iklan

Perintah Terminal Chromebook Yang Harus Diketahui Pengguna

Tahukah Anda bahwa Chromebook mempunyai terminal bawaan? Disebut Shell Pengembang Chrome OS atau singkatnya Crosh ini memungkinkan Anda mengakses antarmuka baris perintah yang sanggup Anda gunakan untuk men-debug mesin Anda, menjalankan tes, atau hanya mengolok-olok untuk bersenang-senang.

Hari ini, kita akan melihat beberapa perintah terminal yang harus diketahui oleh semua pengguna Chromebook untuk meningkatkan produktivitas dan pemecahan masalah.

Perintah Terminal Esensial untuk Chromebook 
Kami akan menjelaskan semua ini dengan lebih detail, tetapi ini versi TL; DR:
  • Buka Crosh: Ctrl + Alt + T
  • Ping: ping [domain]
  • Tes memori: memory_test
  • Ubah pengaturan mouse: xset m
  • Ubah pengaturan keyboard: inputcontrol
  • Konfigurasikan modem: modem help
  • Rollback Chrome OS: rollback
  • Hentikan proses dalam Crosh: Ctrl + C
  • Buka Task Manager: top
  • Manajer Baterai: battery_test [seconds]
  • Perintah Mode Pengembang: shell, systrace, packet_capture
  • Pengguna dan waktu aktif: uptime
  • Pengaturan waktu: set_time
  • Diagnosis jaringan: network_diag
  • Rekam audio: record [seconds]
  • Jejak jaringan: tracepath
  • Help: help, help_advanced
  • Exit Crosh: exit
Buka Crosh 
Anda tidak akan jauh jikalau Anda tidak tahu cara meluncurkan aplikasi.

Anda tidak akan menemukan Shell Pengembang Chrome OS di daftar aplikasi reguler di baki aplikasi Chromebook Anda. Sebagai gantinya, Anda perlu menekan Ctrl + Alt + T untuk membuka jendela terminal dan memulai.

Catatan: Anda tidak perlu mengaktifkan Mode Pengembang Chromebook untuk mengakses Crosh.

Jalankan Uji Ping 
Ketikkan ping [domain] untuk menjalankan tes ping di Chromebook Anda.

Jika Anda tidak tahu, tes ping yakni alat yang penting jikalau Anda mencoba mendiagnosis persoalan jaringan. Ini akan memberi tahu Anda seberapa cepat kemudian lintas berjalan antara komputer Anda dan server web. Ini juga akan memberi tahu Anda jikalau ada paket yang dijatuhkan.

Uji Memori Anda
Meskipun Anda sanggup melihat isu perihal memori Chromebook Anda memakai plugin pihak ketiga (baca artikel kami perihal cara mengusut spesifikasi Chromebook Anda untuk mempelajari lebih lanjut), itu mungkin tidak cukup untuk beberapa pengguna. Jika Anda ingin tingkat isu yang lebih rinci, gunakan Crosh. Cukup ketik memory_test dan tekan Enter.

Ubah Tingkat Akselerasi Mouse Anda 
Anda sanggup mengatur kecepatan dasar mouse memakai hidangan Pengaturan di Chrome OS. Buka Pengaturan> Perangkat> Mouse dan Panel Sentuh> Mouse> Kecepatan Mouse untuk melaksanakan perubahan.

Namun, jikalau Anda ingin tingkat kontrol yang lebih terperinci, Anda perlu menuju ke Crosh. Jika Anda mengetik xset m, Anda sanggup mengubah seberapa cepat mouse Anda berakselerasi dikala mulai bergerak.

Ubah Tingkat Pengulangan Keyboard 
Dalam nada yang sama, Anda juga sanggup mengubah seberapa cepat sebuah surat terulang di layar ketika Anda menahan satu tombol pada keyboard Anda.

Ketik xset r dan ikuti aba-aba di layar untuk memulai.

Catatan: Perintah xset mungkin tidak berfungsi pada mesin yang lebih baru. Jika mereka tidak bekerja untuk Anda, coba inputcontrol sebagai gantinya.

Konfigurasikan Modem Anda 
Bagian penting lain dari cara memecahkan persoalan jaringan Anda yakni memastikan bahwa modem Anda dikonfigurasi dengan benar.

Jika Anda mengetikkan pertolongan modem di terminal Chromebook, Anda akan mendapat kanal ke aneka macam opsi, termasuk pengaturan untuk mengaktifkan modem Anda, sambungkan modem Anda, ubah firmware modem, setel ulang pabrik modem Anda, dan banyak lagi.

Pasang kembali Versi Chrome OS Sebelumnya 
Jika pembaruan Chrome OS baru-baru ini menyebabkan kerusakan pada komputer Anda, Anda sanggup dengan gampang membatalkan perubahan dan kembali ke versi sistem operasi sebelumnya.

Perintah yang Anda butuhkan yakni rollback.

Hentikan Segala Proses dalam Crosh
Jika Anda ingin menghentikan proses latar belakang (seperti tes ping) di Crosh, cukup tekan Ctrl + C.

Manajer Tugas Yang Lebih Baik 
Sangat sedikit orang yang tahu bahwa Chrome OS (dan browser Chrome di sistem operasi lain) mempunyai task manager sendiri. Ini memperlihatkan kepada Anda proses apa yang memakan melalui CPU dan memori Anda. Anda sanggup menemukannya dengan membuka Chrome dan membuka Lagi (tiga titik vertikal) Alat Lainnya> Pengelola Tugas.
Baca Juga
Namun, semakin sedikit orang yang tahu bahwa Chrome OS mempunyai task manager sekunder yang disembunyikan di Crosh. Anda sanggup menggunakannya untuk mempelajari perihal proses tingkat rendah yang tidak muncul di aplikasi pengelola kiprah utama.

Ketikkan top untuk memulai.

Manajemen Baterai 
Sekali lagi, Anda sanggup melihat data baterai utama hanya dengan melihat di sudut kanan bawah layar Chromebook Anda.

Namun, jikalau Anda menginginkan isu lebih lanjut, ketik battery_test [seconds] ke Crosh (ganti [seconds] dengan angka, misalnya, battery_test 10).

Crosh akan memperlihatkan dengan sempurna seberapa besar daya baterai yang dipakai mesin Anda dalam jangka waktu tertentu, serta umpan balik perihal sisa waktu baterai Anda dan kesehatan keseluruhan baterai Anda.

Perintah Mode Pengembang 
Meskipun Anda tidak perlu menjadi pengembang untuk memakai Crosh, jikalau Anda mengaktifkan Mode Pengembang, Anda akan mempunyai tiga perintah gres yang tersedia untuk Anda:

shell: Membuka shell bash penuh.

systrace: Memulai penelusuran sistem.

package_capture: Menangkap dan mencatat paket data.

Pengguna dan Waktu Aktif 
Kapan terakhir kali Anda mematikan Chromebook? Jika Anda menyerupai saya, Anda akan pergi berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu di antara reboot.

Untuk melihat berapa usang komputer Anda telah beroperasi semenjak shutdown terakhir, ketik uptime. Hasilnya juga akan memperlihatkan isu perihal pengguna yang dikala ini masuk.

Ubah Waktu 
Apakah Anda mempunyai persoalan dengan waktu tampilan mesin Anda? Mungkin Anda tinggal di perbatasan antara zona waktu, atau mempunyai koneksi internet dengan alamat IP yang sering bergerak.

Masukkan set_time ke Crosh, dan Anda sanggup mengganti pengaturan waktu antarmuka grafis sistem operasi.

Diagnostik Jaringan Lainnya 
Jika Anda telah menjalankan tes ping dan mencoba mengonfigurasi modem Anda tetapi Anda masih mengalami masalah, Anda sanggup mengetik network_diag untuk menjalankan lebih banyak tes di jaringan Anda.

Output disimpan sebagai file TXT di aplikasi File Chromebook Anda.

Rekam Audio 
Chromebook tidak dilengkapi dengan alat perekaman audio asli. Tentu saja, ada banyak aplikasi di Toko Web Chrome yang menyediakan fungsionalitas, tetapi tidak perlu.

Dalam Crosh, ketik record [seconds] (lagi, ganti [seconds] dengan angka) untuk merekam jumlah audio itu melalui mikrofon mesin Anda.

Ketik sound_play untuk mendengarkan apa yang Anda ambil atau menemukan file audio yang gres dibentuk di aplikasi Files.

Lacak Jejaring 
Perintah jaringan Crosh terakhir pada daftar kami, tracepath memungkinkan Anda merutekan paket data komputer Anda melalui jaringan.

Bantuan 
Jika kami belum membahas perintah yang Anda butuhkan, ketik help atau help_advanced untuk melihat daftar lengkap semua perintah Crosh yang tersedia untuk Anda.

Keluar dari Crosh 
Saat Anda selesai menjelajahi, ketik exit dan Crosh akan berhenti.

Sesederhana itu.

Buat Backup Sebelum Anda Mulai 
Tak perlu dikatakan bahwa jikalau Anda mengubah pengaturan di Shell Pengembang OS Chrome tanpa mengetahui apa yang Anda lakukan, Anda sanggup menciptakan sistem Anda tidak sanggup digunakan.

Untungnya, Chromebook sangat gampang dipulihkan, tetapi Anda akan kehilangan data yang disimpan secara lokal. Karena itu, pastikan Anda menciptakan cadangan sebelum melakukannya.

Baca Juga


Sumber http://bintalahe.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perintah Terminal Chromebook Yang Harus Diketahui Pengguna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel