iklan

Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah

Nusantara Meliputi Sejarah, Pengertian, Wilayah, Asal Kata, Peta, Wawasan Nusantara Dan Gambarnya

Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah

Sejarah Nusantara Dan Pengertian Wilayah Nusantara Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah

(Gambar)

Sejarah Nusantara Dan Pengertian Wilayah Nusantara

Sejarah nusantara dan Asal usul nusantara serta Sejarah nama nusantara - Negara nusantara atau Negara nusantara raya merupakan wilayah Indonesia yang sekarang. Wilayah nusantara atau Wilayah nusantara meliputi terbentang dari Sumatra hingga ke papua dan sebagian besar daerahnya pun sudah menjadi potongan dari Indonesia.

Menjelaskan arti nusantara dan Asal kata nusantara - Kata kata Nusantara berasal dari kata yang berbahasa Sanskerta, yaitu nusa yang artinya pulau dan antara yang artinya luar. Nama Nusantara  sendiri dipakai untuk menyebut pulau-pulau yang berada di luar Majapahit (Jawa).

Pengertian Nusantara

Pengertian nusantara secara garis besar ialah sebuah wilayah yang berada diluar jawa yang dipakai pada jaman kerajaan majapahit yang masih mempunyai kebudayaan atau apapun yang sama menyerupai dijawa dan daerahnya yang telah ditaklukan oleh kerajaan majpahit yaitu patih gajah mada,, sehingga wilayah taklukan gajah mada itu haruslah membayar upeti.

arti nusantara secara etimologis yaitu Wawasan Nusantara yang berasal dari kata wawasan yang artinya wawas atau pandangan dan nusantara yang berasal dari kata nusa yang artinya pulau-pulau dan antara yang berarti yang diapit oleh 2 benua yaitu benua asia dan Australia serta samudra hindia dan samudra pasifik.

Pengertian Nusantara Menurut Para Ahli

20 pengertian wawasan nusantara berdasarkan para ahli, yaitu :

1. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker, menyatakan Nusantara yaitu sebuah Nusa yang terdiri dari dua benua dan dua samudra.
Sejarah Nusantara Dan Pengertian Wilayah Nusantara Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah

(Gambar Ernest Francois Eugene Douwes Dekker)

Biografi Douwes Dekker Singkat

Ernest douwes dekker pasangan :
  1. Haroemi wanasita (1947-1950 M), Ernest douwes dekker haroemi wanasita merupakan nama gabungan antara douwes dekker dengan istrinya.
  2. Johanna Mussel (1926-1947 M), Ernest douwes dekker johanna mussel merupakan nama gabungan antara douwes dekker dengan istrinya.
  3. Clara Charlotte Deije (1903-1920 M), Ernest douwes dekker clara charlotte deije merupakan nama gabungan antara douwes dekker dengan istrinya.
Peran douwes dekker dalam kebangkitan nasional - Perjuangan douwes dekker sangatlah besar bagi bangsa Indonesia, walau dirinya bukanlah orang Indonesia orisinil melainkan campuran, akan tetapi ia sangat berjasa bagi bangsa Indonesia. Beliau bersama, ki hajar dewantara dan Tjipto mangkusumo mendirikan sebuah partai pertama di Indonesia yaitu Indische Partij yang bertujuan untuk membangkitkan rasa patriotism dan juga untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Ernest douwes dekker dan eduard douwes dekker - Eduard douwes dekker mempunyai saudara berjulukan Jan yang merupakan kakek dari tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yaitu Ernest douwes dekker yang dikenal juga dengan nama danurdija setiabudi.

2. Tontowi amsia, menyatakan Nusantara merupakan sebuah negara yang bersifat kepulauan serta terletak di dalam posisi silang

3. Dr. Wan Usman, Pengertian wawasan nusantara berdasarkan prof. dr. wan usman merupakan sebuah teknik dan cara pandang oleh bangsa Indonesia ihwal diri dan juga tanah airnya sebagai sebuah negara kepulauan dengan segala macam aspek kehidupan yang cukup beraneka ragam.

4. Joko Darmawan, menyataka Nusantara merupakan sebuah wilayah di negara Indonesia yang diawali dari pulau nangroe Aceh Darussalam hingga dengan Pulau Papua.

Negara nusantara yang kedua ialah kerajaan majapahit pada zaman hayam wuruk yang dibantu juga dengan patih gaja mada. Peta nusantara :

Sejarah Nusantara Dan Pengertian Wilayah Nusantara Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah

Batas Wilayah Nusantara Yaitu :

Sebelah barat : Samudra Hindia
Sebelah utara : bahari china selatan atau bahari natuna utara
Sebelah selatan : samudra hindia
Sebelah timur : samudra pasifik

Luasnya wilayah nusantara mengakibatkan mempunyai bahari yang sangat luas dan kaya akan ikan serta menjadi penghasil rempah rempah terbesar. Ciri kepualauan nusantara :
  1. Memiliki banyak pulau diantaranya 5 pulau besar yaitu pulau Sumatra, pulau Jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau Papua.
  2. Memiliki aneka macam macam budaya, pengertian budaya nusantara ialah kebudayaan yang telah diakui sebagai identitas nasional Nusantara serta perwujudan cipta, karya dan karya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.
  3. Memiliki aneka macam macam suku bangsa
  4. Memiliki berbgai macam bahasa daerah
 Pengertian maritim ialah wilayah yang mempunyai bahari yang sangat luas, menyerupai wilayah nusantara atau Indonesia.

Sejarah Nusantara Sebelum Masehi

Berisi ihwal Sejarah nusantara pdf, Sejarah nusantara kuno, Sejarah nusantara purba, Sejarah nusantara yang disembunyikan, Sejarah nusantara yag hilang

Nusantara ialah sebutan untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang terbentang dari Sumatera hingga Papua. Asal usul nusantara pertama kali tercetus dalam literatur berbahasa Jawa, kurang lebih di kala ke-12 hingga 16 untuk memberi citra ihwal Kerajaan Majapahit yang menguasai wilayah diluar jawa. Abad 20, ki hajar dewantara membangkitkan kembali nama nusantara tersebut.

Nusantara Di Mata Majapahit

Pada kala ke-13 hingga 15 M, majapahit berhasil menaklukan wilayah wilayah diluar jawa dan mneggambarkannya dengan sebutan nusnatara. Majapahit membagi wilayah negara menjadi tiga bagian:
  1. Negara Agung merupakan wilayah yang meliputi tempat sekeliling ibu kota kerajaan yang mana sang raja memerintah.
  2. Mancanegara ialah daerah-daerah di Pulau Jawa dan sekitarnya yang mempunyai kemiripan budaya dengan Negara Agung.
  3. Nusantara yaitu untuk pulau lain yang berada luar pulau Jawa yang budayanya tidak sama imbas budaya Jawa. Namun menganggap Nusantara sebagai tempat taklukan yang berarti

Dwipantara

Menurut sejarawan, penggagas kata Nusantara pertama kali pada tahun 1275 oleh Kertanegara yang merupakan Raja Singhasari pada dikala itu mengemukakan konsep Cakrawala Mandala Dwipantara,  yang dalam bahasa Sansekerta mempunyai arti Kepulauan Antara. Makna dari Kepulauan Antara ini sama persis dengan Nusantara. Dwipa ialah persamaan kata dari nusa yang berarti pulau.

Nusantara Di Jaman Modern

Asal usul kata indonesia - Pada tahun 1920-an, Ki Hajar Dewantara kembali mengemukakan nama Nusantara sesudah ratusan tahun menghilang untuk mengganti nama Hindia Belanda. Selain Nusantara, istilah lainnya yang ikut bersaing untuk memnentukan nama negara ialah Indonesie (Indonesia) dan Insulinde (Hindia Kepulauan) yang dikemukakan oleh Eduard Douwes Dekker.
Namun kesudahannya Indonesia ditetapkan sebagai nama kebangsaan di Kongres Pemuda Kedua di tahun 1928. Di jaman sekarang, Nusantara identik sebagai sinonim dari kata Indonesia.

Nusantara Di Mata Eropa

Bangsa abnormal menyebut nusantara dengan sebutan Malay Archipelago yaitu wilayah kepulauan dari Sumatera hingga Maluku yang populer dengan rempah-rempahnya, dalam bahasa Indonesia sendiri berarti Kepulauan Melayu. Papua tidak dimasukan alasannya penduduk orisinil papua tidak dihuni dengan ras mongoloid menyerupai di kepulauan melayu sendiri

Sejarah Nusatara Pada Era Kerajaan Islam            

Nusantara pada era Islam, banyak tumbuh tumbuh kerajaan islam diberbagai wilayah. Contoh kerajaanya samudra pasai, aceh dan demak. Bahkan, kerajaan kerajaan tersebut sudah menjad Bandar badang dagang. Sehingga nusantara pun terkenal. Di nusantara sendiri populer dengan rempah rempahnya.

Asal Usul Nama Indonesia Secara Singkat

Arti kata indonesia ditinjau dari asal katanya - Kata Indonesia berasal dari bahasa Latin yaitu Indus yang artinya India dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang artinya pulau. Jadi, Indonesia artinya wilayah India kepulauan, atau kepulauan yang berada di India. Itulah Arti nama indonesia.

Sejarah Nusantara Dan Pengertian Wilayah Nusantara Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah
(Peta Indonesia)

Materi Wawasan Nusantara

Pengertian wawasan nusantara ialah sikap dan cara pandang kita sebagai warga bangsa negara Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Pengertian wawasan nusantara berdasarkan para ahli, yaitu :
  1. Wan Usman, Pengertian Wawasan Nusantara ialah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
  1. Samsul Wahidin Pengertian wawasan nusantara ialah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berpikir dan bertingkah laris bagi Bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek asta grata.
  1. Munadjat Danusaputro, pengertian wawasan nusantara ialah cara pandang Bangsa Indonesia ihwal diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.
  1. Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi, wawasan nusantara ialah cara pandang Bangsa Indonesia ihwal diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau harapan nasionalnya.
  1. Sumarsono, wawasan nusantara ialah nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi yang merupakan identitas atau jati diri Bangsa Indonesia.
  1. Panggabean, Pengertian wawasan nusantara ialah keyakinan politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia, yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan memperhitungkan imbas geografi, ekonomi, demografi, teknologi dan kemungkinan strategik yang tersedia
  1. Akhadiah MK, pengertian wawasan nusantara ialah cara pandang Bangsa Indonesia ihwal diri dan lingkungannya sesuai dengan inspirasi nasionalnya, yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan usaha bangsa.
  1. Kelompok Kerja LEMHANAS, Kelompok Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999 pengertian wawasan nusantara ialah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang bermacam-macam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
  1. Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN, Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN, definisi Wawasan Nusantara ialah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
Jelaskan wawasan nusantara secara etimologis dan terminologis dan Pengertian wawasan nusantara secara etimologis branly serta Wawasan nusantara secara terminologis yaitu Secara etimologis Wawasan Nusantara berasal dari bahasa Jawa, yaitu Wawas, Nusa, dan Antara. Kata wawas artinya Pandangan. Kata Nusa berarti pulau dan Antara berarti dua benua dan dua samudera. Jadi, Wawasan Nusantara secara etimologis ialah cara pandang bangsa Indonesia terhadap kesatuan kepulauan yang berada di antara dua benu Asia dan Australia dan dua samudera hindia dan pasifik.

Hakikat wawasan nusantara ialah untuk menjaga keutuhan Indonesia dari serangan dalam negeri atau luar negeri dan mengakibatkan kita semkin cinta tanah air kita. Tujuan wawasan nusantara Tujuan wawasan nusantara yaitu untuk mewujudkan rasa patriotisme dan nasionalisme terdahap Indonesia dberbagai aspek. Jelaskan Fungsi Wawasan Nusantara Dan Apa Fungsi Wawasan Nusantara, Yaitu :

1. Sebagai Wawasan Pembangunan
2. Sebagai Konsep Ketahanan Nasional
3. Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan
4. Sebagai Wawasan Kewilayahan

Latar Belakang Wawasan Nusantara, Yaitu :

  1. Aspek falsafah pancasila
  2. Aspek kewilayahan nusantara
  3. Aspek sejarah Indonesia
  4. Aspek sosil budaya

Manfaat Wawasan Nusantara, Yaitu :

  1. Diterima dan diakuinya konsepsi Nusantara di internasional. dengan dibuktikannya penerimaan asas negara kepulauan berdasarkan Konvensi Hukum Laut djuanda 1982 yang menyatakan Indonesia sebagai negara kepulauan diakui oleh dunia internasional.
  2. Pertambahan luas wilayah teritorial Indonesia.    
  3. Penerapan Wawasan Nusantara menghasilkan cara pandang ihwal keutuhan wilayah nusantara yang harus dipertahankan dan dijaga oleh bangsa Indonesia.
  4. Bhinneka Tunggal Ika
Mengapa dibutuhkan wawasan nusantara biar keutuhan negara menjadi kokoh tanpa tergoyahkan oleh apapun.

Terimakasih Atas kunjungannya Da Telah Membaca Artikel Ini

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nusantara - Sejarah, Pengertian Dan Wilayah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel