iklan

Sumpah Perjaka Tanggal - Sumpah Perjaka 2, Latar Belakang, Tokoh

Sumpah cowok tanggal 28 oktober 1928 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia. Artikel atau bahan ini membahas ihwal sumpah cowok 2,  tokoh sumpah pemuda, latar belakang dan tanggal sumpah pemuda. Penasaran bukan menyerupai apa ?

eksklusif baca kawan!


Daftar Isi
  1. Sumpah Pemuda 2
          1.1. Penyelenggaraan  Kongres Sumpah Pemuda Kedua
          1.2. Tujuan Kongres Pemuda
          1.3. Arti Ikrar Sumpah Pemuda
  1. Latar Belakang Sumpah Pemuda
          2.1. Budi utomo
          2.2. Perhimpunan Indonesia
  1. Tokoh Sumpah Pemuda
  2. Sumpah Pemuda Lahir Pada Tanggal


Sumpah Pemuda 2

Penyelenggaraan  Kongres Sumpah Pemuda Kedua

Sumpah cowok yakni keputusan kongres cowok kedua yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 oktober 1928 di kota Jakarta (Batavia) di 2 tempat yang berbeda. Pada hari pertama dilaksanakan di gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik) dan hari kedua sekaligus Rapat epilog kongres cowok 2 dilaksanakan di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Tujuan Kongres Pemuda 2

Tujuan kongres cowok 2 yaitu untuk mempersatukan dan memperkuat rasa kebangsaan diseluruh cowok Indonesia serta melahirkan cita cita semua cowok Indonesia. Makna dari hasil kongres cowok 2 sebagai persatuan para cowok dan semangat nasionalisme dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Arti Ikrar Sumpah Pemuda

Sumpah cowok yakni ikrar mengenai persatuan dan kesatuan serta kemerdekaan negara Indonesia. Sumpah cowok diucapkan oleh para cowok pemuda Indonesia dalam insiden kongres cowok kedua yang diikrarkan untuk memupuk rasa persaudaraan, senasib sepenangungan dan persatuan kesatuan antar para cowok Nusantara serta semangat kemerdekaan negara Indonesia. Sumpah cowok diikrarkan pertama kali di gedung milik Sie kong Liong.

Latar Belakang Sumpah Pemuda

Perjuangan demi usaha dilakukan bahkan semenjak pertama kali portugis menjajah Indonesia untuk mengambil rempah rempah. Akan tetapi, usaha tersebut selalu gagal alasannya bersifat kedaerah. Inilah merupakan salah satu faktor atau latar belakang lahirnya sumpah pemuda. Selain alasannya sifat kedaerahannya, faktor pemimpin juga yang menjadi semangat para p0juang untuk berjuang terlepas dari jajahannya, namuun ketika pemimpin tertangkap oleh penjajah, semuanya mengalah begitu saja kepada penjajah tanpa adanya perlawanan kembali.

Budi utomo

Budi utomo merupakan organisasi pertama yang digagas oleh wahidin sudirohusudo kemudian dibantu oleh Dr. Sutomo dan mahasiswa STOVIA. Organisasi kecerdikan utomo berdiri untuk memperbaiki dan membantu pendidikan para cowok yang tidak sanggup melanjutkan sekolah, terutama cowok jawa dan Madura. Selain di bidang pendidikan, organisasi kecerdikan utomo juga berperan dalam duduk kasus kebudayaan.

Perkembangan kecerdikan utomo sangat baik. Dibuktikan dengan beridrinya lagi beberapa organisasi waktu itu menyerupai SDI, PI, jong ambon, jong Sumatra dan lain sebagainya. Semangat untuk merdeka semakin membara disetiap daerah, namun sayang beribu sayang mereka tidak ada harapan untuk bersatu, melainkan hanya ingin memperjuangkan wilayahnya sendiri sendiri.

Apakah kalian tahu? Bahwa sumpah cowok dilaksanakan sehabis 20 tahun berdirinya gerakan (Organisasi) pertama di Indonesia yakni Budi Utomo yakni pada 20 Mei 1908 yang kini atau masa kini setiap tahunnya diperingati sebagai hari kebangkitan bangsa.

Perhimpunan Indonesia

Perhimpunan Indonesia atau PI merupakan pekumpulan para mahasiswa dari banyak sekali suku, ras dan agama yang sedang menimba ilmu di negeri Belanda. Pehimpunan inilah yang sangat gencar mengumandangkan pesatuan alasannya mereka telah sadar, jikalau hanya mementingkan wilayahnya sendiri usaha akan terasa lebih mudah, gampang dikalahkan oleh penjajah, maksudnya si itu hehehe…..
Dalam rangka persatuan antar cowok dari banyak sekali organisasi cowok waktu itu, maka diadakannya pertemua dan rapat dan akan dikenal dengan kongres cowok ke 1 dan kongres cowok ke 2

 

Tokoh Sumpah Pemuda

Teks sumpah cowok dibacakan pada ketika penjajahan Belanda masih berlangsung. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat para cowok untuk membacakannya. Beberapa tokoh sumpah cowok beserta foto (“image” dalam bahasa inggris) yakni sebagai berikut:
  1. Sugondo Joyopuspito sebagai ketua, merupakan orang yang membacakan teks ori atau orisinil Sumpah pemuda.
 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia Sumpah Pemuda Tanggal  - Sumpah Pemuda 2, Latar Belakang, Tokoh

Gambar Sugondo Joyopuspito
  1. Joko Marsaid sebagai wakil ketua
 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia Sumpah Pemuda Tanggal  - Sumpah Pemuda 2, Latar Belakang, Tokoh

Gambar Joko Marsaid
  1. Muhammad Yamin sebagai sekretaris, merupakan orang yang merumuskan atau menyusun sumpah cowok ketika dilaksanakannya kongres sumpah cowok kedua pada 28 oktober 1928.
 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia Sumpah Pemuda Tanggal  - Sumpah Pemuda 2, Latar Belakang, Tokoh

Gambar Muh. Yamin
  1. Amir syarifuddin sebagai bendahara
 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia Sumpah Pemuda Tanggal  - Sumpah Pemuda 2, Latar Belakang, Tokoh

Gambar Amir Syarifuddin
  1. Soepratman, merupakan orang yang memperdengarkan lagu kebangsaan yakni Indonesia raya
 yakni hari bersejarah dan merupakan tonggak awal semangat kemerdekaan Indonesia Sumpah Pemuda Tanggal  - Sumpah Pemuda 2, Latar Belakang, Tokoh

Gambar Wr. Soepratman
  1. Pembantu : Johan Muhammad Cai, R. Katjasoengkana, R.C.I. Sendoek, Johannes Leimena dan Mohammad Rochjani Su’ud

Sumpah Pemuda Lahir Pada Tanggal

Ikrar sumpah cowok berhasil dicetuskan atau lahir dalam pertemuan cowok Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 dan diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya dan kini diperingati sebagai hari nasinal. Sumpah cowok dipelopori oleh kaum muda yakni para cowok Nusantara untuk mewujudkan persatuan dari sabang hingga merauke dan mempererat silaturahmi antar pemuda.


Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sumpah Perjaka Tanggal - Sumpah Perjaka 2, Latar Belakang, Tokoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel