iklan

√ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji Yang Menarik Untuk Diketahui

Siapa di sini yang belum pernah mencoba jambu biji? Salah satu buah yang kaya manfaat ini sering menjadi penghias masa kecil seseorang. Itu lantaran pohon jambu biji sering ditemukan tumbuh secara alami di kebun-kebun sampai halaman rumah. Nah, di daerah itulah beberapa memori masa kecil yang indah sering terjadi.


Pohon jambu biji yang tumbuh di halaman rumah biasanya suka dijadikan pohon keluarga yang dicintai. Pohon ini sanggup tumbuh berpengaruh sepanjang ekspresi dominan tanpa perlu perawatan khusus. Saat ekspresi dominan panen tiba, buah jambu biji yang manis sering disantap sama-sama dengan keluarga dan teman atau dibagikan ke tetangga.


Meskipun secara komersial kurang diperhitungkan, jambu biji dilarang dianggap remeh. Buah ini kaya akan nutrisi yang sangat manis untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun jambu biji dipercaya bisa menyembuhkan penyakit diare (penulis pernah membuktikannya loh). Dan masih banyak lagi manfaat jambu biji yang belum diketahui oleh banyak orang.


Karena hal ini sangat penting, di bawah ini Bacaterus akan membahas sekelumit mengenai beberapa manfaat jambu biji.


1. Bagus untuk Kesehatan Jantung


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Jambu biji ialah salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin dan kadar antioksidan yang tinggi. Kedua hal ini dipercaya mampu membantu melindungi jantung kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.


Jambu biji juga sanggup membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Sebaliknya, buah ini malah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


2. Mempertajam Penglihatan


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: www.health.mil


Orang renta kita sering menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran wortel semoga penglihatan kita menjadi bagus. Itu memang benar lantaran kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel dianggap manis untuk kesehatan mata yang pada akibatnya sanggup memperbaiki kualitas penglihatan.


Nah, vitamin A juga ternyata dimiliki oleh buah jambu biji loh. Selain sanggup membantu mempertajam penglihatan, mengkonsumsi jambu biji juga sanggup memperlambat timbulnya katarak dan degenerasi makula. Meskipun vitamin A-nya tidak sekaya wortel, buah ini tetap merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Jambu biji juga bisa menjadi teman baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Dengan hanya 37 kalori dalam satu buah dan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, jambu biji sanggup dipercaya dengan baik dalam proses menurunkan berat badan.


Itu artinya dengan mengkonsumsi satu buah jambu biji saja perut kita jadi cepat kenyang sehingga tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. Vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam jambu biji juga merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Jambu merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, bahkan jumlahnya dipercaya 4 kali lebih banyak dibandingkan jumlah vitamin C pada jeruk. Sudah tahu manfaat dari vitamin C ini?


Kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh bisa menciptakan kita gampang terkena abses dan penyakit. Oleh lantaran itu, tubuh kita memerlukan asupan vitamin C yang cukup semoga kekebalannya meningkat. Dan salah satu sumber terbaik vitamin C dari produk alami ialah jambu biji. Praktis lelah dan letih? Cobalah konsumsi jambu biji secara teratur.


5. Menurunkan Risiko Kanker


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Menurut seorang praktisi kesehatan yang berjulukan Dr. Manoj K. Ahuja, lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya yang bertindak sebagai antioksidan berpengaruh yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.


Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa buah jambu biji telah terbukti berhasil secara luas dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara lantaran kaya akan likopen. Jadi, buah jambu biji ini ternyata membawa manfaat yang sangat besar bagi yang mengkonsumsinya.


6. Bagus untuk Kulit


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Selain manis untuk kesehatan tubuh potongan dalam, buah jambu biji juga disebut-sebut manis untuk kesehatan tubuh potongan luar, yaitu kulit. Alasannya ialah lantaran banyak sekali macam vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam jambu biji ternyata sangat baik untuk kulit kita.


Antioksidan jambu biji sanggup melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat proses penuaan, dan membantu mencegah keriput. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif untuk membunuh basil penyebab jerawat.


Oleh lantaran itu, jikalau kulit kita berjerawat, kita sanggup mencoba treatment alami dengan daun jambu biji (langsung diaplikasikan pada kulit, kemungkinan perlu ditumbuk terlebih dahulu). Jambu biji juga sanggup membantu kulit kita terlihat bercahaya dan segar. Berikut ialah tipsnya.



  • Buat scrub dari daging jambu biji dan kuning telur dengan cara ditumbuk.

  • Oleskan scrub pada wajah secara merata.

  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.


Treatment ini sanggup dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu. Scrub alami dari jambu biji dan kuning telur sanggup menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan mencerahkan warna kulit. Jambu biji juga merupakan sumber Vitamin K, yang membantu menghilangkan perubahan warna kulit, bulat hitam, kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.


7. Meringankan Stress


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: pixabay.com


Suka stress sehabis seharian bekerja yang melelahkan? Coba saja makan jambu biji. Kandungan magnesium dalam jambu biji sanggup membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh. Oleh lantaran itu, mengkonsumsi buah ini sehabis melaksanakan acara kerja yang menguras banyak energi bisa melawan stres dan memberi sistem tubuh dorongan energi yang baik.


8. Melawan Batuk dan Pilek


Siapa di sini yang belum pernah mencoba  √ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji yang Menarik untuk Diketahui

* sumber: www.publicdomainpictures.net


Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi pada jambu biji terbukti bersifat preventif terhadap abses flu dan virus. Mengkonsumsi jus jambu biji mentah dan belum matang atau rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan tanda-tanda batuk dan pilek lantaran sanggup menghilangkan lendir dan mensterilkan terusan pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.


Nah, itulah beberapa manfaat jambu biji yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Karena sangat kaya akan nutrisi dan mineral, jambu biji juga mungkin masih mempunyai banyak manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Bahkan daun jambu biji pun terbukti ampuh mengobati beberapa dilema kesehatan.


Jambu biji ialah buah yang lezat. Dagingnya terasa manis, kaya serat, dan tentu saja gampang didapat. Umumnya jambu biji mempunyai dua varian utama, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih. Harga sekilo jambu biji bisa lebih murah dari sekilo buah jeruk. Meskipun demikian, manfaat jambu biji tak kalah manis dari buah jeruk dan buah-buah terkenal lainnya.


Tertarik dengan jambu biji? Kamu bisa membeli buahnya secara eksklusif di pasar atau menanam pohonnya sendiri dengan mudah. Jika ingin mencoba menanam jambu biji di halaman rumah atau kebun, beli dulu bibitnya di marketplace pilihan kami, yaitu Bukalapak. Klik di sini untuk mendapat banyak sekali bibit jambu biji dengan gampang dan terjangkau.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah 8 Manfaat Jambu Biji Yang Menarik Untuk Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel