iklan

6 Aplikasi Terbaik Untuk Menganalisis Kesehatan Baterai Laptop

Baterai laptop yakni penggalan penting dari perangkat keras, namun kita sering kurang mengetahui perihal kesehatannya. Laptop Windows Anda juga tidak akan mengatakan gosip yang cukup. Di permukaan, ini hanya menampilkan indikator baterai kecil dengan sisa waktu dan persentase.

Seiring waktu, Anda akan melihat beberapa kesalahan baterai muncul. Baterai berhenti menahan dayanya. Indikator tingkat pengisian daya memperlihatkan pembacaan yang berfluktuasi. Perkiraan debit cacat. Tetapi ada solusi mengetahuinya

Mengapa Anda Harus Memantau Kesehatan Baterai 
Baterai yakni perangkat kimia portabel dengan sumber daya terbatas. Karena sifatnya, ia mempunyai respons tegangan yang rumit terhadap beban, suhu, dan usianya sendiri. Kesehatan baterai mempengaruhi kinerja perangkat dan waktu operasi. Anda harus memantau kesehatan baterai sebab alasan berikut:
  • Dapatkan titik awal untuk alur kerja administrasi daya di bawah beban kerja dan lingkungan yang berbeda.
  • Kapasitas maksimum baterai berubah seiring waktu. Akibatnya, indikator pengisian daya mungkin memperlihatkan pembacaan yang tidak konsisten. Ketika ini terjadi, Anda akan tahu kapan harus mengkalibrasi baterai.
  • Penggunaan baterai yang salah sanggup mempersingkat masa pakainya. Memantau kesehatan baterai memungkinkan Anda mengambil langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan umur panjang.

Laporan Baterai Powercfg 
Perintah powercfg yakni alat tersembunyi di Windows. Anda sanggup menggunakannya untuk menghasilkan laporan yang akurat perihal riwayat baterai Anda. 

Ini termasuk gosip perihal kinerja baterai Anda dan memungkinkan Anda mengamati penurunan kapasitas baterai yang niscaya terjadi seiring waktu.

Untuk menghasilkan laporan baterai, buka Command Prompt dan ketik powercfg /batteryreport. Perintah ini menyimpan laporan baterai dalam format HTML ke

C: \ Users \ Your_Username \ battery-report.html

Klik dua kali file untuk membukanya di browser Anda. Lihat detail berikut:
  • Perbedaan antara Kapasitas Desain dan Kapasitas Pengisian Penuh. Anda akan mengharapkan kapasitas pengisian penuh berkurang. Saat baterai habis dipakai, kapasitas pengisian penuh akan kurang dari kapasitas desain.
  • Lihat berapa banyak kapasitas baterai yang terkuras selama beberapa hari terakhir di aneka macam kondisi daya. Juga, periksa grafik penggunaan baterai.
  • Amati bagaimana Kapasitas Muatan Penuh berkurang secara sedikit demi sedikit dibandingkan dengan Kapasitas Desain. Perhatikan perbedaan apa pun.
  • Bandingkan daya tahan baterai pada Pengisian Penuh versus Kapasitas Desain semenjak dikala Anda membeli laptop.
  • Periksa penggunaan dan durasi baterai. Dan waktu komputer Anda berjalan dengan baterai atau dicolokkan ke stopkontak.
Dengan tes daya tahan baterai laptop jenis ini, Anda sanggup mengidentifikasi problem yang mempengaruhi masa pakai baterai Anda. Jika laporan memperlihatkan perbedaan drastis, Anda mungkin ingin mendapat baterai baru.

BatteryInfoView 
BatteryInfoView yakni aplikasi gratis yang diisi dengan gosip perihal baterai laptop Anda. Alat ini mempunyai dua komponen utama. 

Layar pertama memberi Anda gosip baterai lengkap perihal Kapasitas Dirancang, Kapasitas Penuh, Kesehatan Baterai, Jumlah siklus pengisian / pengosongan, dan banyak lagi.

Layar kedua memberi Anda analisis log terang perihal status daya, waktu acara, nilai pengisian / pengosongan, dan banyak lagi. Baris log gres akan ditambahkan setiap kali Anda menangguhkan atau melanjutkan komputer.

Dengan cara ini, Anda sanggup mengetahui tingkat pemakaian baterai. Anda juga sanggup mengekspor gosip baterai ke file TXT atau CSV untuk referensi.

Kelebihan
  • Lihat gosip baterai terang di satu tempat.
  • Anda sanggup menyelidiki log untuk mengamati perubahan dalam kapasitas baterai.
  • Ini memungkinkan Anda menempatkan jendela di atas aplikasi lain untuk memonitor baterai.
Kekurangan
  • Tidak sanggup menyaring log baterai dengan rentang tanggal.
  • Ini tidak memperlihatkan grafik apa pun untuk memprediksi tingkat keausan baterai dari waktu ke waktu.
Unduh: BatteryInfoView (Gratis)

BatteryMon 
BatteryMon yakni aplikasi yang gampang digunakan yang memantau tingkat pengisian daya baterai laptop dengan menghadirkan grafik temuannya secara real time. 

Sumbu Y vertikal menampilkan tingkat muatan persentase (0-100%) dan waktu pengambilan sampel pada sumbu X horizontal. Anda sanggup mengubah interval waktu pengambilan sampel di layar konfigurasi.

Garis hitam memperlihatkan tingkat pengisian dikala ini. Garis biru memperlihatkan garis tren menurut sampel data yang diekstrapolasi.

Dan garis merah memperlihatkan perbandingan terhadap rentang hidupnya. Untuk perbandingan durasi singkat, garis merah akan menyimpang lebih dari normal. Anda juga mendapat detail menit perihal tingkat pemakaian.

Saat Anda terus memakai aplikasi, laju buangan akan menjadi lebih akurat, dan Anda akan memahami bagaimana kesehatan baterai memburuk dengan aneka macam beban kerja.

Kelebihan
  • Ini menganalisis kesehatan baterai dengan grafik real-time.
  • Anda sanggup mengatur notifikasi untuk level baterai, tegangan, dan suhu.
  • Data perihal tingkat pengisian / pemakaian, sisa waktu pada baterai, total waktu, dan banyak lagi.
  • Log kinerja baterai untuk rujukan nanti.
  • Bandingkan dan ukur kapasitas dikala ini dengan data yang dikumpulkan di masa lalu.
Kekurangan
  • Aplikasi ini rumit untuk pemula.
  • Grafik sanggup sangat luar biasa (Tweak waktu sampel di layar konfigurasi untuk membuatnya lebih sederhana).
Unduh: BatteryMon (Gratis)
BatteryCat 
BatteryCat yakni utilitas sederhana untuk menyelidiki pengisian daya baterai, kapasitas, dan siklus pengisian daya. Jendela utama mempunyai tiga penggalan — status pengisian dikala ini terkait dengan kapasitas dikala ini, gosip perihal keadaan daya, siklus pengisian, dan kapasitas pengisian penuh versus kapasitas desain asli. 

Baca Juga Ketika Anda mengklik pada sajian File, jendela History terbuka di sebelah jendela utama. Anda sanggup menyimpan nilai kapasitas terbaru bersama dengan tanggal. Data riwayat tinggal di

C: \ User \ Your_Username \ batterycat \ batterycat.csv

Dengan log data ini, salin data ke aplikasi spreadsheet dan pantau kesehatan baterai. Secara default, BatteryCat membaca data dari baterai setiap 10 detik. Anda sanggup mengubah interval ini di layar Opsi.

Kelebihan
  • Aplikasi ini memberi Anda semua gosip baterai di satu tempat.
  • Sangat gampang untuk memakai dan mengekstrapolasi data tanpa pengetahuan apa pun.

Kekurangan
  • Tidak ada opsi filter untuk memisahkan data dalam rentang waktu atau beban kerja yang berbeda.
  • Aplikasi ini memakai runtime GTK di Windows. Akibatnya, Anda mungkin mengalami font yang kecil dan buram.
Unduh: BatteryCat (Gratis)

Smarter Battery 
Smarter Battery yakni satu-satunya aplikasi yang mengatakan seperangkat alat lengkap untuk memantau kesehatan baterai, melaksanakan operasi kalibrasi, dan menyimpan data kinerja baterai untuk referensi. 

Ini memperlihatkan kepada Anda sejarah kapasitas baterai selama siklus pengisian / pengosongan, menghitung tingkat keausan dan jumlah siklus pengosongan.

Halaman Informasi Baterai memberi Anda gosip perihal Kapasitas Baterai Penuh berhadapan dengan Kapasitas Desain, waktu pemakaian, jumlah siklus, tingkat keausan, dan status daya selama mode daya baterai atau AC.

Halaman Kapasitas membantu Anda memahami evolusi kapasitas baterai. Sumbu Y menampilkan persentase kapasitas dan sumbu X memperlihatkan data yang diambil pada interval waktu tersebut.

Halaman Kalibrasi menampilkan gambar lengkap usia baterai Anda, ibarat tingkat keausan, waktu penggunaan, siklus pemakaian, dan lainnya.

Aplikasi ini juga mengatakan Anda untuk menyimpan data baterai tergantung pada halaman yang Anda buka. Anda sanggup menyimpan gosip baterai, kapasitas, data kalibrasi, dan lainnya.

Kelebihan
  • Pada suatu waktu, Anda sanggup memonitor sampai empat baterai termasuk paket baterai.
  • Anda sanggup memperbesar / memperkecil untuk mengubah interval waktu dan memakai tombol panah untuk bergerak maju / mundur dalam waktu.
  • Ini sanggup mensimulasikan prosedur pelepasan untuk mempercepat proses kalibrasi.
  • Ada fungsi mode hijau untuk menghemat daya baterai dikala membutuhkan.
  • Anda sanggup mengatur alarm untuk baterai rendah / kritis dan memaksa siaga / hibernasi ketika daya baterai hampir habis.
Kekurangan
  • Ini mempunyai terlalu banyak opsi yang tersebar di mana-mana di halaman.
  • Kadang-kadang sanggup membingungkan dan sanggup berbenturan dengan pengaturan administrasi daya bawaan.
Unduh: Smarter Battery (Uji coba gratis, $ 14)

BatteryCare 
BatteryCare yakni alat sederhana untuk mengoptimalkan kinerja dan penggunaan baterai laptop Anda. Dengan algoritma bawaannya, Anda sanggup melacak siklus pengisian / pengeluaran. 

Ketika baterai Anda menuntaskan jumlah siklus pembuangan yang pasti, Anda disarankan untuk mengkalibrasi baterai.

Dan ketika Anda menuntaskan proses, ia mengingat tanggal kalibrasi terakhir, jumlah operasi kalibrasi yang Anda lakukan, dan banyak lagi.

Jendela utama aplikasi memperlihatkan semua gosip baterai terang ibarat Kapasitas Dirancang, Kapasitas Pengisian Penuh, Ketegangan, Tingkat Keausan, dan Total Siklus Pembuangan.

Ini juga memonitor CPU Anda, suhu hard drive, dan mengingatkan Anda ketika mencapai suhu tertentu.

Kelebihan
  • Notifikasi baterai rendah dan kritis.
  • Itu sanggup beralih ke rencana daya tergantung pada kondisi kekuatan Anda.
  • Paket daya disinkronkan dengan tepat dengan program daya Windows.
Kekurangan
  • Ini hanya menampilkan ringkasan gosip baterai dan mengoptimalkan penggunaan baterai Anda.
  • Tidak ada gosip lain data peristiwa, log, catatan siklus pengisian / pengosongan, dan banyak lagi.
  • Penginstal dibundel dengan aplikasi sampah.
Unduh: BatteryCare (Gratis)

Baca Juga


Sumber http://bintalahe.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Aplikasi Terbaik Untuk Menganalisis Kesehatan Baterai Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel