iklan

9 Perbedaan Burung Pleci Jantan Dan Betina

Burung pleci ini termasuk kedalam kelompok zosterops, dimana kelompok ini merupakan marga penciri burung kacamata, dan mempunyai jumlah anggota terbesar. Namun menurut kajian filogeni terbaru, sanggup jadi kelompok ini merupakan bab dari suku Timaliidae. Ciri burung pleci jantan dan pleci betina mempunyai perbedaan yang gampang diketahui jikaandaperhatikan dengan secama.


Ada sedikitnya sembilan perbedaan antara ciri burung pleci jantan dengan ciri burung pleci betina, untuk itu mari kita perhatikan beberapa bab tubuh yang penting menyerupai kepala, paruh, mata, badan, dubur, dan bab lainnya.

Burung Pleci Jantan

Ciri pleci jantan tentunya mempunyai tubuh yang lebih panjang dengan warna bulu agak lebih tajam. Pada umumnya ekor pleci jantan lebih panjang dengan ujung berbentuk aksara “V” atau lancip pada bab ujungnya dengan pen (dubur) lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu-bulu. Jika kita perhatikan bab mata maka klep mata putus-putus dan tebal pada bab bawah, sedangkan kepala burung cenderung lebih besar dan bundar dengan paruh yang terlihat lebih pendek.

Burung Pleci Betina

Ciri pleci betina tentunya mempunyai tubuh yang cendrerung lebih pendek dan terlihat agak bundar dengan warna bulu yang cenderung terlihat kusam. Pada umumnya ekor pleci betina lebih pendek dengan bab ujungnya rata (tidaklancip) dengan pen (dubur) lebih kecil dan hanya ditumbuhi sedikit bulu. Jika diperhatikan bab mata maka anda akan melihat klep mata pleci betina agak bundar tebal tanpa putus-putus, sedangkan kepala cenderung lebih kecil dengan bab paruh yang relatif panjang.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Setelah mengetahui ciri-ciri fisik dari kedua jenis kelamin burung pleci tersebut, maka kita sanggup mengambil kesimpulan bahwa perbedaan keduanya terletak pada:

1. Ekor pleci jantan lebih panjang, sedangkan ekor pleci betina relatif pendek.

2. Ujung ekor pleci betina lebih lancip, sedangkan ujung ekor pleci betina lebih rata.

3. Dubur pleci jantan lebih panjang, sedangkan dubur pleci jantan lebih kecil.

4. Kepala pleci jantan cenderung lebih besar dan bulat, sedangkan kepala pleci betina cenderung lebih kecil.

5. Paruh pleci jantan cenderung pendek, sedangkan paruh pleci betina relatif panjang.

6. Warna bulu pleci jantan lebih tajam, sedangkan warna bulu pleci betina cenderung kusam.

7. Klep mata pleci jantan putus-putus dan tebal bab bawah, sedangkan klep mata pleci betina bundar tebal tanpa putus.

8. Badan pleci jantan cenderung lebih panjang sedangkan tubuh pleci betina cendrerung lebih pendek dan bulat..

9. Pen pleci jantan banyak ditumbuhi bulu, sedangkan pen pleci betina hanya ditumbuhi sedikit bulu.

Itu saja mungkin ke sembilan cara membedakan burung pleci jantan dan betina yang sanggup anda terapkan pada burung peliharaan kesangaan anda. Dengan bertambahnya pengalaman anda terhadap ciri jantan dan ciri betina burung yang satu ini, maka makin gampang bagi anda untuk membedakan jenis kelaminnya.
Sumber http://areaperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Perbedaan Burung Pleci Jantan Dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel