iklan

Tentang Biaya Materi Baku Langsung

Bahan baku pribadi (direct material). Biaya ini merupakan pengeluaran yang dilakukan untuk pemakaian materi baku produksi utama yang terkait pribadi dengan produk yang akan dihasilkan. Bahan baku inilah yang diproses dalam departemen produksi dan sanggup diidentifikasikan dalam bentuk produk akhir.

Pada ketika dibeli disebut sebagai materi baku, beberapa belahan disimpan sebagai persediaan materi baku, dan yang digunakan untuk produksi saja yang dinamakan sebagai materi baku langsung. Contoh: dalam industri garmen atau penjahitan pakaian jadi, materi baku yang merupakan materi baku utama yaitu tekstil atau kain.


Suatu produk tidak sanggup diidentifikasikan seluruh material yang membentuknya dengan detail. Terdapat beberapa material atau materi perhiasan yang digunakan dalam produk, namun tidak sanggup dikuantifikasi atau diketahui jumlah biaya yang terkait sebab jumlahnya kecil.

Misalnya suatu produk pakaian, materi baku utamanya yaitu tekstil. Bahan pembantunya yaitu benang, lining, kancing, material pembungkus (plastik, karton, jepit untuk packing, dan lainnya). Bahan pembantu ini sangat sulit diidentifikasikan berapa kuantitas yang digunakan sebab menyangkut jumlah yang kecil.

Bisa saja diperoleh data tersebut dengan perhitungan yang presisi (teliti), namun ada risiko biayamenghitungnya lebih besar ketimbang nilai info yang diperoleh. Keseluruhan materi pembantu tersebut dikumpulkan dalam satu asumsi overhead dan dialokasikan ke masing-masing produk dalam bentuk alokasi biaya overhead.

Sumber http://fuzudhoz.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Biaya Materi Baku Langsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel