iklan

√ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak Yang Cantik Untuk Tubuh

Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Karibia. Pohon sirsak juga tumbuh di Indonesia lantaran beriklim tropis. Buah ini dibawa ke tanah air kita oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada kurun ke 19 (sebagai info, Belanda mempunyai bekas tanah jajahan di benua Amerika, jadi masuk logika kalau mereka yang mengenalkan buah ini ke Nusantara).


Buah sirsak mempunyai tampilan yang menyerupai dengan durian (durian belanda ialah sebutan lain untuk buah ini). Kulitnya yang berwarna hijau dipenuhi dengan duri (tidak sekeras durian dan sanggup digenggam dengan tangan), dengan daging berwarna putih dan biji berwarna hitam.


Rasanya yang masam dan menyegarkan menciptakan daging buah sirsak sering dijadikan materi utama menciptakan jus dan es krim. Tidak hanya bermanfaat secara komersial, buah sirsak juga ternyata mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut ini ialah beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang perlu diketahui.


Kandungan Nutrisi Buah Sirsak


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/tgerus/


Dalam 100 gram daging buah sirsak kira-kira terkandung nutrisi dalam jumlah berikut ini:



  • Kalori: 66

  • Protein: 1 gram

  • Karbohidrat: 16,8 gram

  • Serat: 3,3 gram

  • Vitamin C: 34% dari RDI

  • Kalium: 8% dari RDI

  • Magnesium: 5% dari RDI

  • Tiamin: 5% dari RDI


Sirsak juga mengandung sedikit niasin, riboflavin, folat, dan zat besi. Sebagai info, RDI (Reference Daily Intake) ialah tingkat asupan harian dari nutrisi yang dianggap cukup untuk memenuhi persyaratan 97-98% individu sehat di setiap demografi di Amerika Serikat. Sementara dikembangkan untuk populasi AS, telah diadopsi oleh negara lain, meskipun tidak secara universal (Wikipedia).


Manfaat Buah Sirsak


Suka makan buah sirsak? Ternyata sirsak ini sangat cantik untuk badan lho. Berikut ini ialah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan badan kita.


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: pixabay.com


Banyak buah-buahan yang kalau dikonsumsi sanggup bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, badan jadi tidak gampang terjangkit penyakit dan virus. Nah, salah satu jenis buah yang dikenal sanggup memperlihatkan manfaat menyerupai ini ialah sirsak.


Sirsak ialah buah yang kaya akan vitamin C. Mengkonsumsi buah dalam jumlah yang direkomendasikan sanggup merangsang produksi sel darah putih, sedangkan konsentrasi antioksidan yang dimilikinya membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.


Daging buah sirsak (bijinya dilarang dimakan ya) sanggup dimakan secara langsung, ditambahkan ke dalam masakan lainnya, atau dibentuk jus. Waktu yang sempurna untuk mengkonsumsi buah ini ialah di siang hari.


2. Bisa Mengurangi Peradangan


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: pixabay.com


Apa itu peradangan? Peradangan ialah respon imun yang normal terhadap cedera. Akan tetapi, kalau badan kita mengalami peradangan kronis, hal itu sanggup memungkinkan timbulnya penyakit. Peradangan sanggup diobati dengan banyak sekali cara, salah satunya ialah dengan sirsak.


Beberapa penelitian (meskipun dilakukan pada hewan) telah menerangkan sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh buah sirsak. Jadi, kalau sedang menderita nyeri sendi atau peradangan (seperti asam urat atau radang sendi), menggosokkan ramuan sirsak ke belahan yang sakit sanggup menjadi cara yang cantik untuk meredakan tanda-tanda tersebut.


Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam sirsak dipercaya sanggup mempercepat penyembuhan di area badan yang terkena peradangan, juga sanggup meredakan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas.


Catatan: Penelitian lebih lanjut masih diharapkan untuk mengevaluasi sifat anti-peradangan dari buah ini (baca hasil penelitian lainnya di sini)


3. Mengontrol Parasit


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: www.publicdomainfiles.com


Saat mendengar kata parasit, yang terbersit dalam benak kita niscaya sesuatu yang tidak baik. Hal itu tidak keliru, lantaran benalu sendiri ialah organisme yang bersarang di dalam makhluk hidup lain tanpa memperlihatkan manfaat padanya. Makhluk (termasuk manusia) yang terkena bisul benalu sanggup jatuh sakit lantaran makhluk ini melepaskan racun mereka di dalam tubuh.


Sirsak, dalam hal ini daun buahnya disebut-sebut mempunyai sifat anti-parasit yang sanggup mengobati bisul yang disebabkan oleh parasit. Misalnya dengan menyeduh teh dari daun sirsak, usus kita sanggup lebih higienis dan sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Manfaat sirsak menyerupai ini telah dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang sanggup dibaca di sini.


4. Meredakan Gangguan Pernapasan


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: www.publicdomainpictures.net


Sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh sirsak juga sanggup membantu meredakan gangguan pernapasan, menyerupai batuk, pilek, dan lain-lain. Karena sebagian hal itu juga berperan sebagai ekspektoran, sirsak sanggup mendapatkan amanah dengan baik untuk menghilangkan dahak dan lendir, kawasan di mana banyak patogen hidup. Dengan mengurangi peradangan rongga hidung dan kanal pernapasan, proses penyembuhan sanggup jadi lebih cepat.


5. Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: www.needpix.com


Apa itu gastrointestinal? Dilansir dari situs Dokter Sehat, perdarahan kanal cerna atau gastrointestinal (GI) ialah perdarahan yang terjadi di belahan kanal cerna manapun. Saluran GI mencakup kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus, usus besar (kolon), rektum, dan anus. Perdarahan GI sendiri bukanlah penyakit, tapi merupakan tanda-tanda dari sejumlah kondisi.


Bagaimana sirsak sanggup meningkatkan kesehatan gastrointestinal? Dalam sirsak terkandung vitamin C dalam kadar yang tinggi. Hal itu menciptakan buah sirsak telah dipakai selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk penyakit kudis dan disentri.


Jus buah sirsak juga sanggup menjadi diuretik yang sangat efektif lantaran sanggup membersihkan kanal pencernaan dan menghilangkan kelebihan racun dan garam dari tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah sirsak sistem pencernaan kita sanggup lebih terjaga.


Catatan: Diuretik ialah obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam badan melalui urine (Alodokter).


6. Mengobati Insomnia


Sirsak atau graviola ialah sejenis buah tropis yang berasal dari daratan Amerika dan Kari √ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak yang Bagus untuk Tubuh

* sumber: pixabay.com


Pernah menderita tak bisa tidur atau sulit tidur? Gejala ini sanggup disebabkan oleh banyak faktor, menyerupai depresi, kecemasan, penyakit, dan lain-lain. Penyakit tak bisa tidur sanggup diobati dengan beberapa cara, salah satunya ialah dengan meminum teh sirsak (dibuat dari daun sirsak).


Teh sirsak telah dipakai sebagai obat penghilang stres selama berabad-abad. Memiliki khasiat anti-inflamasi dan menenangkan menciptakan teh sirsak sangat efektif untuk mengurangi tanda-tanda stress dan kecemasan yang berlebihan.


Hormon stres dalam badan sanggup merusak dan mengacaukan siklus metabolisme alami badan kita, yang balasannya sanggup menjadikan tanda-tanda insomnia. Oleh lantaran itu, meminum teh sirsak sanggup menjadi cara yang baik untuk menanggulangi persoalan itu. Baca manfaat lain dari teh sirsak di situs ini supaya info yang didapatkan lebih lengkap dan akurat.


Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan badan kita. Di samping lima manfaat di atas, buah sirsak juga disebut-sebut mempunyai manfaat lain sebagai pencegah kanker (beberapa menyebutkan sanggup membunuh sel kanker). Akan tetapi, lantaran hal ini masih diperdebatkan oleh para ahli, kami tidak mencantumkan info lengkapnya di sini.


Beberapa penelitian mengenai manfaat sirsak untuk kanker ini memperlihatkan hasil yang bertentangan satu sama lain, sehingga telah menjadi sorotan Pusat Perawatan Kanker Amerika (Cancer Treatment Centers of America atau CTCA).


Dalam situsnya CTCA bahkan menyebut kalau para andal memperingatkan supaya tidak memakai sirsak untuk melawan kanker. Hal itu lantaran penelitian yang memperlihatkan sirsak sanggup melawan kanker tidak dilakukan pada manusia, sehingga tidak ada bukti keamanan atau kemanjurannya.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah 6 Manfaat Buah Sirsak Yang Cantik Untuk Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel