iklan

Permintaan Dan Penawaran Dalam Ekonomi



MEKANISME PASAR : PERMINTAAN DAN PENAWARAN

-> Permintaan ialah impian konsumen membeli suatu barang pada aneka macam tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ajakan :

1. Harga barang itu sendiri
Hukum  permintaan   menyatakan   "Bila   harga suatu barang naik, ceteris paribus, maka jumlah barang itu  yang  diminta  akan  berkurang  dan sebaliknya".

2. Harga barang lain yang terkait
Barang  subtitusi     (pengganti)     dan     barang komplementer

3. Tingkat pendapatan per kapita
Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat,  sehimgga  permintaan  akan  suatu  barang meningkat

4. Selera atau kebiasaan

5. Jumlah penduduk

6.  Perkiraan harga di masa mendatang

7. Distribusi pendapatan

8. Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan

-> Penawaran  adalah  jumlah  barang  yang  produsen ingin tawarkan (jual) pada aneka macam tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

1. Harga barang itu sendiri
Jika  harga  suatu  barang  naik,  maka  produsen cenderung akan menembah jumlah barang yang dihasilkan. Hukum penawaran menyatakan "Semakin    tinggi harga suatu barang, ceteris paribus, semakin banyak jumlah barang tersebut yang  ingin  ditawarkan  oleh  penjual  dan sebaliknya".

2. Harga barang lain yang terkait

3. Harga faktor produksi

4. Biaya produksi

5. Teknologi produksi

6. Jumlah pedagang/penjual

7. Tujuan perusahaan

8.  Kebijakan pemerintah

-> Harga keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen sama sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang akan dikonsumsi dan dijual Perubahan   keseimbangan   pasar   terjadi   bila   ada perubahan di sisi permintaan atau penawaran.

 Penyebab terjadinya kegagalan pasar :

a. Informasi tidak sempurna
Tidak tahu persis kualitas barang

b. Daya monopoli

c.  Eksternalitas
Keuntungan  atau  kerugian  yang  dinikmati  atau
diderita pelaku ekonomi sebagai akbibat tindakan pelaku ekonomi yang lain, tetapi tidak dapat dimasukkan dalam perhitungan biaya secara formal.

d. Barang publik

e. Barang  altruism  :  barang  yang  ketersediaannya
secara sukarela karena rasa kemanusiaan

-> Intervensi pemerintah
a. Kontrol harga untuk melindungi konsumen atau produsen, dengan penetapan harga dasar dan harga maksimum
b. Pajak dan subsidi
c. Tarif dan kuota (pembatasan produksi)


Sumber http://fuzudhoz.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Permintaan Dan Penawaran Dalam Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel