iklan

Kulit : Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia

Kulit merupakan organ ekskretori, sebab sanggup mengeluarkan zat sisa yang berupa keringat. Di dalam keringat, terkandung air, garam dapur, urea, dan sisa metabolisme. banyak sedikitnya jumlah keringat yang dikeluarkan bergantung pada aktivitas tubuh (semakin tinggi kegiatan tubuh, maka semakin banyak keringat yang dikeluarkan), Suhu lingkungan, Keadaan emosi, Kesehatan tubuh.

Struktur Kulit

Kulit terbagi menjadi tiga lapisan, yaitu:
  1. Epidermis (Kulit Ari), tersusun dari sekumpulan sel epitel yang berbentuk pipih dan berlapis - lapis. potongan terluar epidermis disebut lapisan tanduk (startum corneum) yang selalu mengelupas dan digantikan oleh jaringan baru. Dibawah lapisan tanduk, tersusun lapisan - lapisan lain, ialah lapisan bening (stratum lucidum), lapisan butir (stratum granulusom), lapisan taju (stratum spinosum), lapisan tunas (stratum basale). Diantara lapisan tunas, terdapat sel - sel pembentuk pigmen melanin yang memberi warna pada kulit. Semaikn banyak pigmen melanin, kulit akan berwarna gelap.
  2. Dermis (Lapisan Jangat), lapisan ini biiasanya lebih tebbal dari lapisan epidermis. Didalam dermis terdapat pembuluh darah, ujung saraf, akar rambut, kelenjar keringat (merupakan kelenjar yang berbentuk ibarat pipa yang bergulung melingkar dan memiliki jalan masuk menuju kepermukaan kulit), dan kelenjar minyak (berfungsi untuk meminyaki rambut dan permukaan kulit, sehingga tidak terjadi kekeringan).
  3. Hipodermis (Subkutan), Merupakan lapisan terdalam dari kulit yang banyak terdapat jaringan lemak. Jaringan lemak ini berfungsi sebbagai alas penahan apabila terjadi benturan dan lemak yang terkandung di dalam jaringan lemak berfungsi sebagai cadangan makanan.
 sebab sanggup mengeluarkan zat sisa yang berupa keringat Kulit : Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia

Fungsi Kulit

Kulit selain berfungsi sebagai alat pengeluaran keringat, juga berfungsi :
  1. Melindungi tubuh dari lingkungan luar ibarat suhu, cahaya matahari, materi kimia, ukiran atau tekanan, dan basil penyebab penyakit.
  2. Mengatur suhu tubuh, apabila cuaca panas, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga tubuh terasa lebih dingin.
  3. Menyimpan cadangan kuliner berupa lemak terutama dijaringan subkutan.
  4. sebagai indera peraba sebab didalam kulit terdapat sel saraf yang sanggup mendapatkan rangsangan berupa panas, dingin, nyeri, dan tekanan.
  5. Sebagai daerah pembuatan vitamin D dengan sumbangan cahaya matahari.


Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kulit : Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel