iklan

✔ Foto Satelit Nasa Untuk Pulau Gres Tanggapan Gempa Pakistan

Sebagaimana diberitakan beberapa waktu lalu, gempa yang berkekuatan 7,7 skala richter yang terjadi di Pakistan pada tanggal 24 September telah menimbulkan munculnya sebuah pulau gres di tempat garis pantai Laut Arab.

Pulau gres tersebut muncul sekitar 600 meter dari pantai, mempunyai lebar 30 meter dan ketinggian permukaan tanah sekitar 6-12 meter.
Para peneliti masih mengira dan mencari tahu wacana cara pembentukan pulau baru ini lebih spesifik. Yang menimbulkan kemunculan gunung lumpur alasannya adanya getaran dahsyat yang menciptakan permukaan tanah yang ada di bawah maritim menyeruak ke permukaan air, menyerupai dikutip dari Livescience.

Fakta di lapangan menunjukkan jikalau pulau yang baru terbentuk tersebut bukanlah longsoran tanah, melainkan gunungan lumpur. Ditemukannya beberapa gunungan lumpur lain yang tidak jauh dari pulau gres ini, juga semakin menguatkan dugaan bahwa pulau gres itu hanyalah gunung lumpur. Beberapa gunungan lain bahkan sudah ada semenjak tahun 2001 silam, ialah saat terjadi gempa pada di Pakistan. Oleh alasannya itu peneliti memprediksi ini merupakan hal yang sama menyerupai yang terjadi pada 2001 lalu.

Sebagai lanjutan penelitian para hebat tersebut, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) merilis foto satelit pada pulau gres tersebut. Berdasarkan foto rilisan NASA tersebut, terlihat kondisi air maritim yang tidak terlalu dalam di sekitar pulau. Menurut informasi Badan Geologi setempat, kedalaman air maritim di sekitar pulau yang gres terbentuk tersebut mencapai 15 sampai 20 meter di bawah permukaan laut. Sedangkan bentangan pulau gres tersebut berkisar antara 75 sampai 90 meter panjangnya.

Peneliti juga menciptakan prediksi awal wacana bagaimana pembentukan pulau gres ini, ialah dikarenakan adanya perluasan gas alam yang juga dibantu oleh gelombang seismic di laut.
"Di pulau gres itu, terdapat banyak pelepasan gas metana yang gampang terbakar melalui sejumlah celah," kata Asif Inam, Oseanograf salah satu institut di Pakistan, menyerupai dikutip Softpedia.
Inam juga melanjutkan, alasannya pelepas gas metana itulah yang menimbulkan munculnya pulau gres ke permukaan.

Namun para peneliti mengatakan, pulau gres ini sewaktu-waktu akan karam kembali ke dasar laut. Ketika sekumpulan gas yang mendorong pulau gres muncul ke permukaan maritim ini kembali cuek dan menghilang, pulau itu akan kembali tenggelam.

Sumber http://perlengkapan-wanita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Foto Satelit Nasa Untuk Pulau Gres Tanggapan Gempa Pakistan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel