iklan

✔ Apakah Kau Kenali 21 Verbal Wajahmu ? Ini Gunanya

Berapakah ekspresi wajah yang anda kenal ?
Marah, sedih, gembira, kecewa, jijik , terkejut ?

Selama ini umumnya ada 6 ekspresi wajah yang telah dikenal manusia.
Yang disebut dengan 6 ekspresi dasar, sebagaimana disebut di atas.

Namun ternyata insan mempunyai 21 ekspresi wajah.

Ini tidak berlaku pada orang tertentu saja, tetapi termasuk anda juga.

Ada sebuah studi yang dilakukan untuk meneliti dan mempelajari beberapa macam ekspresi wajah manusia. Dalam studi tersebut peneliti mengambil data dari sejumlah 5.000 foto dari 230 orang mahasiswa yang diminta untuk menanggapi aba-aba verbal.
Hasil penelitian tersebut kemudian diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Dan untuk menentukan ekspresi wajah yang unik dari para responden sehingga bisa dibedakan antara satu dengan yang lainnya, para peneliti memakai sebuah kegiatan komputer yang disebut Facial Action Coding System (FACS) untuk menganalisis hasil foto yang diambil.

Program FACS sendiri mulai diipopulerkan oleh para psikolog di kurun 1970-an.
Dimana kegiatan computer FACS ini sanggup memecah ekspresi wajah ke dalam setiap unsur-unsurnya. Misalnya ketika alis terangkat atau hidung mengkerut, yang disertai juga dengan suatu analisis gerakan otot dasar yang digunakan untuk menciptakan ekspresi tersebut.
Program model komputer tersebut bisa membedakan raut wajah tersebut dengan tingkat akurasi yang tinggi, yaitu dengan mencari aterjadinya perubahan kecil pada otot-otot wajah .
Dan dari analisis tersebut sanggup diungkap adanya ekspresi wajah insan selain ekspresi dasar.

Model komputasi kegiatan FACS sanggup mengidentifikasi 6 ekspresi dasar dengan akurasi 96,9 persen, berupa senang, sedih, takut, marah, terkejut, dan jijik.
Model juga bisa menambahkan 15 ekspresi wajah kombinasi lainnya dengan akurasi 76,9 persen. Sehingga secara total, ekspresi wajah yang sanggup dianalisis melalui kegiatan komputer tersebut menjadi 21 ekspresi wajah dengan memakai kombinasi unik dari otot-otot yang berbeda dari semua ekspresi lainnya.

Karena itulah para ilmuwan mendefinisikan adanya 21 ekspresi wajah yang digunakan insan untuk memberikan emosi.

Yaitu dengan menambahkan 15 ekspresi lainnya kepada 6 ekspresi dasar, yang merupakan kombinasi dari emosi dasar itu. Sebab, perasaan insan sejatinya yakni emosi majemuk.
Dan ini berarti ekspresi wajah insan yang bisa dikenali menjadi tiga kali lipat dari yang diketahui sebelumnya.

Lalu, apa keuntungannya mengenali 21 ekspresi wajah insan tersebut ?

Para jago menyatakan bahwa, kepustakaan ekspresi wajah insan menurut emosi mungkin bisa bermanfaat untuk pengkajian otak insan dan komunikasi sosial.
Juga terkait dengan penciptaan desain sistem komputer yang bisa berkomunikasi dengan manusia.

Sebagaimana dikutip dari situs sains LiveScience, peneliti Aleix Martinez, ilmuwan kognitif sekaligus profesor teknik listrik dan komputer di Ohio State University menyampaikan :
"Kami telah melampaui ekspresi emosi sederhana menyerupai 'senang' atau 'sedih'.
Kami menemukan konsistensi berpengaruh dalam cara orang menggerakkan otot-otot wajah mereka untuk mengekspresikan 21 kategori emosi".
"Kami juga menemukan, 21 emosi diekspresikan dengan cara yang sama oleh hampir semua orang, setidaknya dalam budaya awam.
"Ditinjau secara historis, para ilmuwan dan filsuf telah memfokuskan studi mereka pada 6 emosi dasar, termasuk dengan mengartikan otak seseorang berfungsi dengan hanya 6 kategori -- atau menyerupai lukisan potret dengan hanya warna primer, tambah Martinez.

Berdasar hasil analisis komputer tersebut, koleksi ekspresi emosional yang berhasil dkenali nantinya bisa digunakan untuk penelitian kognisi. Juga sebagai dasar untuk memahami bagaimana seorang pasien dengan gangguan kejiwaan menyerupai skizofrenia, atau gangguan sosial menyerupai autisme mengekspresikan apa yang mereka rasakan.
Simak juga :

Sumber http://perlengkapan-wanita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Apakah Kau Kenali 21 Verbal Wajahmu ? Ini Gunanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel