iklan

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai Lengkap, Silsilah, Fakta, Ulama

Beberapa peninggalan sejarah (warisan) kerajaan samudra pasai masih sanggup ditemui hingga kini. Berikut kami tuliskan beberapa peninggalan kerajaan samudra pasai buat kamu.. iyaa.. kamu.

Daftar Isi
Peninggaan Samudra Pasai
Candi
Cerita
Hikayat
Cakra Donya
Stempel kerajaan samudra pasai
Naskah surat sultan zaenal abidin
Makam sultan malik al saleh
Lokasi makam
Kaligrafi pada makam sultan malik al saleh
Makan sultan malik muhammad al zahir
Manfaat Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Fakta Samudra Pasai
Silsilah Kerajaan Samudra Pasai
Ulama Samudra Pasai

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Beberapa peninggalan sejarah (warisan) kerajaan samudra pasai Islam lengkap yang terletak di provinsi Nangroeh Aceh Darussalam yaitu sebagai berikut

Candi

Apakah diantara kalian ada yang bertanya, candi samudra pasai? Jika ada maka jawabannya yaitu tidak ada. Karena candi bukanlah corak agama Islam melainkan agama Hindu dan budha. Kaprikornus candi tidak termasuk dalam peninggalan kesultanan samudra pasai.

Cerita

Cerita (Catatan) singkat wacana negara (kerajaan) samudra pasai terdapat dalam kitab Rihlah ila l-Masyriq (Pengembaraan ke Timur) karya Abu Abdullah Ibn Batuthah tahun 1304 – 1368 seorang musafir Maroko yang tiba ke Samudra Pasai pada tahun 1345.

Hikayat

Dalam naskah “Hikayat Raja-Raja Pasai” merupakan karya sastra yang bersifat sejarah tertua yang menceritakan masuknya Islam ke Sumatra, unsur unsur pengukuhan susunan keluarga yang memerintah, menyatakan asal ajakan yang sacral keluarga tersebut, menceritakan masa dari berdirinya kerajaan samudra pasai hingga penaklukaan oleh kerajaan majapahit dan fungi didaktik.

Dalam naskah diceritakan juga peristiwa-peristiwa yang terjadi antara tahun 1250 Р1350 M pada zaman ini merupakan masa pemerintahan raja Meurah Siloo yang lalu masuk agama Islam dengan Nama M̢lik al-Sh̢lih. Menurut asumsi Dr. Russel Jones bahwa hikayat ini ditulis pada kala ke-14.

Dimulai dengan teks yang berbunyi:”alkisah peri menyatakan ceritera raja yang pertama masuk agama Islam ini Pasa. Maka ada diceriterakan oleh orang yang empunya ceritera ini, negeri yang di bawah angin ini Pasailah yang membawa akidah akan Allah dan akan rasulnya Allah”.

Cakra Donya

Peninggalan samudera pasai hadiah dari kekaisaran cina yaitu cakra donya. Cakra doyan yaitu sebuah lonceng mirip mahkota besi berbentuk stupa buatan cina tahun 1409 M. Cakra doyan berasal dari 2 kata yaitu Cakra artinya poros kereta, lambang-lambang Wishnu, matahari atau cakrawala dan Donya artinya dunia.

Stempel kerajaan samudra pasai

Stempel milik Kerajaan Samudera Pasai ditemukan di pematang tambak di Desa Kuta Krueng, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Cap atau stempel kerajaan itu diyakini milik Sultan Muhammad al Malik az-Zhahir yang wafat di tahun 726 Hijriyah (1326 Masehi).

Naskah surat sultan zaenal abidin


Naskah surat atau kertas dokumen dari zaman Samudra Pasai pada kala ke-13—16 M. naskah surat itu berisi permohonan Zainal Abidin kepada wakil raja Portugal di Goa biar mendukung dirinya menjadi raja di Pasai dan sebagai imbalan, pihaknya akan menunjukkan hak monopoli dagang kepada Portugis pada tahun 1520.

Artikel yang berkaitan :
1. Samudra pasai
2. Pendiri dan raja raja samudra pasai
3. Sejarah samudra pasai
4. Kehidupan sosial, ekonomi, dan politik samudra pasai

Makam sultan malik al saleh

 kerajaan samudra pasai masih sanggup ditemui hingga sekarang Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai Lengkap, Silsilah, Fakta, Ulama

Gambar Makam Sultan Malik Al Saleh

Lokasi makam

Penjelasan makam sultan malik al saleh - Makam Sultan Malik Al Saleh merupakan makan pendiri kesultanan samudra pasai, didalam kompleks ini juga terdapat makam Sultan Al Malik Azh Zhahir, Makam sultan malik al saleh terletak di Desa Beuringin, Kecamatan Samudera, Lhokseumawe . Makam sultan malik al saleh yaitu bukti bahwa dampak Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari India. Makam sultan malik al saleh yang berangka thaun 1297 ditemukan di Desa Beuringin, Kecamatan Samudera, Lhokseumawe.

Nisan makam sultan malik al saleh ditulis dengan abjad Arab. Batu Nisan sultan malik al saleh berasal dari Gujarat, India. Batu Nisan sultan malik al saleh berangka tahun 1297 dari kerajaan Samudra Pasai dan juga Makam sultan malik al saleh merupakan peninggalan kerajaan samudra pasai. Makam sultan malik al saleh ditemukan oleh siapa secara pastinya, aku sendiri belum tahu, Akan tetapi warga setempat mungkin yang pertama menemukannya atau malah sudah turun temurun wacana lokasi makam tersebut.

Kaligrafi pada makam sultan malik al saleh

Kaligrafi yang ditemukan pada makam-makam Aceh Darussalam kala ke-14 hingga 18 yang ditulis dalam 5 jenis kaligrafi yaitu Naskhi, Tsuluts, Thuluts, Kufi, Figural dan Samar dan diduga besar lengan berkuasa dipengaruhi oleh kalegrafi Islam dari Turki, India, dan Persia.
Kalimat yang tertulis pada kerikil nisan Sultan Malik Al Saleh pada bab depan, yaitu :
"Ini kubur yaitu kepunyaan almarhum hamba yang dihormati, yang diampuni, yang taqwa, yang menjadi penasehat, yang terkenal, yang berketurunan, yang mulia, yang besar lengan berkuasa beribadah, penakluk, yang bergelar dengan Sultan Malikul Salih". (Tanggal wafat, bulan Ramadhan tahun 696 Hijrah/1297Masehi)

Kalimat yang tertulis pada kerikil nisan Sultan Malik Al Saleh pada bab belakang, yaitu:
“Sesungguhnya dunia ini fana. Dunia ini tiadalah abadi Sesungguhnya dunia ini mirip sarang yang ditenun oleh laba-laba Demi gotong royong memadailah buat engkau dunia ini.Hai orang yang mencari kekuatan. Hidup hanya untuk masa pendek saja. Semua orang di dunia ini tentu akan mati”.

Makan sultan malik muhammad al zahir

 kerajaan samudra pasai masih sanggup ditemui hingga sekarang Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai Lengkap, Silsilah, Fakta, Ulama

Gambar Makam Sultan Muhammad Malik Al- Zahir

Malik Al-Zahir yaitu putra dari sultan Malik Al- Saleh yang memimpin dan mendirikan Kesultanan Samudera Pasai. Letak makamnya bersebelahan dengan makam ayahnya yaitu sultan Malik Al-Saleh.

Manfaat Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Kita sanggup mengenal kebudayaan pada ketika itu
Kita tahu raja raja yang memerintah
Kita sanggup mempeajari peninggalan peninggalan dari kerajaan tersebut

Fakta Samudra Pasai

Beberapa Fakta atau ciri – ciri Kerajaan Samudra Pasai yaitu sebagai berikut:
  • Kerajaan perlak merupakan kerajaan Islam pertama yang terletak di Aceh timur yang didirikan pada tahun 840 M, sebelum berdirinya samudra pasai.
  • Raja pertama kerajaan samudra pasai berjulukan Sultan Malik Al Saleh
  • Nama Malik Al Saleh sebelumnya yaitu Merauh Silau, akan tetapi sesudah masuk Islam, dia mengganti namanya menjadi Sultan Malik Al Saleh
  • Kerajaan Samudera pasai dirintis oleh NAzimudin Al Kamil seorang laksamana maritim Mesir.
  • Samudra pasai merupakan kerajaan yang berasal dari Aceh
  • Kerajaan Samudra Pasai dipengaruhi oleh budaya Arab dan India

Silsilah Kerajaan Samudra Pasai

 kerajaan samudra pasai masih sanggup ditemui hingga sekarang Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai Lengkap, Silsilah, Fakta, Ulama

Gambar Silsilah Kerajaan Samudra Pasai

Ulama Samudra Pasai

Beberapa ulama samudra pasai yaitu sebagai berikut:
  • Sunan Drajat (syarifudin) yang lahir pada tahun 1470M. Sunan drajat juga mendirikan kerajaan demak.
  • Maulalnan maik ibrahin merupakan saudara maulana ishak dan ulama populer dari samudra pasai.
  • Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) yaitu putra Syarif Abdullah Umdatuddin putra Ali Nurul Alam putra Syekh Husain Jamaluddin Akbar dan Syekh Jamaluddin Akbar sendiri yang berasal dari Aceh.
  • Sunan Kudus yang merupakan cucu dari haji usman yang berasal dari aceh.
Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung
Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai Lengkap, Silsilah, Fakta, Ulama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel