iklan

8 Perbedaan Fakta Dan Opini, Ciri-Ciri, Dan Pola Kalimatnya

Dalam sebuah berita, terdapat banyak informasi yang terkandung di dalamnya. Namun, dari semua informasi tersebut tidak semuanya berupa fakta. Para penulis isu kadang kali juga menyematkan opini mereka untuk menciptakan isu menjadi lebih menarik untuk disimak. Oleh sebab itu, sebagai penikmat isu sudah seharusnya kita sanggup membedakan antara opini dan fakta semoga informasi yang diterima tidak menjadi bias.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas apa saja perbedaan fakta dan opini tersebut lengkap beserta ciri-ciri dan contohnya. Penjelasan ini dibentuk khusus untuk kau yang mungkin masih kurang jelas dalam memahami dan membedakan keduanya.

Perbedaan Fakta dan Opini

Untuk mengetahui apa saja perbedaan fakta dan opini, akan lebih gampang bila kita menelusuri pengertian dari keduanya.

 terdapat banyak informasi yang terkandung di dalamnya 8 Perbedaan Fakta dan Opini, Ciri-ciri, dan Contoh Kalimatnya Fakta diartikan sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi dan sanggup dinyatakan kebenarannya dengan indra manusia. Oleh sebab itu, jikalau sesuatu itu tidak sanggup dinyatakan kebenarannya secara langsung, maka itu tidak sanggup disebut sebagai fakta. Oleh sebab itu, suatu fakta sanggup disangka sebagai hoax atau isu bohong jikalau kebenarannya tidak atau belum terbukti.

Fakta sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu fakta umum dan fakta khusus. Fakta umum ialah fakta yang kebenarannya berlaku sepanjang masa, contohnya matahari terbit dari barat; sedangkan fakta khusus ialah fakta yang kebenarannya berlaku hanya pada waktu tertentu, contohnya Gubernur Jakarta ketika ini ialah Anies Baswedan.
Baca Juga : Perbedaan Anekdot dan Humor
Sementara itu, opini diartikan sebagai suatu pendapat, pikiran, ataupun pandangan gres seseorang yang menjelaskan pilihan, kecenderungan, atau preferensi tertentu sehingga bersifat subjektif dan dibutuhkan pengujian untuk menunjukan kebenarannya. Opini juga sanggup merupakan sesuatu yang diperkirakan akan berlaku di masa depan.

Opini juga sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu opini perorangan dan opini kelompok. Opini perorangan ialah opini yang dikemukakan oleh seorang saja, contohnya esok pagi akan turun hujan; sedangkan opini umum ialah opini yang dikemukakan oleh banyak orang, contohnya mandi malam hari akan menjadikan rematik.

Agar perbedaan fakta dan opini sanggup dengan lebih gampang dipahami, kau sanggup membandingkan beberapa teladan fakta dan opini berikut ini.
Contoh Kalimat FaktaContoh Kalimat Opini
Ir. Joko Widodo ialah Presiden RI periode 2014 sd 2019.Ir. Joko Widodo ialah seorang yang sangat merakyat.
Ayam bangkok ialah binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur.Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang paling tangguh dalam bertarung.
BMKG mencatat, bulan ini curah hujan di Jakarta mencapai angka tertingginya semenjak 10 tahun terakhir.Bulan ini Jakarta terus diguyur hujan dan sangat mungkin hal yang sama terus terjadi sampai bulan berikutnya.
PDIP memperoleh bunyi terbanyak pada pemilu tahun 2014.PDIP diprediksi akan kembali memperoleh bunyi terbanyak pada pemilu tahun 2014.
Kopi arabika hanya sanggup berbuah jikalau ditanam di ketinggian 1500 m dpl.Kopi arabika lebih nikmat dibandingkan kopi robusta.
Kepanjangan dari TVRI ialah Televisi Republik Indonesia dan merupakan stasiun televisi milik pemerintah.Siaran isu di TVRI sering tampil pada jam-jam yang kurang tepat.
Dari pengertian dan beberapa teladan di atas, kita sanggup menemukan adanya beberapa perbedaan antara fakta dan opini ditinjau dari ciri-ciri keduanya. Berikut ini perbedaan-perbedaan tersebut telah kami rangkum dalam bentuk tabel.
FaktaOpini
Dapat dibuktikan kebenarannyaTidak sanggup dibedakan kebenarannya
Memiliki data yang akuratMemiliki data yang kurang akurat
Memiliki sumber yang sanggup dipercayaMemiliki sumber yang kurang sanggup dipercaya
Fakta bersifat objektifOpini cenderung subjektif
Fakta merupakan sesuatu yang pernah terjadiOpini cenderung sesuatu yang belum terjadi
Memiliki data pendukung yang menunjukan kebenarannyaTidak mempunyai data pendukung
Fakta ialah suatu kepastianOpini ialah suatu ketidakpastian
Fakta di akui semua orangOpini tidak di akui semua orang
Nah, demikianlah klarifikasi singkat mengenai apa saja perbedaan antara fakta dan opini yang semoga sanggup mencerahkan. Fakta dan opini memang sering ditemui bersama dalam sebuah berita. Dengan sanggup membedakan keduanya, semoga kau sanggup mendapatkan dan menyimpulkan setiap informasi yang kau terima dengan lebih baik. Salam!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Perbedaan Fakta Dan Opini, Ciri-Ciri, Dan Pola Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel