iklan

Rpp Seni Musik




TUGAS PERENCANAAN PEMBERLAJARAN TARI & MUSIK



 






OLEH:
Nama : Dayu Gusti Pratama
Nim : 14023086


JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : SMP
Kelas                                   : VII
Semester                          : Ganjil
Mata Pelajaran               : Seni Budaya (SeniTari)
Alokasi Waktu                 : 6 x 40 menit (2 pertemuan)

A.   KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menerima, menanggapi, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, referensi hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilm  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan aneh (menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari banyak sekali sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya  seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui acara berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap  karya seni tari dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
2.4  Memahami gerak tari menurut unsur ruang, waktu, dan tenaga
2.5  Melakukan gerak tari menurut unsur ruang, waktu, dan tenaga

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.       Menunjukkan sikap percaya diri, peduli dan bertanggung jawab
2.       Memahami gerak tari menurut ruang, waktu dan tenaga
3.       Melakukan gerak tari menurut ruang, waktu dan tenaga

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini perserta didik dibutuhkan bisa :
1.  Mendeskripsikan gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga,
2.  Mengidentifikasikan gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga,
3.  Melakukan eksplorasi gerak tari menurut ruang,waktu, dan tenaga,
4.  Melakukan asosiasi gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat, dan
5.  Mengomunikasikan gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga baik secara verbal maupun goresan pena secara sederhana.

E.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1)    Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran, penerima didik bersama dengan guru sanggup melaksanakan acara berikut:
a)      Mengamati melalui media dan sumber berguru baik berupa visual, maupun audio-visual wacana gerak tariruang, waktu, dan tenaga,
b)      Menanyakan melalui diskusi wacana gerak tari berdasarkanruang, waktu, dan tenaga.
2)    Kegiatan inti
Kegiatan inti pembelajaran, penerima didik bersama dengan guru sanggup melaksanakan acara berikut ini.
a)      Mengeksplorasi gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga,
b)      Mengasosiasi gerak tari menurut ruang, waktu, dan tenaga dalam bentuk penampilan tari

3)    Kegiatan epilog
Guru sanggup melaksanakan penilaian dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan penilaian dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan bahan pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktek menari.

F.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Elemen Dasr Tari
Elemen dasar tari ialah gerak. Di dalam gerak meliputi ruang, waktu, dan tenaga.
a.         Ruang
Jika kalian melaksanakan gerakan di tempat tanpa bangun berarti melakukan  gerak di ruang pribadi, sedangkan bila kalian bergerak berpindah tempat maka kalian melaksanakan gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang sanggup dilakukan sendiri, berpasangan atau berkelompok.

b.         Waktu
Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional menyerupai berjalan  menuju ke  sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh bersahabat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan jarak yang bersahabat datang di tempat, maka gerak yang dilakukan haruslah mempunyai kecepatan dua atau tiga kali dari jarak yang dekat.
Perbedaan cepat atau lambat gerak bekerjasama dengan tempo. Kaprikornus tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga mempunyai tempo. Fungsi tempo pada gerak tari untuk menunjukkan kesan dinamis sehingga tarian yummy untuk dinikmati.







JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG  RPP Seni Musik


JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG  RPP Seni Musik

 











c.     Tenaga
Setiap kau melaksanakan gerak, tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi; (a) intensitas, yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b) aksen/tekanan muncul dikala gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c) kualitas berkaitan dengan cara penggunaan  atau penyaluran tenaga.
Jika gerak yang dilakukan mempunyai intensitas tinggi tentu saja  memerlukan tenaga yang besar lengan berkuasa dan sebaliknya, gerak dengan  itensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit. Perhatikan pada gambar 8 yaitu seorang penari bangun di atas punggung kedua temannya. Tenaga  yang dipakai oleh penari untuk menahan temannya tentu lebih besar dibandingkan dengan yang bangun di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu pada kedua kaki. 
Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari yang menyangga temannya akan semakin besar lengan berkuasa bila berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.  Coba kalian bandingkan dengan pose gerak pada gambar 9 yang menunjukkan kaki tertahan di lantai dengan sedikit jinjit tentu tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada gambar 8.


JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG  RPP Seni Musik
 














Gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua kekuatan tenaga banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki di Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan. Kehidupan masyarakat di tempat pegunungan memerlukan kaki besar lengan berkuasa untuk sanggup mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya menyerupai inilah yang mensugesti juga terhadap karya seni tari.















Gambar  tarian papua banyak memakai energi dalam melaksanakan gerak (sumber: dok. eko, 2012)
 

Gambar  tarian kalimantan memakai tenaga ang lebih konstan dalam melaksanakan gerak  (sumber: dok. eko, 2012)
 
 










  1. METODE PEMBELAJARAN
-          Praktek
-          Diskusi

  1. EVALUASI PEMBELAJARAN
-          Tugas
-          Portofolio : lembar pengamatan, autentik
I.        SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-          Buku Teks :  Eko Purnomo, dkk, Seni Budaya Kelas 7, Kemendikbud, 2013.
-          Buku teks yang sesuai dengan pokok bahasan
-          Video/VCD (jika ada)
-          Gambar Tari





Lampiran

LEMBAR PENILAIAN
Nama                    : ____________________
NIS                         : ____________________
Kelas                     :  ____________________
Pokok Bahasan : Melakukan gerak tari menurut ruang, waktu dan tenaga

Petunjuk Penilaian Keterampilan:
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai
A.   Jika gerakan yang dilakukan > 5 gerakan
B.   Jika gerakan yang dilakukan 3 – 4 gerakan
C.   Jika gerakan yang dilakukan 2 gerakan
D.   Jika gerakan yang dilakukan 1 gerakan
No.
Indikator Penilaian

A
B
C
D
86-100
76- 85
66 -75 
56-65
1
melakukan gerak sesuai dengan ruang





2
melakukan gerak sesuai dengan waktu





3
Melakukan gerak sesuai dengan tenaga








Total Nilai /10















LEMBAR RUBRIK
Nama                    : ____________________
NIS                         : ____________________
Kelas                     :  ____________________
Petunjuk :
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai!

No.
Indikator Pengamatan
Ya
Tidak
1
Jujur



2
Bertanggung jawab



3
Toleransi



4
Peduli



5
Percaya diri







Sumber http://suaraibs.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Seni Musik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel