iklan

Cerdas Istimewa

BAGAIMANA MENGAJAR ANAK CERDAS ISTIMEWA ?

Dalam acara mengajar, keberadaan siswa cerdas istimewa sering terabaikan. Hal ini disebabkan ketidakpahaman guru maupun sekolah dalam mengidentifikasi, memahami dan mengetahui aneka macam hal wacana keberadaan siswa cerdas istimewa. 

Ilustrasi Anak Cerdas Istimewa

CERDAS ISTIMEWA?

Menurut Renzuli, anak cerdas istimewa ialah anak yang mempunyai tiga komponen diatas rata-rata sahabat sebaya, yaitu Intellegence Quotient lebih dan sama dengan 130, Task Comitment dan Creativity Quotient diatas rata - rata (3). Dengan alat ukur ini maka siswa berhak mendapat pelayanan pendidikan khusus yang bersifat individual untuk lebih memaksimalkan kemampuan mereka. Masalahnya muncul lantaran masih banyak guru yang belum mengenal karakteristik anak cerdas istimewa dan bentuk pelayanan yang sempurna untuk memaksimalkan potensi terpendam mereka. (amanat Undang-undang No.2 Th 1989 wacana Sisdiknas pasal 24 ayat 6 dan Undang-undang Sisdiknas No.20 Th 2003 pasal 5 ayat 4).

Guru sanggup melaksanakan pengamatan dini dengan memperhatikan beberapa karakteristik ibarat diatas. Beberapa karakteristik lainnya diantaranya ialah ibarat yang diungkap Prof. Dr. S.C. Utami Munandar yaitu gampang menangkap pelajaran, ingatan baik, perbendaharaan kata luas, daypikir tajam (berpikir logis-kritis, memahami korelasi sebab-akibat), daya konsentrasi baik (perhatian tak gampang teralihkan), menguasai banyak materi wacana macam-macam topik, bahagia dan sering membaca, ungkapan diri lancar dan jelas, pengamat yang cermat. Namun selain karakteristik aktual diatas, anak cerdas istimewa juga mempunyai huruf negatif diantaranya tidak sabaran, tidak suka campur tangan orang lain, tidak suka hal yang rutin, sensitif dan menyukai berpikir kompleks.

BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN MEREKA?

Karena mendapat pelayanan khusus merupakan hak mereka, maka semua sekolah wajib melaksanakan perbaikan dan pembenahan dalam menangani anak cerdas istimewa. Memang ada beberapa sekolah yang melaksanakan jadwal akselerasi sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak cerdas istimewa, namun keberadaan mereka yang mungkin ada di setiap populasi (hasil penelitian menyebutkan 2 - 5 % dari jumlah populasi potensial cerdas istimewa) masih belum sanggup mencicipi pelayanan yang tepat, maka semua sekolah wajib memperlihatkan layanan kepada mereka dengan maksimal.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pendampingan pendidikan kepada anak cerdas istimewa diantaranya ialah :
  • Pertama, kurikulum yang digunakan ialah kurikulum nasional dan lokal yang telah dimodifikasi dengan memasukan unsur pengayaan, pendalaman dan pemilihan materi essensi sehingga kurikulum sanggup bersifat fleksibel dan bisa merangsang daya kreatif siswa. Kurikulum ini disebut dengan kurikulum berdiferensiasi. Guru dituntut untuk sanggup melaksanakan rekayasan kurikulum secara cerdas sehingga memungkinkan guru dan siswa melaksanakan improvisasi dalam acara belajar.
  • Kedua, metode pembelajaran. Karena karakteristik anak cerdas istimewa salah satunya ialah cepat bosan dan bahagia melaksanakan proyek sendiri, maka guru dituntut untuk kreatif dan cepat tanggap terhadap tingkat kebutuhan siswa. Siswa cerdas istimewa cenderung gampang bosan dengan materi yang bersifat hapalan dan banyak menulis. Memberikan kiprah atau proyek dengan skala besar dan membutuhkan perhatian yang ekstra dan menantang sangat digemari mereka. Misalnya menugaskan siswa untuk mempersiapkan materi tertentu untuk lalu mereka presentasikan di depan teman-temannya.
  • Ketiga, evaluasi. Evaluasi siswa cerdas istimewa harus dibedakan dengan siswa lainnya. Untuk mereka guru tidak bisa hanya memakai satu jenis tes ibarat "pen and paper test". Guru bisa menguji mereka dari kemampuan presentasi, cerita, pentas drama, proyek, lisan, quiz atau membaca buku dengan bobot nilai diperlakukan dengan ulangan harian. Untuk memberi score pun lebih baik tidak terpaku pada angka 100, namun guru sanggup memperlihatkan nilai 120 atau 130 apabiila siswa bisa memberi tanggapan lebih dari yang diharapkan. Hal ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk meraih nilai optimal.

PENUTUP

Akhirnya, bagaimanapun sekolah dan guru harus bisa memperlihatkan layanan pada siswa cerdas istimewa lantaran itu ialah hak bagi mereka. Juga keberadaan mereka yang selama ini termarginalkan sanggup lebih eksis dan bisa menimbulkan diri mereka sebagai asset bangsa di masa depan.
Pelayanan kepada siswa cerdas istimewa ini pun sejalan dengan jadwal pendidikan inklusi yang memperlihatkan perlakukan sama kepada semua siswa dengan aneka macam ciri dan huruf yang berbeda di semua sekolah.

Penulis  : Imam Wibawa Mukti,S.Pd
Sumber : http://artikel.us/

Sumber http://gurumatiksma.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerdas Istimewa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel