iklan

7 Metode Untuk Mentransfer File Dari Android Ke Pc

Anda mempunyai foto di ponsel atau tablet Android Anda, dan Anda harus memasukkannya ke PC. Tetapi bagaimana Anda melaksanakan ini?

Ternyata, Anda mempunyai beberapa opsi, ibarat kabel USB, Bluetooth, dan sinkronisasi cloud. Atau, Anda sanggup memakai aplikasi ibarat AirDroid atau Pushbullet. Mungkin Anda akan mengirim email ke file atau foto.

Sederhananya, mentransfer file dari Android ke PC Windows tidak sulit. Inilah semua yang perlu Anda ketahui ihwal memindahkan file dari ponsel Android Anda ke PC Anda.

Transfer File Dari Android ke PC Menggunakan Bluetooth 
Apakah Bluetooth diaktifkan di PC Anda? Mungkin Anda mempunyai dongle USB Bluetooth, atau perangkat Anda mempunyai Bluetooth bawaan. Either way, mengirim data melalui Bluetooth dari Android ke Windows yaitu pilihan yang baik, terutama untuk file yang lebih kecil.

Untuk memulai, Anda harus mengaktifkan Bluetooth di Windows, kemudian Android.

Pada Windows, tekan Win + I untuk membuka Pengaturan. Buka bab Perangkat dan pilih tab Bluetooth & perangkat lain di sebelah kiri. Di sini, alihkan Bluetooth ke Hidup dan klik Tambah Bluetooth atau perangkat lain. Pilih Bluetooth sekali lagi untuk memulai pemindaian untuk perangkat yang kompatibel.

Pada ketika yang sama, buka panel Pengaturan Cepat di Android dengan menggeser ke bawah dua kali dari bab atas layar. Di sini, tekan usang Bluetooth. Di sajian yang dihasilkan, ketuk Pasangkan perangkat gres dan tunggu sementara telepon Anda menemukan komputer Anda. Anda akan diminta oleh kedua perangkat untuk mengonfirmasi arahan keamanan untuk memasangkannya. 

Setelah koneksi terbentuk, cari ikon Bluetooth di System Tray di sudut kanan bawah PC Anda. Klik kanan dan pilih Terima file, kemudian klik Berikutnya untuk memulai transfer. 

Sementara itu, gunakan browser file Android atau aplikasi Galeri untuk menentukan file yang ingin Anda transfer. Gunakan tombol Bagikan dan pilih Bluetooth untuk mengembangkan data, kemudian pilih PC Anda di daftar berikutnya.

Setelah data ditransfer, Anda harus mendapatkan pemberitahuan bahwa transfer file telah berhasil diselesaikan. Anda akan ditanya di mana menyimpannya, jadi telusuri ke tujuan yang Anda sukai dan klik Selesai.

Transfer File Dari Android ke PC Dengan AirDroid 
AirDroid yaitu aplikasi vital untuk semua pengguna Android. Gratis dengan berlangganan premium opsional. Anda harus menciptakan akun, atau masuk memakai Google, Facebook, atau Twitter kalau Anda terdesak waktu.

AirDroid memperlihatkan alat notifikasi dan tethering serta transfer file sederhana ke komputer di jaringan Wi-Fi yang sama.

Mulailah dengan menginstal dan membuka aplikasi seluler AirDroid. AirDroid akan meminta izin untuk mengakses panggilan, log panggilan, dan media pada perangkat Anda. Untuk memakai aplikasi dengan kapabilitas penuh, pilih Izinkan untuk opsi ini.

Berbagai alat tersedia di AirDroid. Untuk keperluan mentransfer file ke PC, pastikan opsi Files diatur ke On.

Selanjutnya, buka halaman unduhan AirDroid dan ambil klien desktop.

Jika Anda tidak diminta masuk, pilih salah satu ikon atau sajian untuk meminta detail Anda.

Di ponsel Anda, ramban ke file yang Anda bagikan, pilih, dan gunakan sajian mengembangkan untuk menemukan AirDroid. Pilih file dan kirimkan. 

Perlu mengirim file dari PC Anda ke perangkat Android Anda? Cukup seret dan jatuhkan file dari desktop Anda ke klien AirDroid.

Transfer File Dari Android ke PC Dengan Pushbullet 
Seperti AirDroid, Pushbullet menyinkronkan data dan pemberitahuan antara ponsel dan PC Anda. Singkatnya, kalau Anda tidak menyukai AirDroid, atau tidak sanggup menjalankannya, Pushbullet yaitu alternatif terbaik Anda. Mulailah dengan menginstal aplikasi Pushbullet Android.

Saat memasang, Anda sekali lagi harus oke untuk membiarkan aplikasi mengakses file media Anda. Klik Izinkan kalau Anda oke dengan ini, kemudian pergi ke situs web Pushbullet. Anda sanggup masuk ke klien web atau mengunduh aplikasi Windows khusus.

Untuk mengirim file ke PC Anda, ketuk tombol sajian di aplikasi dan pilih Dorong. Selanjutnya, ketuk ikon penjepit kertas, pilih gambar Anda, dan tekan tombol Kirim. 

Sesaat kemudian, gambar akan muncul di klien web di sebelah nama perangkat pengirim. 

Hampir secara instan, kalau Anda berada di jaringan yang sama, Anda akan melihat file tersebut muncul di jendela browser Anda.

Transfer File Dari Android ke Folder Windows Bersama 
Jika Anda memakai pengelola file Android dan mempunyai folder mengembangkan Windows khusus di jaringan lokal Anda, menyalin data ke PC Anda dari Android sangatlah mudah.

Meskipun metode ini memakai ES File Explorer, Anda mempunyai banyak pilihan pengelola file lainnya di Google Play. Anda mungkin akan menemukan fungsi serupa di aplikasi yang Anda gunakan.

ES File Manager mempunyai fitur yang disebut View on PC, yang sanggup Anda buka dengan mengetuk sajian dan memperluas Network. 

Baca Juga Ketuk Aktifkan untuk mengaktifkan, kemudian salin alamat FTP yang ditampilkan ke browser web PC Anda (atau pengelola file). Anda akan melihat struktur folder yang sanggup dijelajahi dari perangkat Android Anda. Di sini, gampang untuk menemukan data yang ingin Anda bagikan ke PC Anda. 

Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih Salin Ke Folder. Jelajahi lokasi di PC Anda dan klik OK salin data dari telepon Anda ke komputer Anda.

Metode ini ibarat dengan memakai USB, tetapi tanpa kabel.

Transfer File Dari Android ke PC Dengan Kabel USB 
Dilengkapi hanya dengan ponsel dan PC Anda? Apakah kabel USB orisinil yang dikirimkan bersama ponsel Anda berguna? (Selalu lebih baik memakai yang orisinil untuk menghindari problem yang mungkin terjadi.)

Ini semua yang Anda butuhkan untuk mentransfer file dari perangkat Android Anda ke PC Anda dalam bentuknya yang paling dasar. Menghubungkan ponsel Anda ke PC dengan kabel mungkin tidak mempunyai kelicikan dalam memakai aplikasi melalui Wi-Fi, tetapi tentu saja ini efektif.

Saat pertama kali menghubungkan perangkat Android Anda ke PC, Anda akan melihat Izinkan pemberitahuan pemberitahuan. Ketuk Perbolehkan untuk melanjutkan, kemudian seret bayangan pemberitahuan ke bawah. Cari transfer file USB dihidupkan dan ketuk ini untuk melihat preferensi penuh. Pastikan Anda menentukan File transfer sehingga perangkat sanggup saling melihat. 

Selanjutnya, alihkan perhatian Anda ke komputer Windows Anda. Buka File Explorer dan cari perangkat Android Anda di PC ini. Anda sanggup mengidentifikasinya dengan nama modelnya. Saat terhubung, Anda akan sanggup menelusuri konten telepon dan menyalin data ke PC Anda. 

Perhatikan bahwa kalau Anda menghubungkan perangkat ini untuk pertama kalinya, Windows akan berusaha menginstal driver yang relevan terlebih dahulu. Ponsel Anda juga sanggup menginstal file manager Android untuk PC Anda melalui USB, untuk membuka kapan saja ponsel terhubung.

Transfer File Dari Android ke PC Menggunakan Kartu SD 
Metode dasar lain yang tidak mengganggu aplikasi atau protokol jaringan nirkabel yaitu menyalin data ke kartu microSD ponsel Anda. Ini yaitu opsi yang sangat berkhasiat kalau Anda tidak mempunyai kabel USB dan ingin membuatnya tetap sederhana. Anda akan memerlukan adaptor kartu microSD ke SD dan pembaca kartu. 

Cukup simpan file ke kartu SD ponsel Anda, kemudian matikan perangkat. Keluarkan kartu, kemudian masukkan ke pembaca kartu PC Anda untuk melihat data.

Jika ponsel Anda tidak mempunyai slot kartu microSD, sebagian besar perangkat Android modern mendukung USB OTG. Cukup sambungkan pembaca kartu SD USB Anda ke telepon Anda memakai adaptor USB OTG. 

Transfer File Melalui Penyimpanan Cloud atau Email 
Sebagai upaya terakhir, Anda sanggup memanfaatkan dua jenis aplikasi setiap hari.

Dengan layanan cloud ibarat Dropbox dan Google Drive Anda mungkin telah mentransfer data ke komputer Anda tanpa menyadarinya.

Misalnya, Dropbox dan Google Drive keduanya memperlihatkan unggahan kamera otomatis. Jika Anda mempunyai klien layanan cloud yang diinstal di komputer Anda, foto akan secara otomatis disinkronkan ke PC Anda.

Fitur serupa tersedia dengan layanan cloud lainnya. Anda sanggup menyalin data apa pun ke folder cloud di perangkat Android Anda dan menyinkronkannya ke Windows.

Email yaitu metode transfer data non-disk pertama yang dipakai secara luas pertama di antara perangkat dan tetap menjadi pilihan yang bermanfaat bagi banyak orang. Yang perlu Anda lakukan yaitu melampirkan data ke email di ponsel Anda dan mengirimkannya sendiri.

Kemudian di komputer Anda, susukan pesan itu dan Anda sanggup mengunduh file tersebut. Meskipun ini yaitu metode yang cepat dan kotor, ini cukup kikuk. Salah satu opsi di atas jauh lebih baik kalau Anda perlu sering melaksanakan ini.

Baca Juga


Sumber http://bintalahe.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Metode Untuk Mentransfer File Dari Android Ke Pc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel