iklan

6 Perbedaan Anis Kembang Jantan Dan Betina

Burung anis kembang yang berkicau dengan bunyi lantang lagi merdu di arena kontes burung, akan menjadi pujian bagi pemiliknya. Namun tahukah anda cara membedakan anis kembang jantan dengan anis kembang betina, kalau dilihat dari segi fisik dan karakteristik lainnya? Untuk itu perhatikan perbedaannya disini.


Anis kembang merupakan jenis yang terkenal di kalangan kicau mania yang dikenal juga dengan nama lain mirip punglor kembang dan anis cacing. Ia dinamakan anis cacing sebab sikap hidupnya yang suka memakan cacing. Di habitat aslinya AK dikenal pemalu, bahkan pada dikala berkicau ia jarang terlihat sebab bersembunyi.

Lihat juga: Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

Anis Kembang Jantan

Ciri anis kembang jantan yang paling gampang terlihat yaitu warna bulu, dimana anis kembang jantan mempunyai warna bulu yang lebih mengkilap dan sangat kontras kalau dibandingkan dengan betina. Pada potongan pantat maka akan terlihat warna bulu hitam atau lebih ke warna abu-abu yang berlekuk-lekuk mirip awan.

Saat pandangan anda tertuju pada potongan bola mata, maka akan terlihat menonjol atau agak melotot. Dibagian kaki maka bentuk kaki terlihat lebih rapat. Pada dikala burung ngeriwik maka paruhnya akan terbuka (saat anakan/trotolan/bakalan). Pada dikala didekatkan dengan burung betina, maka burung jantan yang sudah sampaumur dan sedang birahi akan menyundul-nyundulkan kepalanya sambil berkicau.

Anis Kembang Betina

Ciri anis kembang betina yang paling gampang dikenal yaitu warna bulu, dimana anis kembang betina mempunyai warna bulu yang tidak begitu kontras atau warnanya tidak tegas mirip AK jantan. Pada potongan pantat maka akan terlihat bulu berwarna putih, pada sebagian burung terlihat putih higienis namun ada juga yang putih keruh.

Mata yang dimiliki anis kembang betina tampak datar, dengan bentuk kaki yang renggang dan sedikit menunduk. Perhatikan juga dikala ngeriwik maka lehernya akan menggelembung walaupun suaranya cukup keras (saat anakan/trotolan/bakalan). Pada waktu didekatkan dengan burung jantan, maka burung betina yang sudah sampaumur akan menggetarkan sayapnya (membuka dan menutup sayapnya).

Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina

Setelah melihat ciri-ciri anis kembang jantan dan betina secara lengkap maka kita dapati beberapa kesimpulan diantaranya:

1. Mata anis kembang jantan menonjol, sedangkan mata anis kembang betina datar.

2. Warna bulu anis kembang jantan lebih mengkilap, sedangkan warna bulu anis kembang betina tidak kontras.

3. Bagian pantat anis kembang jantan terdapat bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk mirip awan, sedangkan potongan pantat anis kembang betina terdapat bulu berwarna putih higienis atau putih keruh.

4. Jika bakalan anis kembang jantan ngeriwik akan membuka paruhnya, sedangkan kalau bakalan anis kembang betina ngeriwik akan menggelembungkan lehernya.

5. Bentuk kaki anis kembang jantan lebih rapat, sedangkan bentuk kaki anis kembang betina renggang.

6. Anis kembang jantan yang sudah sampaumur akan menanduk sambil berkicau kalau didekatkan dengan betina, sedangkan anis kembang betina yang sudah sampaumur akan menggetarkan sayapnya kalau didekatkan jantan.

Semoga artikel wacana cara membedakan anis kembang jantan dengan betina ini sanggup menawarkan gosip berharga untuk anda yang sanggup dipakai dalam pemeliharaan serta budi daya burung anis kembang yang eksotis ini.
Sumber http://areaperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Perbedaan Anis Kembang Jantan Dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel