iklan

√ Vpn (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi Dan Cara Kerja Terlengkap

√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai VPN (Virtual Private Network).


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah VPN (Virtual Private Network)? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah VPN  √ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap
√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

 


Pengertian VPN (Virtual Private Network)


 


VPN ini abreviasi dari Virtual Private Network merupakan salah satu teknologi jaringan yang sanggup menyediakan koneksi yang kondusif melalui suatu jaringan publik menyerupai Wi-Fi dan Internet, atau juga jaringan eksklusif yang dimiliki oleh suatu perusahaan penyedia layanan internet.


VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka ketika sedang memakai jaringan.


Namun, ketika ini penggunaan VPN secara eksklusif juga semakin meningkat lantaran sanggup melindungi identitas dan privasi pengguna ketika berselancar di internet.


Kata pada Virtual Private Network, ialah :



  • Virtual : Hal yang tidak konkret atau semu, di dunia maya atau internet.

  • Private : Hal yang sifatnya menjadi pribadi, tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk sanggup menjaga kerahasiannya dari suatu jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi.

  • Network : Jaringan koneksi yang saling terhubung.


Jadi,


VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.


 


 


Manfaat VPN (Virtual Private Network)


 



  • Remote Access : Dengan memakai VPN kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor, darimana saja selama terhubung dengan jaringan internet atau jaringan publik.

  • Keamanan : Dengan sebuah koneksi VPN kita juga sanggup browsing, searching dengan kondusif pada ketika mengakses suatu dunia maya atau jaringan internet publik menyerupai pada hotspot, wifi yang ada di cafe-cafe.

  • Menghemat Biaya Setup Jaringan : VPN juga sanggup digunakan sebagai salah satu cara alternatif untuk sanggup menghubungkan jaringan lokal yang sangat cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena pada transmisi data yang digunakan pada VPN dengan cara memakai media jaringan internet atau sebuah jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun suatu jaringan sendiri.


 


 


Fungsi VPN (Virtual Private Network)


 


1. Kerahasiaan Data (Confidentially)


Penggunaan VPN ini juga sanggup menjaga suatu kerahasiaan data dan info milik para pengguna supaya tidak digunakan orang lain dengan sembarangan. Saat ini juga memakai jaringan yang bersifat publik atau bisa dibilang cukup berbahaya.


Apalagi untuk bisnis-bisnis besar contohnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan cara memakai VPN ini maka bisa mengamankan keluar masuknya suatu data melalui metode enkripsi.


 


2. Keutuhan Data (Data Integrity)


VPN juga mempunyai kegunaan untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data tamat dan diterima oleh akseptor yang sesuai dengan seruan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.


 


3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)


Program pada VPN juga akan bisa mengautentikasi suatu sumber pengirim data yang akan diterima. VPN ini jjuga sanggup memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya.


Jika proses autentikasi berhasil, maka info atau data sanggup disetujui. Dalam hal ini VPN akan mempunyai kegunaan untuk sanggup menganalisis banyak sekali sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga sanggup mencegah kiriman file virus atau malware.


 


 


Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)


 



  • VPN mensupport banyak protocol jaringan menyerupai PPTP< L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini juga sanggup membantu cara kerja VPN dalam proses otentikasi.

  • VPN klien sanggup menciptakan koneksi dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.

  • Jaringan VPN juga sanggup dienkripsi akan meningkatkan sebuah fitur keamanan, hal ini berarti VPN biasanya tidak terlihat pada suatu jaringan yang jauh lebih besar.

  • Perkembangan teknologi ketika ini banyak mendasarkan VPN lantaran mobilitas yang disediakan dan ketika ini VPN juga membuka jalan untuk sambungan Wi-Fi dan jaringan tanpa kabel pribadi.


 


 


Kelebihan VPN (Virtual Private Network)


 



  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN merupakan solusi dengan biaya yang lebih murah.

  • Dengan adanya VPN ini maka mobilitas perusahaan akan lebih baik yang mana para pekerja sanggup terhubung dengan jaringan kantor dengan melalui perangkat eksklusif di rumah.

  • Fitur kemanan VPN ini sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan.


 


 


Kekurangan VPN (Virtual Private Network)


 



  • Pada ketika menyediakan susukan ke karyawan dengan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri disebabkan info sensitif perusahaan itu sanggup diakses.

  • Diperlukan juga sebuah perhatian ekstra dalam penetapan suatu sistem keamanan VPN.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Vpn (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi Dan Cara Kerja Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel