iklan

Kedatangan Jepang Ke Indonesia + Era Pendudukan, Rangkuman Singkat

Kedatangan Jepang ke Indonesia ditandai dengan masuknya serdadu pada tahun 1942 di Tarakan Kalimantan Timur. Awal kedatangan jepang ke indonesia disambut baik alasannya ialah dianggap sebagai penyelamat dari penjajahan Belanda. Namun, kebijakan Jepang ternyata lain dan berakhir dengan masa pendudukan kurang lebih 3,5 tahun.

Makalah singkat ini berisi ihwal kedatangan jepang ke Indonesia dan masa pendudukannya.
Kedatangan Jepang ke Indonesia diterima oleh rakyat Indonesia alasannya ialah dipandang sebagai pembebas dari penjajahan Belanda. Hai, sobat… mau tahu kelanjutannya, bukan? Langsung saja baca artikel ini yang memuat ihwal peta konsep, peta, janji, tujuan dan kedatangan Jepang ke Indonesia pastinya.

Selamat Membaca!!!


Daftar Isi
1. Peta Konsep Kedatangan Jepang Ke Indonesia
2. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Secara Singkat
3. Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Penjelasannya
4. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Janji Jepang
5. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Bertujuan Untuk

Peta Konsep Kedatangan Jepang Ke Indonesia


Kedatangan Jepang ke Indonesia ditandai dengan masuknya serdadu pada tahun  Kedatangan Jepang Ke Indonesia + Masa Pendudukan, Rangkuman Singkat


Gambar peta konsep kedatangan Jepang ke Indonesia

Kedatangan Jepang Ke Indonesia Secara Singkat

Kedatangan Jepang ke Indonesia pada waktu tanggal 11 januari tahun 1942. Sejarah atau kisah kedatangan Jepang ke Indonesia untuk pertama kalinya di wilayah Tarakan, Kalimantan Timur. Kedatangan Jepang ke Indonesia diterima oleh rakyat Indonesia alasannya ialah Jepang sebelumnya telah mengirim mata mata ke Indonesia sehingga tahu selak beluk kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu, Jepang juga membawa semboyan bahwa Jepang ialah “saudara tua” dari Indonesia dan G3A (Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia), serta melepaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Propaganda itulah yang menjadikan perasaan optimisme kedatangan Jepang ke Indonesia.


Kedatangan Jepang ke Indonesia ditandai dengan masuknya serdadu pada tahun  Kedatangan Jepang Ke Indonesia + Masa Pendudukan, Rangkuman Singkat
Foto atau gambar kedatangan jepang ke indonesia

Kedatangan Jepang ke Indonesia dikaitkan atau berafiliasi dengan insiden terjadinya perang asia timur raya dikarenakan Indonesia juga merupakan negara yang dijajah oleh Jepang untuk mengisi sumber daya alam yang diharapkan Jepang dan membantunya dalam perang asia timur raya atau asia pasifik.

Awal mula kedatangan Jepang ke Indonesia semula disambut besar hati dan baik serta tidak ditentang oleh rakyat, berjalan begitu cepat, berlangsung dengan gampang dan merata yang dipimpin oleh Jenderal Imamura oleh bangsa Indonesia sebagai saudara renta alasannya ialah dipandang sanggup membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Sikap simpatik bangsa Indonesia terhadap Jepang dipengaruhi juga dengan ramalan Jayabaya, alasannya ialah alasan itulah masyarakat Indonesia mendapatkan kedatangan Jepang ke Indonesia.

Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Penjelasannya


Kedatangan Jepang ke Indonesia ditandai dengan masuknya serdadu pada tahun  Kedatangan Jepang Ke Indonesia + Masa Pendudukan, Rangkuman Singkat
Gambar alur atau peta kedatangan Jepang ke Indonesia

Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Janji Jepang

Kedatangan Jepang ke Indonesia diawali dengan perjanjian kapitulasi kalijati alasannya ialah dilaksanakan di kawasan Kalijati, Subang. Janji – komitmen Jepang kepada Indonesia sehingga memudahkan Jepang masuk ke Indonesia ialah sebagai berikut:

  1. Jepang menjanjikan fasilitas bagi bangsa Indonesia, contohnya komitmen menunaikan ibadah haji dan menjual barang dengan harga murah.
  1. Jepang ialah saudara renta bagi bangsa-bangsa di Asia dan berjanji membebaskan Asia dari penindasan bangsa Barat menyerupai Belanda dan Inggris.
  1. Jepang memperkenalkan semboyan "Gerakan Tiga A: Jepang pemimpin Asia, Jepang pelindung Asia, dan Jepang Cahaya Asia.
  1. Jepang memperbolehkan pengibaran bendera merah putih disamping bendera Jepang.
  1. Rakyat Indonesia diperkenankan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama lagu kebangsaan Jepang "Kimigayo"

Kedatangan Jepang Ke Indonesia Bertujuan Untuk

tujuan awal kedatangan jepang ke indonesia ialah sebagai berikut:
  1. Menjadikan Indonesia sebagai kawasan penghasil dan penyuplai materi mentah dan materi bakar bagi kepentingan industri Jepang.
  2. Menjadikan Indonesia sebagai tempat pemasaran dan hasil industri Jepang alasannya ialah jumlah penduduk Indonesia sangat banyak.
  3. Menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk mendapatkan tenaga buruh yang banyak dengan upah yang relatif murah.
  4. Tujuan utama kedatangan Jepang yaitu adanya kaitan dokrin hakko ichiu ke Indonesia yaitu untuk mengusai seluruh dunia dan hanya ada satu kekaisaran yaitu Jepang.
  5. Tujuan awal atau motif mula kedatangan Jepang ke Indonesia untuk kepentingan perang asia timur raya alasannya ialah pasokan minyak buminya sekamin sedikit.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung


Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kedatangan Jepang Ke Indonesia + Era Pendudukan, Rangkuman Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel