaran.
“Tapi kau harus bersabar. Ayo ikut aku” Ajak Dokter.
Aku pun mengikuti Dokter itu dari belakang, Sambil menangis sehabis hingga diruangan itu. Aku pun eksklusif memeluk Ibu dan berkata.
“Ibuuu...”
“Fitri.. Apakah kau Fitri?” Tanya Ibu.
“Iya Bu, Ini Benar Fitri. Maafin semua kesalahan Fitri, Fitri menyesal Bu” Kataku sambil menangis.
“Tidak apa, Ibu sudah memaafkanmu. Semua ini Ibu lakukan untuk anak yang Ibu cintai” Kata Ibu.
Aku pun tidak kuasa menahan tangis. Aku menyesal telah melaksanakan ini ke Ibuku. Dia rela berkorban demi anaknya, Aku berjanji tidak akan mengulanginya.Akhirnya kami pun hidup bahagia
Identitas Penulis
Nama:
Meita Nurmala Cabang:
BW KM6 Kelas:
9/2/4 Sekolah:
Sekolah Menengah Pertama N 55 Palembang Guru:
Miss Andika
Karya favorit pertama versi FB Budiwijaya Kreatif
(Penulisan Karya Bahasa dan Sastra Indonesia seBudiwijaya Kota Palembang Tahun 2011)
Ayah
Aku selalu membuatmu kecewa
Tak pernah membuatmu jadi bahagia
Itu lantaran saya tak sempurna
Tak pernah menjadi apa yang kau pinta
Bagiku kau pergi terlalu cepat
Meminta maaf sudah tak sempat
Namun mungkin itu hal yang cukup tepat
Melihat sakitmu yang tak kunjung sehat
Kau telah berkeja susah payah
Melupakanmu bukan hal yang mudah
Aku tak ingin kita berpisah
Maafkanlah segala salahku Ayah..
Identitas Penulis
Nama : Bukhori Muslim Kelas : 9/2/4
Cabang : Parameswara Guru : Sir Ian
Karya favorit kedua versi FB Budiwijaya Kreatif
(Penulisan Karya Bahasa dan Sastra Indonesia seBudiwijaya Kota Palembang Tahun 2011) Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Tiada kata yang pantas terucapkan
Kecuali terima kasih yang dalam
Atas jasa-jasamu ibu, bapak guruku
Yang telah membimbing dan mengajariku
Hanya terima kasih yang sanggup kami berikan
Hanya terima kasih yang sanggup kami persembahkan
Wahai Ibu, Bapak guruku
Sungguh besar jasa-jasamu
Untuk anak bangsa dan tanah air
Engkaulah jagoan tanpa tanda jasa
Yang senantiasa
menerangi masa depan kami
Identitas Penulis
Nama : Sari Nurhidayati Kelas : 8/2/5
Cabang : Lemabang Guru : Ms. Nurjana
Karya favorit ketiga versi FB Budiwijaya Kreatif
(Penulisan Karya Bahasa dan Sastra Indonesia seBudiwijaya Kota Palembang Tahun 2011)
Demikian materi Bahasa Indonesia tentang Membaca Ekstensif Sebuah Artikel. Semoga bermanfaat...
Sumber http://artikelmateri.blogspot.com
0 Response to "Membaca Ekstensif Sebuah Artikel"
Posting Komentar