iklan

√ 4 Film Indonesia Yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?

Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia? Atau mungkin malah skeptis sama kualitas film Indonesia? Artikel kali ini akan membahas soal film Indonesia yang mendunia. Rasanya informasi semacam ini perlu disebarkan lebih luas dan lebih sering diinformasikan guna menumbuhkan minat dan rasa percaya orang Indonesia terhadap kualitas film Indonesia.


Memang masih banyak orang yang belum bisa percaya akan kualitas film Indonesia sebab aneka macam alasan. Namun, sebagai warga negara yang baik, kita juga perlu mendukung usaha para penggiat dunia film untuk terus berproses meningkatkan kualitas film kita.


Maka, artikel ini ditulis dengan impian lebih banyak orang tahu akan film-film Indonesia yang berkualitas. Terbukti dengan aneka penghargaan film bergengsi yang berhasil diraih. Mungkin beberapa di antaranya malah tidak terlalu populer di dalam negeri sendiri.


Kalau kau kebetulan suka nonton film, mari simak beberapa film Indonesia yang akan dibahas di artikel ini. Siapa tahu kalau kau belum nonton filmnya, malah jadi tertarik untuk menonton. Kalau ada lebih banyak orang yang mau nonton film lokal, maka akan sangat berarti pada perkembangan industri film kita. Yuk, baca terus ulasannya berikut ini!


4 Film Indonesia yang Mendunia


1. The Raid: Redemption [2011]


Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia √ 4 Film Indonesia yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?


Masih ingat waktu pertama kali trailer film ini muncul? Dunia maya pribadi heboh begitu saja sebab kerennya luar biasa. Kita ibarat sedang menonton film Hollywood! Adegan baku hantam yang indah sekaligus kejam terlihat tak biasa untuk ukuran film Indonesia. Iko Uwais dan kawan-kawan menciptakan gebrakan yang signifikan melalui film ini.


Pertama kali dipublikasi pada Toronto International Film Festival 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness para kritikus dan penonton memuji film itu. Tak heran kalau mendapat penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award.


Terpilihnya film ini untuk diputar pada beberapa pameran film internasional di beberapa negara, ibarat Amerika, Irlandia, Skotlandia, Korea Selatan menimbulkan film ini sebagai film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.


Kisahnya wacana penyerbuan sebuah gedung kumuh yang menjadi daerah persembunyian para kriminal yang dianggap paling berbahaya. Gedung itu dikenal sangat berbahaya sehingga tak tersentuh oleh siapapun. Semuanya berubah ketika sekelompok tim polisi memutuskan untuk menyerbu gedung itu.


Selain sebab pengambilan gambarnya, koreografi seni bela diri pada film ini juga dibentuk dengan begitu indah hingga menuai decak kagum dari para juri dan penonton aneka macam pameran film internasional. Dengan kesuksesan itu The Raid berhasil meraup penghasilan $15 juta di seluruh dunia.


2. Pengabdi Setan [2017]


Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia √ 4 Film Indonesia yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?


Film ini merupakan pembuatan ulang dari film berjudul sama yang rilis tahun 1980. Disutradarai oleh Joko Anwar dan berhasil menjadi salah satu film Indonesia terlaris tahun 2017 dengan pencapaian lebih dari 4 juta penonton.


Selain sukses di dalam negeri, film ini juga terbilang sukses mendunia. Tayang di beberapa negara seperti, Jepang, Spanyol, Amerika, Polandia, Thailand, Singapura, Malaysia dan negara lainnya.


Film ini juga banjir penghargaan dari dalam dan luar negeri. Antara lain, memenangkan kategori film terseram dalam Festival Film Horor Popcorn Fights yang diselenggarakan di Florida. Selain penghargaan, kita juga patut berbangga sebab film ini tayang di banyak pameran film bergengsi dan selalu sold out.


Tara Basro, Dimas Aditya, Ayu Laksmi dan sederet nama bintang berbakat lainnya turut serta dalam film ini. Berkisah wacana Ibu yang merupakan seorang pengabdi setan kembali untuk mengambil anaknya. Berbagai teror mengerikan harus dilalui anak-anaknya.


Kalau kau menyukai film horor, tentu saja film ini harus masuk ke dalam daftar tontonanmu. Banyak penonton yang tak ragu melabeli film ini sebagai film horor Indonesia terbaik yang pernah ditontonnya. Jadi, jangan hingga melewatkan film ini, ya!


3. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak [2017]


Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia √ 4 Film Indonesia yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?


Pada tahun rilisnya film ini banyak dibicarakan orang sebab jalan ceritanya yang bisa dibilang tak biasa untuk ukuran film Indonesia. Film yang disutradarai Mouly Surya ini tak hanya memikat penonton lokal tetapi juga global.


Kabar yang beredar, film ini didistribusikan hingga ke 18 negara! Amerika, Kanada, negara di Eropa dan Asia Tenggara. Kita boleh besar hati untuk itu. Ini menandakan kalau semakin banyak film Indonesia yang berkualitas dan diakui secara global.


Sebelum tayang di Indonesia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ditampilkan di aneka macam pameran film internasional. Film ini diputar perdana di Directors Fortnight Festival Film Cannes 2017. Selain itu, masuk juga dalam seleksi New Zeland International Film Festival, Melbourne FIlm Festival, serta Toronto International Film Festival.


Marsha Timothy yang menjadi pemain drama utama film ini bahkan memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival mengalahkan Nicole Kidman yang juga masuk nominasi.


Kisahnya wacana Marlina yang membunuh Markus sang ketua perampok yang mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatan Marlina di depan suaminya yang sudah berbentuk mumi. Marlina memenggal Markus dan membawa kepalanya dalam sebuah perjalanan mencari keadilan dan penebusan. Markus yang tak berkepala berjalan menguntitnya.


4. Battle of Surabaya [2015]


Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia √ 4 Film Indonesia yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?


Berbeda dengan film sebelumnya, film Indonesia yang sukses populer diseluruh dunia kali ini merupakan film animasi. Menyajikan drama, aksi, juga sejarah produksi MSV Pictures. Karya perdana dari sutradara Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan dongeng fiktif yang mengambil latar belakang sejaran usaha bangsa Indonesia pada ketika perang Surabaya 1945.


Trailer film ini meraih beberapa penghargaan di antaranya, Most People Choice Award dalam ajang International Movie Trailer Film Festival 2013. Film ini juga masuk nominasi Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.


Penghargaan lain untuk film ini tiba dari aneka macam pameran film internasional sehabis rilis. Di antaranya, meraih penghargaan Best Animation dalam Hollywood International Motion Pictures Film Festival 2018, European Cinematography Award 2018, Amsterdam Film Festival 2018 dan banyak penghargaan bergengsi lainnya.


Kesuksesan film ini di kancah internasional menandakan kalau Indonesia bisa menciptakan film animasi kelas dunia. Semoga dengan kesuksesan film ini ke depannya akan ada lagi film animasi buatan dalam negeri yang juga sukses mendunia.


Animasi memang bukan genre film yang laku di Indonesia. Belum banyak film animasi buatan dalam negeri yang tayang di bioskop. Namun, bukan berarti kita tidak bisa, ini cuma problem waktu. Kelak, niscaya akan ada film animasi berkualitas lainnya yang dibentuk oleh anak bangsa.


Kalau kau menggemari animasi, jangan lewatkan film yang satu ini, ya! Dukunganmu untuk karya anak bangsa akan sangat berarti untuk memotivasi para pembuat film semoga terus berkarya dan menghasilkan film yang berkualitas. Terutama film animasi yang masih sangat sedikit yang melirik.


Kira-kira adakah film yang menarik minatmu? Atau malah kau sudah nonton? Coba ceritakan di kolom komentar, ya! Kalau kau punya aksesori film Indonesia yang populer diseluruh dunia dan belum dibahas di atas, kau juga boleh menambahkan di kolom komentar.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 4 Film Indonesia Yang Sukses Mendunia, Pernah Nonton?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel