iklan

Burung Tak Punya Penis ???????????



Bagaimana Burung Bisa Tak Punya Penis?
 Sperma ditransfer lewat prosedur yang disebut  Burung Tak Punya Penis ???????????
Penis embrionik ayam. Ayam sampaumur tak mempunyai penis. Sperma ditransfer lewat prosedur yang disebut "ciuman kloaka". | C.L. Perriton dan M.J. Cohn

KOMPAS.com — Penelitian terbaru memberi klarifikasi mengapa burung kehilangan penis dalam proses evolusinya.

Burung menyerupai ayam yang secara normal mempunyai penis pada ketika embrio. Namun, begitu tumbuh dewasa, penis mengalami degradasi.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology menunjukkan, penis mengalami reduksi lantaran banyak burung mempunyai "program" genetik yang menghentikan perkembangan penis.

Ketika penis tak berkembang, ayam bisa mengontrol reproduksinya.

Martin Cohn dari University of Florida di Gainesville yang menjadi co-author dalam publikasi penelitian ini mengatakan, "Penemuan kami menunjukkan, reduksi penis dalam evolusi burung terjadi dengan aktivasi prosedur normal maut sel yang terprogram di lokasi baru, ujung dari penis yang sedang tumbuh."

Tim peneliti menemukan bahwa gen yang disebut Bmp4 memainkan peranan penting dalam proses ini. Dalam perkembangan ayam, ketika gen Bmp4 aktif, perkembangan penis akan terhenti.

Sementara itu, pada angsa yang masih mempertahankan penisnya, gen tersebut tetap inaktif.

Karena tak punya penis, ayam dan burung lain yang juga tak mempunyai penis harus menyebarkan cara reproduksi selain dengan penetrasi.

Baik burung jantan maupun betina mempunyai pembukaan yang disebut kloaka. Ketika kloaka jantan dan betina bersentuhan, maka sperma akan ditransfer. Mekanisme transfer sperma ini sering disebut "ciuman kloaka".

Meski lantaran reduksi penis bisa diuraikan, alasan mengapa banyak burung harus tak memilikinya masih menjadi misteri. Pimpinan studi, Anna Herrera, dari University of Florida, berspekulasi bahwa hilangnya penis terkait upaya kontrol reproduksi.

"Genitalia lebih sering terdampak cacat lahir daripada organ lainnya," kata Cohn menyerupai dikutip BBC, Kamis (6/6/2013).

"Membedah basis molekuler dari variasi natural yang dipicu oleh evolusi bisa membantu inovasi prosedur gres perkembangan embrio yang tak terduga," lanjut Cohn.

"Ini tak hanya membuka kesempatan bagi kita untuk memahami bagaimana evolusi bekerja, tetapi juga memperoleh pandangan gres ihwal lantaran malformasi," pungkasnya. 

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2013/06/07/20003850/Bagaimana.Burung.Bisa.Tak.Punya.Penis


Sumber http://rizalsuhardieksakta.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Burung Tak Punya Penis ???????????"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel