iklan

Pendiri Samudera Pasai & Raja-Raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap

Pendiri Samudera Pasai ialah Sultan Malik Al Saleh. Mungkin anda ingin tau dan bertanya, Siapa Raja-Raja Samudra Pasai yang pernah memerintah Kesultanan samudra pasai, Bukan? Nah, Kami disini membahas perihal siapa raja raja samudra pasai tersebut. Langsung saja yaaa….
Selamat membaca

Daftar Isi
Sultan Malik Al Saleh
Biografi Sultan Malik Al Shaleh
Profil Raja Sultan Malik Al Saleh
Perjuangan Sultan Malik Al Shaleh
Peninggalan Sultan malik al saleh
Koin Emas Atau Koin Dirham
Makam Sultan Malik Al Shaleh
Kaligrafi Makam Sultan Malik Al Shaleh
Sultan Al Malik Azh Zhahir
Biografi Sultan Al Malik Azh Zhahir
Raja lainnya


Sultan Malik Al Saleh

Biografi Sultan Malik Al Shaleh

Kapan sultan malik al saleh memerintah kerajaan samudra pasai? Yaitu pada tahun 1267 M. sultan malik al saleh diangkat menjadi raja oleh Nazimuddin Al Kamil seorang laksamana bahari mesir. Kerajaan samudra pasai dipimpin atau diperintah oleh Sultan malik al saleh dari tahun 1267 hinga 1297 M. Nama orisinil atau nama kecil sultan malik al saleh ialah merah silau. Nama lainnya atau Nama sebutan raja bagi Sultan Malik Al Saleh. Wafatnya sultan malik al saleh atau tanggal wafat sultan malik al saleh yaitu pada tahun 1297 M. sesudah Sultan Malik Al Saleh wafat, Raja pengganti Sultan Malik Al Saleh ialah sultan Al Malik Azh Zhahir I.

Profil Raja Sultan Malik Al Saleh

Biografi Sultan malik al saleh atau Biografi Sultan malikussaleh - Raja Malik Al Saleh ialah Sultan atau raja pertamanya dari kerajaan samudra pasai dan seorang raja yang pertama kali memeluk agama Islam. Sultan malik al saleh lahir pada tahun berapa belum ditemukan. Sikap kepahlawanan Sultan malik al saleh ialah merupakan orang yang tegas dan kaya, ia juga menikahi seorang putri dari kerajaan perlak yaitu puteri ganggang. Anak Sultan Malik Al Saleh berjulukan malikul dhahir dan malikul mansyur. Raja samudra pasai yang bergelar sultan malik al saleh ialah murka silau dan ia jugalah yang berhasil menjalinkan kekerabatan dagang baik dengan negara tiongkok.
Pendiri Samudera Pasai ialah Sultan Malik Al Saleh Pendiri Samudera Pasai & Raja-raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap
Gambar atau foto pendiri samudera pasai Sultan Malik Al Saleh

Perjuangan Sultan Malik Al Shaleh

Disaat dirinya memimpin, kesultanan samudra pasai pun tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga banyak pedagang yang singgah di kesultanan tersebut. Perjuangan Sultan malik al saleh dalam penyebaran agama Islam sangat besar lengan berkuasa besar terhadap wilayah nusantara dan Asia tenggara sehingga menciptakan dirinya populer diberbagai daerah.

Peninggalan Sultan malik al saleh

Beberapa peninggalan Sultan Malik Al Shaleh ialah sebagai berikut:

Koin Emas Atau Koin Dirham

Pendiri Samudera Pasai ialah Sultan Malik Al Saleh Pendiri Samudera Pasai & Raja-raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap

Gambar koin emas

Samudra pasai mengeluarkan mata uang yang dinamakan koin emas. Disebut sebagai koin emas alasannya terbuat dari emas. Koin emas atau koin dirham terbuat dari beberapa adonan antara lain emas, perak dan tembaga. Disalah satu dari koin tersebut terdapat abjad Arab yang bertuliskan Muhammad Malik Az-Zahir dan disisi yang lainnya bertuliskan Al-Sultan Al-Adil. Tempat pembuatan koin emas atau pencetakannya pada masa sultan Muhammad malik az-zahir yaitu di Desa Kuta Karang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, di lokasi tersebut ditemukan tempat pembakaran emas yang dipakai untuk mencetak koin emas itu. Samudra pasai memakai mata uang tersebut untuk transaksi jual beli.

Makam Sultan Malik Al Shaleh

Penjelasan makam sultan malik al saleh - Makam Sultan Malik Al Saleh merupakan makan pendiri kesultanan samudra pasai, didalam kompleks ini juga terdapat makam Sultan Al Malik Azh Zhahir, Makam sultan malik al saleh terletak di Desa Beuringin, Kecamatan Samudera, Lhokseumawe . Makam sultan malik al saleh ialah bukti bahwa imbas Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari India. Makam sultan malik al saleh yang berangka thaun 1297 ditemukan di Desa Beuringin, Kecamatan Samudera, Lhokseumawe.

Pendiri Samudera Pasai ialah Sultan Malik Al Saleh Pendiri Samudera Pasai & Raja-raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap

Makam Sultan Malik Al Saleh

Nisan makam sultan malik al saleh ditulis dengan huruf Arab. Batu Nisan sultan malik al saleh berasal dari Gujarat, India. Batu Nisan sultan malik al saleh berangka tahun 1297 dari kerajaan Samudra Pasai dan juga Makam sultan malik al saleh merupakan peninggalan kerajaan samudra pasai. Makam sultan malik al saleh ditemukan oleh siapa secara pastinya, saya sendiri belum tahu, Akan tetapi warga setempat mungkin yang pertama menemukannya atau malah sudah turun temurun perihal lokasi makam tersebut.

Kaligrafi Makam Sultan Malik Al Shaleh

Kaligrafi pada makam sultan malik al saleh - Kaligrafi yang ditemukan pada makam-makam Aceh Darussalam era ke-14 hingga 18 yang ditulis dalam 5 jenis kaligrafi yaitu Naskhi, Tsuluts, Thuluts, Kufi, Figural dan Samar dan diduga kuat dipengaruhi oleh kalegrafi Islam dari Turki, India, dan Persia.

Kalimat yang tertulis pada kerikil nisan Sultan Malik Al Saleh pada bab depan, yaitu :
"Ini kubur ialah kepunyaan almarhum hamba yang dihormati, yang diampuni, yang taqwa, yang menjadi penasehat, yang terkenal, yang berketurunan, yang mulia, yang kuat beribadah, penakluk, yang bergelar dengan Sultan Malikul Salih". (Tanggal wafat, bulan Ramadhan tahun 696 Hijrah/1297Masehi)

Kalimat yang tertulis pada kerikil Nisan Sultan Malik Al Saleh pada bab belakang, yaitu:
“Sesungguhnya dunia ini fana. Dunia ini tiadalah kekal Sesungguhnya dunia ini menyerupai sarang yang ditenun oleh laba-laba Demi bergotong-royong memadailah buat engkau dunia ini. Hai orang yang mencari kekuatan. Hidup hanya untuk masa pendek saja. Semua orang di dunia ini tentu akan mati”.

Artikel yang berkaitan :
1. Samudra pasai
2. Peninggalan samudra pasai
3. Sejarah samudra pasai
4. Kehidupan sosial, ekonomi, dan politik samudra pasai

Sultan Al Malik Azh Zhahir

Pendiri Samudera Pasai ialah Sultan Malik Al Saleh Pendiri Samudera Pasai & Raja-raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap

Gambar Sultan Muhammad Malik az-Zahir

Biografi Sultan Al Malik Azh Zhahir

Sultan Muhammad Malik az-Zahir atau Sultan Mahmud malik zahir ialah anak atau keturunan dari Sultan Malik Al Saleh dan ia juga seorang penerus kesultanan Samudra pasai (raja samudra pasai yang kedua). Pengganti sultan malik al saleh sebagai raja samudera pasai ialah Sultan Muhammad Malik Az-Zahir. Masa kejayaan atau masa jaya di bawah pimpinan raja ketika diperintah (pemerintahan) oleh Sultan Muhammad Malik az-Zahir, ia berhasil dalam melakukan pemerintahannya dan pada masa inilah dikenalkannya mata uang koin emas.

Raja lainnya

Raja lainnya adalah
  • Sultan Muhammad Az-Zahir
  • Sultan Ahmad I (1326-1336 M)
  • Sultan Al-Malik Azh-Zhahir (1336-1349 M)
  • Sultan Zainal Abidin I (1349-1406 M)
  • Ratu Nahrasyirah (1406-1428 M)
  • Sultan Zainal Abidin II (1428-1438 M)
  • Sultan Shalahudin (1438-1462 M)
  • Sultan Ahmad II (1462-1464 M)
  • Sultan Abu Zaid Ahmad III (1464-1466 M)
  • Sultan Ahmad IV (1466-1466 M)
  • Sultan Mahmud (1466-1468 M)
  • Sultan Zainal Abidin III (1468-1474 M)
  • Sultan Muhammad Syah II (1474-1495 M)
  • Sultan Al-Kamil (1495-1495 M)
  • Sultan Adulullah (1495-1506 M)
  • Sultan Muhammad Syah III (1506-1507 M)
  • Sultan Abdullah (1507-1509 M)
  • Sultan Ahmad V (1509-1514 M)
  • Sultan Zaenal Abidin IV (1514-1517 M)
Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pendiri Samudera Pasai & Raja-Raja Kerajaan Samudra Pasai Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel