iklan

Tokoh Sumpah Pemuda, Tujuan & Hasil Kongres Perjaka 1 Tahun 1926

Tokoh Sumpah Pemuda, Tujuan & Hasil Kongres Pemuda 1 Tahun 1926. Sumpah cowok 1 yaitu cikal bakal dari dari lahirnya sumpah cowok kedua yang akan melahirkan sumpah pemuda. Tahu belum? Ayo baca ya. Dalam artikel atau bahan ini akan membahas ihwal sumpah pemuda, tokoh, tujuan. Langsung baca saja ya!

Selamat Membaca!

 

Daftar Isi
  1. Sumpah Pemuda 1 
        1.1. Tokoh kongres cowok 1
        1.2. Tujuan Kongres Pemuda 1
        1.3. Hasil Kongres Pemuda 1
        1.4. Mengapa Terjadi Kongres Pemuda 1 
        1.5. Tokoh Yang Menyampaikan Topik Pembicaraa Dalam Kongres Pemuda 1


Sumpah Pemuda 1

Kongres cowok 1 merupakan pertemuan atau perkumpulan cowok dari seluruh organisasi yang ada di Indonesia, menyerupai Jong Java, Jong Batavia, jong ambon, jong celebes, Jong Sumatra, dan organisasi cowok lainnya. Kongres cowok pertama dilaksanakan di Jakarta (Batavia) pada 30 April - 2 Mei 1926. Kongres cowok didakan biar seluruh cowok di seluruh Indonesia dari banyak sekali oraganisasi berkumpul untuk merumuskan sebuah persatuan dan kemerdekaan Indonesia.

 yaitu cikal bakal dari dari lahirnya sumpah cowok kedua yang akan melahirkan sumpah pem Tokoh Sumpah Pemuda, Tujuan & Hasil Kongres Pemuda 1 Tahun 1926

Gambar Sumpah Pemuda 1

Tokoh kongres cowok 1

  1. Muhammad Tabrani, merupakan tokoh ketua kongres cowok 1 dan pencetus kongres cowok 2.
  2. Mohammad Hatta
  3. Sugiono
  4. Sunardi
  5. Moeljadi
  6. Agus Prawiranata
  7. Soepangkat
  8. Abdul Gani
  9. Soekamso
  10. Soelasmi
  11. Kotjo Sungkono

 

Tujuan Kongres Pemuda 1

Tujuan kongres cowok pertama yaitu mempererat rasa persaudaraan antar organisasi cowok dan memajukan persatuan bangsa demi Indonesia merdeka.

Hasil Kongres Pemuda 1

Isi atau hasil kongres cowok 1 yaitu aktivitas cowok dalam segi sosial, ekonomi, dan budaya serta setuju bahwa Akan dilaksanakan kongres cowok 2. Akan tetapi pada kongres cowok 1 belum berhasil sepenuhnya, alasannya yaitu belum adaya persatuan dikalangan cowok (masih bersifat kedaerahan dan lebih mengunggulkan wilayahnya masing – masing).  Peserta kongres cowok 1 yaitu seluruh kalangan cowok dari banyak sekali organisasi yang ada di Indonesia.

Tindak lanjut dari kongres cowok 1 yaitu setuju bahwa Akan dilaksanakan kongres cowok kedua di Jakarta (Batavia), 27 – 28 oktober 1928. Ini merupakan tindak lanjut yang elok dan terbaik alasannya yaitu dari hasil kongres cowok kedualah, para cowok dan organisasi cowok bersatu serta merupakan tonggak awal dari semangat kemerdekaan Indonesia. Persiapan kongres cowok 1 dengan dibentuknya mulai dari ketua, sekretaris, bendaraha, dan lain –lainnya serta tempat dan waktu pelaksanaannya.

Mengapa Terjadi Kongres Pemuda 1

Agar para cowok dan organisasi di Indonesia bersatu demi kemerdekaan Indonesia dan mempererat rasa persaudaraan antar cowok Indonesia. Ketika para cowok bersatu dibutuhkan semuanya mempunyai rasa senasib sepenanggungan dan bersatu dalam melawan penjajah (menghilangkan sifat kedaerahan para cowok dan organisasi pemuda).

Tokoh Tokoh Yang Menyampaikan Topik Pembicaraa Dalam Kongres Pemuda 1
  1. Muhammad Tabrani, ia memberikan startegis dan Cara semangat nasionalisme untuk seluruh kalangan cowok Indonesia.
  2. Mohammad Yamin, ia memberikan bahasa persatuan. Betapa pentingnya persatuan dikalangan cowok dan seluruh masyarakat Indonesia biar kedepannya saat merdeka Akan menjadi negara yang kuat.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tokoh Sumpah Pemuda, Tujuan & Hasil Kongres Perjaka 1 Tahun 1926"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel